MI MIFTAHUL HUDA JATIROTO KAYEN PATI JAWA TENGAH


BAB IV
KALENDER PENDIDIKAN


Kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan dengan mengikuti Kalender Pendidikan pada setiap tahun ajaran. Kalender Pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

A.     Alokasi Waktu
Permulaan tahun ajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum (termasuk hari-hari besar nasional), dan hari libur khusus. Alokasi waktu minggu efektif belajar, waktu libur dan kegiatan lainnya tetera pada table berikut :

B.      Penetapan Kalender Pendidikan
1.      Permulaan tahun pelajaran adalah, bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.
2.      Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan, Kepala Daerah tingkat Kabupaten/Kota, dan/atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.
3.      Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota dapat menetapkan hari lubur serentak untuk satuan-satuan pendidikan.
4.      Kalender Pendidikan untuk setiap satuan pendidikan disusun oleh masing-masing satuan pendidikan berdasarkan alokasi waktu sebagaimana tersebut pada dokumen Standar Isi ini dengan memperhatikan ketentuan dari pemerintah/pemerintah daerah.
5.      Hari belajar efektif adalah hari belajar yang betul-betul digunakan untuk kegiatan pembelajaran, sesuai dengan tuntutan kurikulum.
6.      Jumlah hari belajar efektif dalam 1 (satu) tahun pelajaran 245 (dua ratus empat puluh lima) hari belajar yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
7.      Jam belajar efektif adalah jam belajar yang betul-betul digunakan untuk proses pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum. Jumlah jam belajar efektif setiap minggu untuk kelas I, II, III masing-masing 34, 34, 39 jam pelajaran dan kelas IV, V, VI yaitu 46 jam pelajaran dengan alokasi waktu 35 menit per jam pelajaran. Jumlah jam belajar efektif selama satu tahun untuk kelas I, II, III masing-masing 1336, 1336, 1872 jam pelajaran dan kelas IV, V, VI yaitu 2208 jam pelajaran.
Sesuai acuan penetapan Kalender Pendidikan, maka Madrasah  MI Miftahul Huda Jatiroto  berdasarkan :
1.      Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.
2.      Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.
3.      Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati.
4.      Program Kegiatan Madrasah Ibtidaiyah MI Miftahul Huda Jatiroto.
Berdasarkan ketentuan tersebut di atas, maka Kalender Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah MI MI Miftahul Huda Jatiroto  Tahun Ajaran 2012/ 2013 sebagai berikut :

D.    PERHITUNGAN  HARI  AKTIVITAS BELAJAR EFEKTIF  DI        MI MIFTAHUL HUDA JATIROTO  , PENYERAHAN BUKU RAPOR, PERKIRAAN HARI LIBUR MADRASAH /   MINGGU, LIBUR SEMESTER, LIBUR UMUM,  DAN HARI LIBUR BULAN PUASA / IDUL  FITRI  / TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013



No


Semester


Bulan


Hari Efektif
Ulangan/ Ujian
Pengolahan
Nilai/ Pembagian LHB
Libur



Jumlah

UT

UAS

UKK

Ujian

Smtr

Minggu
Nasional
/Umum
Ramadhan/Hari
Raya

1

Gasal / I

Juli 2012

11

-

-

12

-

-

-

5

-

3

31



Agustus 2012

15

-

-

-

-

-

-

4

-

12

31



September 2012

25

-

-

-

-

-

-

5

-

-

30



Oktober 2012

20

6

-

-

-

-

-

4

1

-

31



Nopember 2012

25

-

-

-

-

-

-

4

1

-

30



Desember 2012

1


7

-

-

6

12

5

-

-

31