PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP I )
2012
/ 2013
1. IDENTITAS
Nama Madrasah : MI Miftahul Huda
Alamat :
Jatiroto – Kayen - Pati
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : V ( Lima ) / I ( Satu )
Standar Kompetensi : 1.Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia
dan hewan
Kompetensi Dasar : 1. 1 Mengidentifikasi Fungsi Organ pernafasan
manusia
Indikator :
1. 1.1 Mengidentifikasi alat pernafasan
pada manusia dengan percaya
diri mandiri dan penuh
tanggung jawab
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
2. TUJUAN PEMBELAJARAN
* Murid dapat mengidentifikasi alat pernapasan
pada manusia dengan percaya diri mandiri dan
penuh
tanggung jawab
3. MATERI PEMBELAJARAN
*
Alat pernafasan pada manusia
4. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, Cooperatif learning
(kerja kelompok) dan Problim Solving (diskusi)
Nilai karakter yang
diharapkan :
Mandiri,Rasa ingin tahu,Kreatif,Kerja keras,Tanggung
jawab,Gemar membaca,percaya
diri,religius,berfikir logis,
5.KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
Apersepsi
·
Murid menjawab salam
dilanjutkan berdoa belajar bersama
sebagai pengembangan karakter religius
·
Guru mengabsen kehadiran murid
·
Murid menyiapkan alat tulis dan
buku teks IPA
·
Murid menjawab pertanyaan guru
tentang ciri ciri mahluk hidup secara
logis dan rasa ingin
tahu
·
Murid menjawab pertanyaan guru
tentang organ tubuh pada manusia
dengan percaya diri
·
Murid menjawab pertanyaan guru
tentang alat persnafasan manusia dengan
mandiri dan percaya diri
·
Guru menjelaskan tujuan materi
pembelajaran tsb
·
Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran tsb
·
Guru membagi murid menjadi 5 kelompok
·
Guru menunjukan langkah-langkah
pembelajaran saat ini dan memotivasi pentingnya belajar materi pembelajaran
tsb.
b. Kegiatan
Inti ( 45 menit )
1) Eksplorasi : [ 10 menit ]
Dengan bimbingan guru serta rasa ingin
tahu,kreatif dan cinta ilmu murid mencari
informasdidalam buku teks IPA dan Tanya jawab antar murid atau
dengan guru tentang materi
pembelajaran tsb.
2). Elaborasi [30 menit ]
· Dengan cermat,teliti serta mandiri Murid membaca dalam hati isi materi hasil temuannya
dan menulis dalam bukunya masing-masing.
· Dengan penuh tanggung jawab dan rasa ingin tahu Tiap kelompok mendiskusikan isi materi pembelajaran dan menulis didalam bukunya.
·
Dengan kritis serta menghargai keragaman Masing-masing murid diskusi sesuai kelompok , Guru menfasilitasi,
mengamati dan menilai kegiatan diskusi tiap kelompok.
·
Dengan penuh percaya diri Masing-masing
kelompok melaporkan secara lesan dan tertulis hasil diskusinya kepada guru dan
teman-temanya serta menempelkan di papan pajangan.
·
Masing-masing kelompok
menanggapi laporan kelompok lain secara kritis dan kreatif inovatif
3) Konfirmasi : {5 menit }
§
Guru mengevaluasi kegiatan
ekspolarasi dan evaluasi.
§
Guru memberi umpan balik
positif dan penguatan dengan memberikan penghargaan tepuk tangan bersama-sama.
§
Guru meluruskan hasil temuan
murid dan menjelaskan serta menyimpulkan isi materi alat pernafasan manusia
sesuai buku teks IPA dan sumber lain yang relevan
c. Kegiatan Penutup
( 15 menit )
§
Bersama guru murid dengan cermat dan mandiri merangkum isi materi pembelajaran tsb.
§
Secara bersama siswa membaca
rangkuman materi pembelajaran tsb.
§
Secara mandiri dan percaya diri Murid
menjawab pertanyaan Postes
§
Bersama murid guru melakukan
penilaian dan analisis hasil pembelajaran.
§
Guru membuat program pelaksanaan tindaklanjut
§
Guru memberi tugas kelompok
kepada murid untuk membuat model alat pernapasan manusia.
§
Guru menyampaikan materi pembelajaran pertemuan yang akan
datang yaitu membuat model alat pernapasan manusia.
§
Guru mengajak berdoa bersama
kepada murid mudah-mudahan ilmu yang telah dipelajari bermanfa’at sebagai pengembangan karakter religius
6,.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
a) Alat
: - Instrumen apersepsi.
- Lampiran LKS
- Lembar rangkuman isi
materi
- instrumen perangkat
postes
- Lembar observasi
diskusi siswa
- Buku
analisis hasil pembelajaran dan buku remedial
b) Sumber : - Buku teks IPA kelas V karangan
Sarjan,Purwo Sutanto,Handayani
- Buku teks IPA Kelas VA
karangan E.Kuraesin,S.Pd,dkk
- LKS An nur
- LKS
Fokus
- Buku lain yang relevan
7. PENILAIAN
Tehnik penilaian : Lesan,
Performent(perorangan), Tertulis, dan Tugas mandiri
Lembar Kerja Siswa
Bacalah buku teks IPA kls V
karangan Sarjan,Purwo Sutanto,Handayani dkk
dengan cermat, dan tulislah hal penting jika perlu.
