1.
Pengaturan Beban Belajar
a.
Pengaturan beban belajar
yang digunakan oleh satuan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda
Jatiroto ini adalah sistem Paket.
b.
Jam pembelajaran setiap mata
pelajaran pada sistem paket dialokasikan satu jam pelajaran sama dengan waktu
35 menit, untuk kelas I : 35 JP, kelas II : 35 JP, kelas III : 39 JP tatap muka per minggu, sedangkan kelas IV : 45
JP, kelas V : 45 JP, kelas VI : 45 JP
tatap muka perminggu.
c.
Satuan Pendidikan dapat
menambah maksimum 6 jam pelajaran per minggu secara keseluruhan, sebagaimana
secara terperinsi tertera dalam struktur kurikulum di atas. Pemanfaatan jam
pelajaran tambahan digunakan untuk pembelajaran dengan mempertimbangkan akan
kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi secara optimal, sehingga
dapat mencapai puncak prestasi yang diharapkan oleh Madrasah.
d.
Alokasi waktu penugasan terstruktur dan mandiri tidak
terstruktur dalam sistem paket untuk SD / MI adalah 0 %
sampai dengan 40 % dari mata pelajaran yang bersangkutan. Penugasan ini
dapat dilaksanakan setelah jam pembelajaran berakhir pada mata pelajaran
terakhir dan tugas di rumah.
Tabel beban belajar tatap muka
keseluruhan untuk satuan pendidikan MI Miftahul Huda Jatiroto
Kelas
|
Alokasi waktu (1jam pelajaran )
|
Jumlah
Jam
pelajaran perhari
|
Jumlah jam pelajaran perminggu
|
Minggu efektif dalam setahun
|
Jumlah jam pelajaran dalam setahun
|
I
|
35 Menit
|
6 jam pelajaran
|
35
|
34
|
884
|
II
|
35 Menit
|
6 jam pelajaran
|
35
|
34
|
884
|
III
|
35 Menit
|
6 & 7
jam pelajaran
|
39
|
34
|
884
|
IV
|
35 Menit
|
7 & 8
jam pelajaran
|
43
|
34
|
884
|
V
|
35 Menit
|
7 & 8
jam pelajaran
|
43
|
34
|
884
|
VI
|
35 Menit
|
7 & 8
jam pelajaran
|
43
|
34
|
884
|
C. Ketuntasan Belajar ( Mastery Learning )
1.
Ciri-ciri Pembelajaran Tuntas
Pendekatan
pembelajaran lebih berpusat pada siswa ( child centre )
a.
Mengakui
dan melayani perbedaan-perbedaan perorangan siswa (individual difference)
b.
Strategi
pembelajaran berazaskan maju berkelanjutan ( continuous progress )
c.
Pembelajaran
dipecah-pecah menjadi satuan-satuan (
cremental units )
d.
Seorang
siswa yang mempelajari unit satuan pelajaran tertentu dapat berpindah ke unit
satuan pelajaran berikutnya jika siswa yang bersangkutan telah menguasai secara
tuntas sekurang-kurangnya mencapai 81,25
% dari setiap standar kompetensi, kompetensi dasar, semua indikator,dan hasil
belajar.
2.
Bentuk Layanan dalam Pembelajaran
Tuntas
2.1. Layanan Program Remedial ( Perbaikan )
a.
Ditempuh dengan cara pemberian
bimbingan secara khusus dan perorangan bagi siswa yang mengalami kesulitan,
yang tingkat ketuntasannya di bawah KKM 75 %.
b.
Pemberian tugas-tugas atau
perlakuan ( treatment ) secara khusus yang sifatnya penyederhanaan dari
pelaksanaan pembelajaran reguler.
c.
Materi program remedial / re
test diberikan pada KD yang belum dikuasai siswa.
d.
Pelaksanaan program remedial
dilakukan : setelah siswa mengikuti tes / ujian KD tertentu, tes / ujian Blok
atau kesatuan KD tertentu, tes / ujian semester.
e.
