BAB II
TUJUAN
PENDIDIKAN
A. Tujuan Pendidikan Nasional
Pendidikan Nasisional bertujuan berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia , sehat, berilmu, cakap, kratif, mandiri, dan menjadi
warga Negara yang demokratis, serta bertanggung jawab.
B.
Tujuan Pendidikan Dasar / Menengah
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakan dasar
kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk
hidup mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut
C.
Tujuan Pendidikan Sesuai Mata Pelajaran
No
|
M a t a Pelajaran
|
B e r t u j u
a n U n t u k
|
1
|
Pendidikan Agama Islam
a. Al
Qur’an Hadits
|
1
Memberikan kemampuan dasar kepada peserta
didik dalam membaca, menulis, membiasakan dan menggemari Al Quran dan hadits
2
Memberikan pengertian, pemahaman, penghayatan
isi kandungan ayat-ayat Al qur’an-hadits melalui keteladanan dan pembiasaan
3
Membina dan membimbing perilaku peserta didik
dengan berpedoman pada isi kandungan ayat Al qur’an dan hadits
|
|
b. Aqidah
Akhlak
|
1. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan,
penghayatan, pengamalan, pembiasaan serta pengalaman peserta didik tentang
akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan
dan ketaqwaannya.
2. Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari
akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan individu
maupun social, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.
|
|
c. Fiqih
|
1. Membekali peserta didik agar dapat mengetahui dan memahami cara-cara
pelaksanaan hukum Islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah
untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan social.
2. Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hokum Islam dengan benar dan
baik sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajran agama Islam
dalam hubungan manusia dengan AllahSWT, dengan diri manusia itu
sendiri,sesama manusia dan makhluk maupun hubungan dengan lingkungannya.
|
|
d. Sejarah
Kebudayaan Islam
|
Agar peserta didik
memiliki kemampuan :
1. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari
landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh
Rosulullah dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam
2. Membangun kesadaran peserta tentang pentingnya waktu dan tempat yang
merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini dan masa depan
3. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara
benar dengan didasrkan pada pendekatan ilmiah
4. Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan pserta didik terhadap peninggalan
sejarah sebagai bukti peradaban umat Islam masa lampau
5.
Mengembangkan
kemampuan pserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa
bersejarah (Islam), menaladani tokoh-tokoh berprsetasi, dan mengkaitkannya
dengan fenomena sosial, budaya, politik ekonomi, iptek dan seni dan lain-lain
untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
|
2
|
Pendidikan
Kewarganega
Raan
|
Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.
Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif
dalam
menanggapi isu kewarganegaraan.
2.
Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung
jawab,dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat berbangsa, dan
bernegara, serta anti korupsi.
3.
Berkembang secara positif dan demokratis
untuk membentuk diri berdasarkan
karakter-karakter
masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama
dengan bangsa-bangsa lainnya.
4.
Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam
percaturan dunia secara
langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi
dan komunikasi.
|
3
|
Bahasa
Indonesia
|
Agar peserta didik memiliki kemampuan
:
1.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien
sesuai dengan etika yang berlaku, baik
secara lisan maupun tulis.
2.
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa
Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
3.
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya
dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4.
Menggunakan bahasa Indonesia untuk
meningkatkan kemampuan intelektual,
serta kematangan emosional dan sosial.
5.
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra
untuk memperluas wawasan,
memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
berbahasa
6. Menghargai
dan membanggakan sastra Indonesia sebagai
khasanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
|
4
|
Bahasa Arab
|
1.
Mengembangkan
kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan, yang
mencakup empat kecakapan yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca
(qira’ah), dan menulis (kitabah).
2.
Menumbuhkan
kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing
untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber
ajaran Islam
3.
Mengembangkan
pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta
memperluas cakrawala budaya
|
5
|
Matematika
|
Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.
Memahami konsep matematika, menjelaskan
keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara
luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah.
2.
Menggunakan penalaran pada pola dan sifat,
melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti,
atau menjelaskan gagasan dan
pernyataan matematika.
3.
Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan
memahami masalah,merancang model matematika, menyelesaikan model dan
menafsirkan solusi yang diperoleh.
4.
Mengkomunikasikan gagasan dengan symbol,
tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau
masalah.
5.
Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika
dalam kehidupan,yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam
mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan
masalah.
|
6
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.
Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan
Yang Maha Esa, berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaannya.
2.
Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman
konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
3.
Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif
dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA,
lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
4.
Mengembangkan ketrampilan proses untuk
menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
5.
Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta
dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lungkungan alam.
6.
Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan
Tuhan.
7. Memperole bekal pengetahuan, konsep dan
ketrampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs
|
7
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.
Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan
kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
2.
Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis
dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan
dalam kehidupan sosial.
3.
Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap
nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
4.
Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja
sama dan bekompetisi dalam masyarakat yang majemuk,
di tingkat lokal, nasional,dan global
|
8
|
Seni Budaya dan Ketrampilan
|
Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.
Memahami konsep dan pentingnya seni budaya
dan keterampilan
2.
Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni
budaya dan keterampilan
3.
Menampilkan kreatifitas melalui seni budaya
dan keterampilan
4.
Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan
keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
|
9
|
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan
Kesehatan
(Penjasorkes)
|
Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.
Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri
dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup
sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olah raga yang terpilih.
2.
Meningkatkan pertumbuhan fisik dan
pengembangan psikhis yang lebih baik.
3.
Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak
dasar.
4.
Meletakan landasan karakter moral yang kuat
melalui internalisasi
nilai-nilai yang terkandung di
dalam
pendidikan jasmani, olah raga,dan
kesehatan.
5.
Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin,
bertanggung
jawab, kerja sama,
percaya diri dan demokratis.
6.
Mengembangkan ketrampilan untuk menjaga
keselamatan diri sendiri, orang
lain, dan lingkungan.
7.
Memahami konsep aktivitas jasmani dan olah
raga di lingkungan yang bersih sebagai
informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat
dan kebugaran, terampil, serta memiliki
sikap yang positif.
|
10
|
Muatan Lokal
a. Bahasa Jawa
|
1.
Mengembangkan
apresiasi terhadap bahasa dan budaya
Jawa Tengah.
2.
Mengenalkan identitas
Jawa Tengah dan menanamkan kecintaan pada bahasa dan budaya Jawa Tengah
|
|
b. Baca Tulis Al Qur’an
|
1.
Mengenalkan
ketrampilan membaca dan menulis Al Qur’an sejak dini.
2. Menumbuhkan kecintaan dan kegemaran membaca
Al Qur’an.
|
|
c. Bahasa Inggris
|
1. Membina ketrampilan berbahasa dan
berkomunikasi secara
lisan dan tulis
2.
Mempersiapkan siswa
menghadapi perkembangan iptek dalam
menyongsong era globalisasi
|
|
d. KeNUan
|
1. Menumbuhkembangkan ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah bagi siswa yang menjadi
pedoman dalam kehidupan sehari-hari
2. Meneruskan perjuangan para Ulama’ dan menjaga siswa agar tidak
terpengaruh oleh ajaran-ajaran sesat di kemudian hari.
|
11
|
Pengembangan Diri
|
|
|
a. Sholat
Dluhur berjama’ah
|
Mengenalkan
pelaksanaan ibadah sholat dan menanamkan kecintaan untuk menjaga sholat
fardlu.
|
|
b. Hafalan
juz’amma dan do’a sehari-hari
|
Menanamkan rasa cinta terhadap Al Qur’an dan
membiasakan siswa agar senantiasa membaca Al Qur’an serta menerapkan hafalan
juz’amma dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
c. Kepramukaan
|
Melatih siswa agar terampil dan mandiri,
menanamkan sikap agar peduli terhadap orang lain, melatih agar mampu
bekerjasama dengan orang lai, menanamkan sikap disiplin, menumbuhkan rasa
percaya diri
|
|
d. Seni baca Al
Qur’an
|
Menumbuhkan apresiasi ( penghargaan) siswa
terhadap seni budaya islami, memupuk bakat dan minat siswa di bidang seni
baca Al Qur’an, menumbuhkan rasa
percaya diri.
|
|
e. Usaha Kesehatan Sekolah
(UKS )
|
Memupuk kebiasaan hidup sehat dan
mempertinggi derajat kesehatan peserta didik.
|
|
f. Layanan bimbingan dan konseling
|
Memberikan layanan konseling kepada peserta
didik di lingkungan madrasah.
|
|
g. Silaturrohim hari
raya idul fitri
|
Memupuk rasa persaudaraan antara guru dengan
murid.
|
D. Visi, Misi dan Tujuan Madrasah
1. Visi
Madrasah
TERWUJUDNYA
MADRASAH YANG UNGGUL
DALAM RELIGIUS,BERILMU, DAN BERAMAL
2. Indikator Visi
Madrasah
a.
Terbentuknya peserta didik yang taat beragama
,santun dan ungggul prestasi dalam akademik non akademik sebagai bekal melanjutkan pendidikan yang lebih
tinggi serta bertanggungh jawab
b.
