MI MIFTAHUL HUDA JATIROTO KAYEN PATI JAWA TENGAH

KTSP SD/MI Berkarakter hasil revisi BAB II


BAB   II

TUJUAN PENDIDIKAN

A.   Tujuan Pendidikan Nasional
Pendidikan Nasisional bertujuan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia , sehat, berilmu, cakap, kratif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis, serta bertanggung jawab.

B.   Tujuan Pendidikan Dasar / Menengah
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti  pendidikan lebih lanjut

C.      Tujuan Pendidikan Sesuai  Mata Pelajaran
No
M a t a Pelajaran
B e r t u j u a n   U n t u k
1
Pendidikan Agama Islam

a.   Al Qur’an              Hadits
1        Memberikan kemampuan dasar kepada peserta didik dalam membaca, menulis, membiasakan dan menggemari Al Quran dan hadits
2        Memberikan pengertian, pemahaman, penghayatan isi kandungan ayat-ayat Al qur’an-hadits melalui keteladanan dan pembiasaan
3        Membina dan membimbing perilaku peserta didik dengan berpedoman pada isi kandungan ayat Al qur’an dan hadits

b.   Aqidah Akhlak
1.      Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaannya.
2.      Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan individu maupun social, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.

c.   Fiqih
1.      Membekali peserta didik agar dapat mengetahui dan memahami cara-cara pelaksanaan hukum Islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan social.
2.      Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hokum Islam dengan benar dan baik sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajran agama Islam dalam hubungan manusia dengan AllahSWT, dengan diri manusia itu sendiri,sesama manusia dan makhluk maupun hubungan dengan lingkungannya.

d.   Sejarah Kebudayaan Islam
Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.    Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rosulullah dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam
2.    Membangun kesadaran peserta tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini dan masa depan
3.    Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasrkan pada pendekatan ilmiah
4.    Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan pserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban umat Islam masa lampau
5.    Mengembangkan kemampuan pserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), menaladani tokoh-tokoh berprsetasi, dan mengkaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik ekonomi, iptek dan seni dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
2
 Pendidikan
Kewarganega
Raan
     Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.      Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam   
      menanggapi isu kewarganegaraan.
2.      Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab,dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat berbangsa, dan bernegara, serta anti korupsi.
3.      Berkembang secara positif dan demokratis untuk    membentuk diri berdasarkan karakter-karakter
     masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama
     dengan bangsa-bangsa lainnya.
4.      Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam
percaturan dunia  secara langsung atau tidak langsung                             dengan  memanfaatkan teknologi   informasi  dan komunikasi.
3

Bahasa
Indonesia
      Agar peserta didik memiliki kemampuan  :
1.      Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang  berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
2.      Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
3.      Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4.      Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5.      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk    memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.      Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai    khasanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.  
4
Bahasa Arab

1.        Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan, yang mencakup empat kecakapan yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
2.        Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam
3.        Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya
5
Matematika
     Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.      Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah.
2.      Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau   menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
3.      Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah,merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4.      Mengkomunikasikan gagasan dengan symbol, tabel, diagram,  atau  media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
5.      Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan,yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
6
Ilmu Pengetahuan Alam
     Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.      Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa, berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam     ciptaannya.
2.      Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
4.      Mengembangkan ketrampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
5.      Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lungkungan alam.
6. Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala   keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
7.  Memperole bekal pengetahuan, konsep dan ketrampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs
7
Ilmu Pengetahuan Sosial
     Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.      Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
2.      Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
3.      Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
4.      Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dan bekompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional,dan global
8
Seni Budaya dan Ketrampilan
    Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.      Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
2.      Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
3.      Menampilkan kreatifitas melalui seni budaya dan keterampilan
4.      Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
9
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
(Penjasorkes)
     Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.      Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olah raga yang terpilih.
2.      Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikhis yang lebih baik.
3.      Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
4.      Meletakan landasan karakter moral yang kuat melalui   internalisasi nilai-nilai  yang terkandung di dalam 
     pendidikan jasmani, olah raga,dan kesehatan.
5.      Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung  
jawab, kerja sama, percaya diri dan demokratis.
6.         Mengembangkan ketrampilan untuk menjaga keselamatan diri      sendiri, orang lain, dan lingkungan.
7.      Memahami konsep aktivitas jasmani dan olah raga di lingkungan   yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki   sikap yang positif.
10
Muatan Lokal
a. Bahasa Jawa
1.          Mengembangkan apresiasi terhadap bahasa dan  budaya Jawa Tengah.
2.          Mengenalkan identitas Jawa Tengah dan menanamkan kecintaan pada bahasa dan budaya Jawa Tengah

b. Baca Tulis     Al Qur’an
1.        Mengenalkan ketrampilan membaca dan menulis Al Qur’an sejak dini.
2.      Menumbuhkan kecintaan dan kegemaran membaca Al Qur’an.

c. Bahasa Inggris
1.      Membina ketrampilan berbahasa dan berkomunikasi               secara lisan dan tulis
2.        Mempersiapkan siswa menghadapi perkembangan iptek         dalam menyongsong era globalisasi

d. KeNUan
1.    Menumbuhkembangkan ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah bagi siswa yang menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari
2.    Meneruskan perjuangan para Ulama’ dan menjaga siswa agar tidak terpengaruh oleh ajaran-ajaran sesat di kemudian hari.
11
Pengembangan Diri


a. Sholat Dluhur berjama’ah
Mengenalkan pelaksanaan ibadah sholat dan menanamkan kecintaan untuk menjaga sholat fardlu.