Khusus untuk remedial akhir
semester hanya diberlakukan untuk blok, dari blok-blok yang ada pada semester tertentu.
2.2. Layanan
Program Pengayaan
a.
Diperuntukkan
bagi siswa yang telah mencapai ketuntasan KKM 75 % dan sampai dengan tuntas
81,25 %
b.
Ditempuh
dengan cara pemberian bacaan tambahan atau diskusi yang bertujuan untuk memperluas
wawasan masih dalam lingkup seputar KD yang dipelajari.
c.
Pemberian
tugas untuk melakukan analisis gambar, model, grafik, bacaan / paragraf,dan
lainnya
d.
Memberikan
soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan.
e.
Membantu
guru dalam rangka membimbing
teman-temannya yang belum mencapai
ketuntasan
f.
Program
pengayaan dilaksanakan setelah mengikuti : tes / ujian KD tertentu, tes /ujian
blok / kesatuan KD, tes / ujian semester.
g.
Khusus
untuk program pengayaan akhir semester ini hanya untuk KD-KD blok terakhir.
3.
Pelaksanaan Konsep Ketuntasan Belajar
a.
Sekolah
menetapkan minimal 60% indikator yang
dianggap terpenting dan dapat mewakili dari
semua Kompetensi Dasar.
b.
Kriteria
ketuntasan belajar setiap indikator KD berkisar antara 0 % - 100 % , idealnya kriteria tuntas
menurut Pemerintah ( mastery learning ) untuk masing-masing indikator harus
mencapai 60 %
c.
Menurut
masyarakat awam ketuntasan belajar di sekolah diharapkan minimal mencapai
angka 60
%
d.
Sekolah
dapat menetapkan sendiri tentang kriteria ketuntasan belajar sesuai dengan situasi dan kondisi
masing-masing. Harapannya sekolah makin lama / tahun akan semakin meningkatkan kriteria
ketuntasan belajar menunju untuk mendekati atau bahkan mencapai sempurna ( 100
% )
e.
Jika
semua indikator dalam suatu kompetensi dasar telah memenuhi kriteria, siswa
dianggap telah menguasai Kompetensi Dasar, dan pada akhirnya menguasai Standar Kompetensi dan Mata Pelajaran.
f.
Adapun
Sekolah Dasar ini menetapkan nilai Standar
Ketuntasan Belajar Minimal (KKM)
sebagaimana terperinci pada tabel Standar Ketuntasan Belajar Minimal di bawah
ini.
D. Standar Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) di setiap kelas
No
|
KOMPONEN
|
Kriteria
Ketuntasan Minimal
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
A
|
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Pendidikan Agama
|
|
|
|
|
|
|
a. Al Qur’an Hadits
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
|
b. Aqidah Akhlaq
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
|
c. Fiqih
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
|
d. SKI
|
-
|
-
|
67
|
70
|
70
|
70
|
|
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
4
|
Bahasa Arab
|
-
|
-
|
-
|
60
|
60
|
62
|
5
|
Matematika
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
6
|
IPA
|
65
|
65
|
60
|
60
|
60
|
60
|
7
|
IPS
|
67
|
65
|
60
|
60
|
60
|
60
|
8
|
Seni Budaya dan Ketrampilan
|
65
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
9
|
Pendidikan Jasmani, olahraga dan Kesehatan
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
B
|
Muatan Lokal
|
|
|
|
|
|
|
a. Bahasa Jawa
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
|
b. Bahasa Inggris
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
|
c. Baca Tulis Al Qur’an
|
80
|
80
|
80
|
-
|
-
|
-
|
|
|
e.
KeNUan
|
-
|
-
|
-
|
80
|
80
|
80
|
C
|
Pengembangan Diri
|
|
|
|
|
|
|
a. Jamaah Sholat Dhuhur
|
-
|
-
|
-
|
B
|
B
|
B
|
|
b. Hafalan Juz’amma
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
|
c. Kepramukaan
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
|
d. Seni Baca Al Qur’an
|
-
|
-
|
-
|
B
|
B
|
B
|
|
e. Silaturrahim Hari raya idul Fitri
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|