MI MIFTAHUL HUDA JATIROTO KAYEN PATI JAWA TENGAH

LANJUTAN BAB III, BAG.5



1.        Pengembangan Pendidikan Kecakapan Hidup dalam Pembelajaran

                   Pengembangan pendidikan kecakapan hidup meliputi : aspek kecakapan hidup dasar, instrumental dan jenis kecakapan hidup umum serta sub jenis kecakapan akademik   dalam kurikulum ini diintegrasikan dan disesuaikan ke dalam standar kompetensi, kompetensi dasar dan indicator pada setiap mata pelajaran. Dengan demikian tidak ada keharusan mengubah kurikulum, yang diperlukan adalah menyiasati proses pendidikan dan pembelajarannya.
            Dalam prinsip pendidikan kecakapan hidup berorientasi pada kontektual kehidupan sehari-hari yang meliputi : kebutuhan, permasalahan / problematika, peristiwa / kejadian, dan lingkungan oleh karena itu pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup harus selalu aplikatif dalam konteks kehidupan keseharian bagi peserta didik.
            Adapun prinsip pembelajaran kontektual adalah setiap pelajaran dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat memahami lebih mudah karena siswa usia MI masih dalam taraf berpikir konkret. Sebagai wujud nyata proses pembelajarannya dalam scenario pembelajaran pada tahapan awal harus mengungkap permasalahan kontektual dan opini peserta didik, lebih lengkap lagi dengan melalui pendekatan pembelajaran:  discovery of learning ( DL ), contectual teaching of learning ( CTL ), PAIKEM dan metodologi pembelajaran lainnya yang relevan. Sedangkan untuk kecakapan hidup spesifik vocational dikembangkan melalui pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global seperti tersebut di bawah ini. 

J.    Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Keunggulan Global   

                   Dalam pengembangan kecakapan hidup spesifik vocational dilaksanakan melalui pendidikan berbasis program keunggulan lokal dan global yaitu :


       Program Unggulan Lokal Pembuatan Tempe

No
Kelas
Materi Pokok
Waktu Kegiatan
1
IV
1.     Pengenalan tahapan-tahapan dalam proses pembuatan tempe
2.     Pengenalan alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan tempe

Sabtu,  07.00-07.35
Rabu,  07.00-07.35

2
V
1.     Proses persiapan bahan pembuatan tempe
2.     Proses pembuatan tempe
3.     Proses pembungkusan
Jum’at,  09.50-11.00
3
VI
1.   Pemasaran tempe
2.   Kelayakan / analisis Usaha  ( Biaya )
Rabu,  11.35-12.10
Kamis,  08.45-09.20