Terbentuknya peserta didik yang bertaqwa , berilmu dan berakhlak mulia .
3. Misi
Madrasah
a.
Melaksanakan Pendidikan Islam sebagai bagian yang
integral dari keseluruhan Proses Pendidikan dengan mengintegrasikan aspek aspek
pengajaran, pengamalan dan pengalaman.
b.
Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam
pencapaian prestasi akademik/ non akademik.
c.
Menerapkan nilai nilai dan norma norma akhlak
mulia dalam seluruh kegiatan pembelajaran dengan pendekatan uswatun hasanah dan
akhlakul karimah.
d.
Terwujudnya
peserta didik yang mampu menghafal Juz Ammma dengan baik dan benar
e.
Meningkatkan kualitas layanan pendidikan kepada
masyarakat .
f.
Menyelenggarakan
tata kelola Madrasah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.
4. Tujuan Pendidikan Madrasah
Secara umum tujuan
pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Jatiroto Kecamatan Kayen Kabupaten
Pati adalah meletakkan dasar kecerdasan,
pengetahuan, keimanan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup
mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Bertolak
dari tujuan umum pendiddikan dasar tersebut, Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda
Jatiroto Kabupaten Pati mempunyai tujuan sebagai berikut :
a.
Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan pembelajaran aktif (PAKEM, CTL).
b.
Mengembangkan potensi akademik, minat dan bakat
siswa melalui layanan bimbingan dan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler.
c.
Membiasakan perilaku Islami dilingkungan Madrasah.
d.
Meningkatkan prestasi akademik siswa secara
bertahap untuk mencapai nilai rata-rata minimal 7,0 (tujuh koma nol ).
e.
Meningkatkan prestasi non akademik siswa di bidang
keagamaan, seni dan olah raga lewat kejuaraan dan kompetisi.
Tabel I
Sasaran Program Madrasah
Sasaran Program 1
Tahun 2012/2013
(Progam Jangka Pendek)
|
Sasaran Program 4
Tahun 2014/2016
(Progam Jangka Menengah)
|
Kehadiran peserta
didik, guru dan karyawan lebih dari 95%
|
Peningkatan SDM guru
untuk mengurangi missmatch.
|
Target pencapaian
rata-rata nilai ujian 60
|
Target pencapaian
rata-rata nilai Ujian Akhir 63
|
80% lulusan dapat
melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
|
1% lulusan dapat diterima di MTS dan SMP Favorit
|
100% peserta didik
dapat membaca Alqur’an
|
100% peserta didik
dapat membaca dan memahami makna Alqur’an
dengan baik dan benar
|
Memiliki ekstra
kurikuler unggulan (Olahraga, pramuka, dan seni musik
|
Mengikuti lomba volley
dan atletik tingkat kabupaten
|
1% peserta didik dapat
aktif berbahasa inggris dan Arab
|
2% peserta didik dapat
aktif berbahasa inggris dan Arab
|
90% peserta didik
dapat mengoperasikan program Ms.Word dan Ms.Excel.
|
100% peserta didik
dapat mengoperasikan program Ms.Word dan Ms.Excel
|
Sasaran program tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi
pelaksanaan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga madrasah sebagai berikut
:
Dilaksanakan
oleh seluruh warga madrasah sebagai berikut;
1. Mengadakan pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secara
berkelanjutan.
2. Mengadakan jam tambahan pada pelajaran tertentu;
3. Melakukan kerjasama dengan pihak swasta dan perorangan yang ada di
wilayah Kabupaten Pati dan sekitarnya untuk membantu pembiayaan bagi peserta
didik yang mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi untuk melanjutkan
pendidikan MTS dan SMP;
4. Mengadakan tadarusan menjelang pelajaran dimulai, peringatan hari besar
Islam dan membentuk kelompok-kelompok pengajian peserta didik;
5. Menjalin komunikasi yang baik dengan Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja
dan Transmigrasi, dan lembaga lain sesuai dengan kebutuhan
6. Pengadaan laboratorium bahasa dan mengembangkan laboratorium komputer;
7. Membentuk kelompok gemar Bahasa Inggris dan Bahasa Arab;
8. Membentuk kelompok belajar
9. Pengadaan buku penunjang;
10. Pengembangan ekonomi masyarakat (community
development)
11. Mengintensifkan komunikasi dan kerjasama dengan orang tua;
12. Pelaporan kepada orang tua secara berkala;
13. Pengembangan keterampilan sesuai bakat dan minat;