MI MIFTAHUL HUDA JATIROTO KAYEN PATI JAWA TENGAH

LANJUTAN BAB III,BAG.3


1.        Pengaturan Beban Belajar
a.         Pengaturan beban belajar yang digunakan oleh satuan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Jatiroto  ini adalah sistem Paket.
b.         Jam pembelajaran setiap mata pelajaran pada sistem paket dialokasikan satu jam pelajaran sama dengan waktu 35 menit, untuk kelas I : 35 JP, kelas II : 35 JP, kelas III : 39 JP  tatap muka per minggu, sedangkan kelas IV : 45 JP, kelas V : 45 JP, kelas VI : 45 JP  tatap muka   perminggu.
c.         Satuan Pendidikan dapat menambah maksimum 6 jam pelajaran per minggu secara keseluruhan, sebagaimana secara terperinsi tertera dalam struktur kurikulum di atas. Pemanfaatan jam pelajaran tambahan digunakan untuk pembelajaran dengan mempertimbangkan akan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi secara optimal, sehingga dapat mencapai puncak prestasi yang diharapkan oleh Madrasah.
d.        Alokasi waktu  penugasan terstruktur dan mandiri tidak terstruktur dalam sistem paket untuk SD / MI adalah  0 %  sampai dengan 40 % dari mata pelajaran yang bersangkutan. Penugasan ini dapat dilaksanakan setelah jam pembelajaran berakhir pada mata pelajaran terakhir dan tugas di rumah.

      Tabel beban belajar tatap muka keseluruhan untuk satuan pendidikan MI Miftahul Huda Jatiroto
Kelas
Alokasi waktu (1jam pelajaran )
Jumlah
Jam
pelajaran perhari
Jumlah jam pelajaran perminggu
Minggu efektif dalam setahun
Jumlah jam pelajaran dalam setahun
I
35 Menit
6  jam pelajaran
35
34
884
II
35 Menit
6  jam pelajaran
35
34
884
III
35 Menit
6 & 7 jam pelajaran
39
34
884
IV
35 Menit
7 & 8 jam pelajaran
43
34
884
V
35 Menit
7 & 8 jam pelajaran
43
34
884
VI
35 Menit
7 & 8 jam pelajaran
43
34
884

C.      Ketuntasan Belajar  (  Mastery Learning  )


1.        Ciri-ciri  Pembelajaran Tuntas
               Pendekatan pembelajaran lebih berpusat pada siswa ( child centre )
a.         Mengakui dan melayani perbedaan-perbedaan perorangan siswa (individual  difference)
b.          Strategi pembelajaran berazaskan maju berkelanjutan ( continuous progress )
c.         Pembelajaran dipecah-pecah menjadi satuan-satuan  ( cremental units )
d.        Seorang siswa yang mempelajari unit satuan pelajaran tertentu dapat berpindah ke unit satuan pelajaran berikutnya jika siswa yang bersangkutan telah menguasai secara tuntas sekurang-kurangnya mencapai  81,25 % dari setiap standar kompetensi, kompetensi dasar, semua indikator,dan hasil belajar.

2.        Bentuk Layanan  dalam Pembelajaran Tuntas

2.1.  Layanan Program Remedial  ( Perbaikan )
a.       Ditempuh dengan cara pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi siswa yang mengalami kesulitan, yang tingkat ketuntasannya di bawah KKM 75 %.
b.      Pemberian tugas-tugas atau perlakuan ( treatment ) secara khusus yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran reguler.
c.       Materi program remedial / re test diberikan pada KD yang belum dikuasai           siswa.
d.      Pelaksanaan program remedial dilakukan : setelah siswa mengikuti tes / ujian KD tertentu, tes / ujian Blok atau kesatuan KD tertentu, tes / ujian semester.
e.       Khusus untuk remedial akhir semester hanya diberlakukan untuk blok, dari blok-blok  yang ada pada semester tertentu.