Kerjakan tugas dibawah ini
bersama teman sekelompok anda! Dengan waktu maksimal 25 menit.
Masing2 kelompok melaporkan
hasil diskusi secara lesan dan tertulis kepada guru dan kelompok lain serta
menempelkan pada papan pajangan. dilanjutkan kelompok lain menanggapinya secara
lesan.
1.
Buatlah
struktur alat pernapasan manusia !
2.
Gambarlah
alat pernapasan manusia beserta bagian bagiannya !
3.
Sebutkan
alat pernapasan pada manusia !
4.
Sebutkan
fungsi masing masing alat pernapasan manusia !
5.
Sebutkan
proses pernapasan pada manusia !
Tugas tak tersetruktur
Buatlah model alat pernapasan manusia bersama teman kelompokmu sesua
petunjuk pada buku
RANGKUMAN
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Alat Pernapasan pada Manusia
Bernapas adalah proses mengirup udara (
oksigen ) dan mengeluarkan karbondioksida .
a.
Alat Pernapasan manusia yaitu :
1.
Hidung
Hidung adalah jalan keluar masuknya udara pernapasan.Di hidung terdapat
rambut hidung dan selaput lendir
2.
Tenggorokan
Terdiri atas pangkal tenggorokan (laring ),batang tenggorokan ( Trakea
),dan cabang Tenggorokan ( Bronkus )
3.
Paru paru
Alat
pernapasan manusia adalah paru paru.Paru paru manusia terletak didalam rongga dada diatas diafragma.
b.
Proses pernapasan manusia
Pada saat kita bernapas,udara masuk melalui
hidung dan tenggorokan kemudian ke paru paru.
Pernapasan pada manusia dibedakan menjadi 2
yaitu paernapasan dada dan pernapasan perut.
Pernapasan dada yaitu pernapasan dengan
menggunakan bantuan otot antar tulang rusuk.
Pernapsan perut yaitu pernapsan dengan
menggunakan selaput rongga dada ( diafragma ).
PERANGKAT APERSEPSI
Naskah Soal :
1.
Sebutkan ciri ciri mahluk hidup !
2.
Apa yang kamu ketahui tentang organ tubuh manusia ?
3.
Apa alat
pernapasan manusia ?
4.
Apa yang kamu ketahui tentang bernapas ?
5.
Apakah semua mahluk hidup bernapas ?
Kunci jawaban
Apersepsi
1.
Bernapas,Makan,Menaggapirangsang,Beradaptasi,Mengeluarkanzat
Sisa,Berkembangbiak,Tumbuh,
2.
Alat tubuh pada manusia yang masing masing memiliki
fungsi
3.
Paru paru
4.
Proses menghirupoksigen dan mengeluarkan karbondioksida
5.
Ya,karena bernapas salah satu ciri mahluk hidup ?
Post Tes
- Apa bernapas itu ?
- Siapa sajakah yang bernapas ?
- Sebutkan alat pernapasan manusia !
- Sebutkan proses manusia saat bernapas !
- Bagaimana keadaan kamu saat hidung kamu tersumbat !
Kunci Jawaban dan pedoman
penskoran Postes
No
|
Kriteria
Jawaban
|
Skor Maksimal
|
1.
|
- Bernapas adalah
menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida
skor 20
- Bernapas adalah
menghirup oksigen
skor 15
- dijawab salah skor
5
- Tidak menjawab
skor 0
|
20
|
2.
|
- Semua mahluk hidup (
manusia,hewan,tumbuhan) skor 20
- Jawaban tidak
lengkap skor
15
- Menjawab salah
skor 5
- Tidak menjawab
skor 0
|
20
|
3.
|
- Hidung,Tenggorok,paru
paru
skor 20
- Jawaban tidak
lengkap
skor 15
- Menjawab salah
skor 5
- Tidak menjawab
skor 0
|
20
|
4.
|
- Saat manusia bernapas
udara masuk melalui hidung,oleh bulu hidung udara disaring,kemudian
ketenggorok,lalu ke paru paru,di paru paru terjadi pertukaran oksigen dengan
koarbondioksida
Skor 20
- Jawaban tidak lengkap
skor 15
- Menjawab salah
skor 5
- Tidak menjawab
skor 0
|
20
|
5.
|
-Susah tidur,tak bisa
bernapas
skor 20
-jawaban kurang
lengkap
skor 15
- menjawab salah
skor 5
-Tidak menjawab skor 0
|
20
|
Jumlah skor maksimal
|
100
|
Jatiroto,14 juli 2012
Mengetahui
Kepala MI Miftahul Huda Guru Mapel IPA
Imam Saeku S.Pd.I Luluk Alfiatin S.Pd