b. Hafalan juz’amma dan do’a sehari-hari
 Menanamkan rasa cinta terhadap Al Qur’an dan membiasakan siswa agar senantiasa membaca Al Qur’an serta menerapkan hafalan juz’amma dalam kehidupan sehari-hari.

c. Kepramukaan
 Melatih siswa agar terampil dan mandiri, menanamkan sikap agar peduli terhadap orang lain, melatih agar mampu bekerjasama dengan orang lai, menanamkan sikap disiplin, menumbuhkan rasa percaya diri

d. Seni baca Al Qur’an
 Menumbuhkan apresiasi ( penghargaan) siswa terhadap seni budaya islami, memupuk bakat dan minat siswa di bidang seni baca Al Qur’an,  menumbuhkan rasa percaya diri.


e.  Usaha Kesehatan Sekolah
     (UKS )
 Memupuk kebiasaan hidup sehat dan mempertinggi derajat kesehatan peserta didik.

f.  Layanan bimbingan dan konseling
 Memberikan layanan konseling kepada peserta didik di lingkungan madrasah.


g. Silaturrohim hari raya idul fitri
 Memupuk rasa persaudaraan antara guru dengan murid.

 

D. Visi, Misi dan Tujuan Madrasah

1.       Visi Madrasah

TERWUJUDNYA MADRASAH YANG UNGGUL DALAM RELIGIUS,BERILMU, DAN BERAMAL  

2.       Indikator Visi Madrasah


a.       Terbentuknya peserta didik yang taat beragama ,santun dan ungggul prestasi dalam akademik non akademik sebagai bekal melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi serta bertanggungh jawab
b.      Terbentuknya peserta didik yang  bertaqwa , berilmu dan berakhlak mulia .

3.       Misi Madrasah
a.      Melaksanakan Pendidikan Islam sebagai bagian yang integral dari keseluruhan Proses Pendidikan dengan mengintegrasikan aspek aspek pengajaran, pengamalan dan pengalaman.
b.      Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik/ non akademik.
c.       Menerapkan nilai nilai dan norma norma akhlak mulia dalam seluruh kegiatan pembelajaran dengan pendekatan uswatun hasanah dan akhlakul karimah.
d.      Terwujudnya peserta didik yang mampu menghafal Juz Ammma dengan baik dan benar
e.      Meningkatkan kualitas layanan pendidikan kepada masyarakat .
f.        Menyelenggarakan tata kelola Madrasah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

4. Tujuan Pendidikan Madrasah
Secara umum tujuan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Jatiroto Kecamatan Kayen Kabupaten Pati  adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, keimanan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Bertolak dari tujuan umum pendiddikan dasar tersebut, Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Jatiroto Kabupaten Pati mempunyai tujuan sebagai berikut :
a.       Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran aktif (PAKEM, CTL).
b.      Mengembangkan potensi akademik, minat dan bakat siswa melalui layanan bimbingan dan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler.
c.       Membiasakan perilaku Islami dilingkungan Madrasah.
d.      Meningkatkan prestasi akademik siswa secara bertahap untuk mencapai nilai rata-rata minimal 7,0  (tujuh koma nol ).
e.       Meningkatkan prestasi non akademik siswa di bidang keagamaan, seni dan olah raga lewat kejuaraan dan kompetisi.

Tabel I
Sasaran Program Madrasah
Sasaran Program 1
Tahun 2012/2013
(Progam Jangka Pendek)
Sasaran Program 4
Tahun 2014/2016
(Progam Jangka Menengah)
Kehadiran peserta didik, guru dan karyawan lebih dari 95%
Peningkatan SDM guru untuk mengurangi missmatch.
Target pencapaian rata-rata nilai ujian 60
Target pencapaian rata-rata nilai Ujian Akhir  63
80% lulusan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
1% lulusan dapat diterima di MTS dan SMP Favorit
100% peserta didik dapat membaca Alqur’an
100% peserta didik dapat membaca  dan memahami makna Alqur’an dengan baik dan benar
Memiliki ekstra kurikuler unggulan (Olahraga, pramuka, dan seni musik
Mengikuti lomba volley dan atletik tingkat kabupaten
1% peserta didik dapat aktif berbahasa inggris dan Arab
2% peserta didik dapat aktif berbahasa inggris dan Arab
90% peserta didik dapat mengoperasikan program Ms.Word dan Ms.Excel.
100% peserta didik dapat mengoperasikan program Ms.Word dan Ms.Excel

Sasaran program tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga madrasah sebagai berikut :
Dilaksanakan oleh seluruh warga madrasah sebagai berikut;
1.      Mengadakan pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secara berkelanjutan.
2.      Mengadakan jam tambahan pada pelajaran tertentu;
3.      Melakukan kerjasama dengan pihak swasta dan perorangan yang ada di wilayah Kabupaten Pati dan sekitarnya untuk membantu pembiayaan bagi peserta didik yang mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan MTS dan SMP;
4.      Mengadakan tadarusan menjelang pelajaran dimulai, peringatan hari besar Islam dan membentuk kelompok-kelompok pengajian peserta didik;
5.      Menjalin komunikasi yang baik dengan Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan lembaga lain sesuai dengan kebutuhan
6.      Pengadaan laboratorium bahasa dan mengembangkan laboratorium komputer;
7.      Membentuk kelompok gemar Bahasa Inggris dan Bahasa Arab;
8.      Membentuk kelompok belajar
9.      Pengadaan buku penunjang;
10.  Pengembangan ekonomi masyarakat (community development)
11.  Mengintensifkan komunikasi dan kerjasama dengan orang tua;
12.  Pelaporan kepada orang tua secara berkala;
13.  Pengembangan keterampilan sesuai bakat dan minat;