2.2.  Layanan Program Pengayaan                          
a.         Diperuntukkan bagi siswa yang telah mencapai ketuntasan KKM 75 %  dan sampai dengan tuntas 81,25 %
b.        Ditempuh dengan cara pemberian bacaan tambahan atau diskusi yang bertujuan untuk memperluas wawasan masih dalam lingkup seputar KD yang dipelajari.
c.         Pemberian tugas untuk melakukan analisis gambar, model, grafik, bacaan / paragraf,dan lainnya
d.        Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan.
e.         Membantu guru dalam rangka  membimbing teman-temannya yang belum  mencapai ketuntasan
f.         Program pengayaan dilaksanakan setelah mengikuti : tes / ujian KD tertentu, tes /ujian blok / kesatuan KD, tes / ujian semester.
g.        Khusus untuk program pengayaan akhir semester ini hanya untuk KD-KD blok terakhir.

3.        Pelaksanaan Konsep Ketuntasan Belajar
a.         Sekolah menetapkan minimal  60% indikator yang dianggap terpenting dan dapat mewakili dari  semua Kompetensi Dasar.
b.         Kriteria ketuntasan belajar setiap indikator KD berkisar antara  0 % - 100 % , idealnya kriteria tuntas menurut Pemerintah ( mastery learning ) untuk masing-masing indikator harus mencapai  60  %     
c.         Menurut masyarakat awam ketuntasan belajar di sekolah diharapkan minimal mencapai angka  60  %
d.        Sekolah dapat menetapkan sendiri tentang kriteria ketuntasan belajar  sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing. Harapannya sekolah makin lama / tahun akan semakin meningkatkan kriteria ketuntasan belajar menunju untuk mendekati atau bahkan mencapai sempurna ( 100 % )
e.         Jika semua indikator dalam suatu kompetensi dasar telah memenuhi kriteria, siswa dianggap telah menguasai Kompetensi Dasar, dan pada akhirnya menguasai Standar Kompetensi  dan Mata Pelajaran.
f.          Adapun Sekolah Dasar ini  menetapkan nilai Standar Ketuntasan Belajar Minimal  (KKM) sebagaimana terperinci pada tabel Standar Ketuntasan Belajar Minimal di bawah ini.



D.      Standar Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal  (  KKM  )  di setiap kelas

No
KOMPONEN
Kriteria Ketuntasan Minimal
I
II
III
IV
V
VI
A
Mata Pelajaran






1
Pendidikan Agama






a.    Al Qur’an Hadits
75
75
75
75
75
75
b.    Aqidah Akhlaq
75
75
75
75
75
75
c.    Fiqih
75
75
75
75
75
75
d.   SKI
-
-
67
70
70
70
2
Pendidikan Kewarganegaraan
75
75
75
75
75
75
3
Bahasa Indonesia
65
65
65
65
65
65
4
Bahasa Arab
-
-
-
60
60
62
5
Matematika
60
60
60
60
60
60
6
IPA
65
65
60
60
60
60
7
IPS
67
65
60
60
60
60
8
Seni Budaya dan Ketrampilan
65
75
75
75
75
75
9
Pendidikan Jasmani, olahraga dan Kesehatan
75
75
75
75
75
75
B
Muatan Lokal






a.  Bahasa Jawa
65
65
65
65
65
65
b.  Bahasa Inggris
60
60
60
60
60
60
c.  Baca Tulis Al Qur’an
80
80
80
-
-
-

e.    KeNUan
-
-
-
80
80
80
C
Pengembangan Diri






a.  Jamaah Sholat Dhuhur
-
-
-
B
B
B
b.  Hafalan Juz’amma
B
B
B
B
B
B
c.  Kepramukaan
B
B
B
B
B
B
d.  Seni Baca Al Qur’an
-
-
-
B
B
B
e.  Silaturrahim Hari raya idul Fitri
B
B
B
B
B
B