BAB II
TUJUAN PENDIDIKAN
A. Tujuan Pendidikan Nasional
Pendidikan Nasisional
bertujuan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia , sehat, berilmu,
cakap, kratif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis, serta
bertanggung jawab.
B.
Tujuan Pendidikan Dasar / Menengah
Tujuan pendidikan dasar
adalah meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia,
serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
C.
Tujuan Pendidikan Sesuai Mata
Pelajaran
No |
M a t a Pelajaran
|
B e r t u j u a n U n t u k |
1
|
Pendidikan Agama Islam
a. Al
Qur’an Hadits
|
1
Memberikan kemampuan dasar kepada peserta didik dalam membaca,
menulis, membiasakan dan menggemari Al Quran dan hadits
2
Memberikan pengertian, pemahaman, penghayatan isi kandungan ayat-ayat
Al qur’an-hadits melalui keteladanan dan pembiasaan
3
Membina dan membimbing perilaku peserta didik dengan berpedoman pada
isi kandungan ayat Al qur’an dan hadits
|
|
b. Aqidah
Akhlak
|
1. Menumbuhkembangkan
akidah melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan,
pembiasaan serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga
menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaannya.
2. Mewujudkan
manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam
kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan individu maupun social, sebagai
manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.
|
|
c. Fiqih
|
1. Membekali
peserta didik agar dapat mengetahui dan memahami cara-cara pelaksanaan hukum
Islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan
pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan social.
2. Melaksanakan
dan mengamalkan ketentuan hokum Islam dengan benar dan baik sebagai
perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajran agama Islam dalam hubungan
manusia dengan AllahSWT, dengan diri manusia itu sendiri,sesama manusia dan
makhluk maupun hubungan dengan lingkungannya.
|
|
d. Sejarah
Kebudayaan Islam
|
Agar
peserta didik memiliki kemampuan :
1.
Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam
yang telah dibangun oleh Rosulullah dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan
peradaban Islam
2.
Membangun kesadaran peserta tentang
pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau,
masa kini dan masa depan
3.
Melatih daya kritis peserta didik untuk
memahami fakta sejarah secara benar dengan didasrkan pada pendekatan ilmiah
4.
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan pserta
didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban umat Islam masa
lampau
5. Mengembangkan
kemampuan pserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa
bersejarah (Islam), menaladani tokoh-tokoh berprsetasi, dan mengkaitkannya
dengan fenomena sosial, budaya, politik ekonomi, iptek dan seni dan lain-lain
untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
|
2
|
Pendidikan
Kewarganega
raan
|
Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.
Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam
menanggapi isu kewarganegaraan.
2.
Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab,dan bertindak secara
cerdas dalam kegiatan bermasyarakat berbangsa, dan bernegara, serta anti
korupsi.
3. Berkembang secara positif dan
demokratis untuk membentuk diri
berdasarkan karakter-karakter
masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama
dengan bangsa-bangsa lainnya.
4. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa
lain dalam
percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi
dan komunikasi.
|
3
|
Bahasa
Indonesia |
Agar peserta didik memiliki kemampuan
:
1.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
2.
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa
persatuan dan bahasa negara.
3.
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif
untuk berbagai tujuan.
4.
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan
sosial.
5.
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi
pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6. Menghargai dan membanggakan sastra
Indonesia sebagai khasanah budaya
dan intelektual manusia Indonesia.
|
4
|
Bahasa Arab
|
1.
Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam
bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan, yang mencakup empat kecakapan yakni
menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis
(kitabah).
2.
Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya
bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar,
khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam
3.
Mengembangkan pemahaman tentang saling
keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya
|
5
|
Matematika
|
Agar peserta didik memiliki
kemampuan :
1.
Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan
mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan
tepat, dalam pemecahan masalah.
2.
Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi
matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan
matematika.
3.
Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah,merancang
model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4.
Mengkomunikasikan gagasan dengan symbol, tabel, diagram, atau
media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
5.
Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan,yaitu
memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika,
serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
|
6
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Agar peserta didik memiliki
kemampuan :
1.
Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa,
berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaannya.
2.
Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang
bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang
adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi,
dan masyarakat.
4.
Mengembangkan ketrampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar,
memecahkan masalah dan membuat keputusan.
5. Meningkatkan kesadaran untuk
berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lungkungan alam.
6. Meningkatkan kesadaran untuk menghargai
alam dan segala keteraturannya
sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
7. Memperole bekal pengetahuan, konsep
dan ketrampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs
|
7
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.
Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan
lingkungannya.
2.
Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin
tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
3.
Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan
kemanusiaan.
4. Memiliki kemampuan berkomunikasi,
bekerja sama dan bekompetisi dalam masyarakat yang
majemuk, di tingkat lokal, nasional,dan global
|
8
|
Seni Budaya dan Ketrampilan
|
Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.
Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
2.
Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
3.
Menampilkan kreatifitas melalui seni budaya dan keterampilan
4.
Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam
tingkat lokal, regional, maupun global.
|
9
|
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
(Penjasorkes)
|
Agar peserta didik memiliki kemampuan :
1.
Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan
dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai
aktivitas jasmani dan olah raga yang terpilih.
2.
Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikhis yang lebih
baik.
3.
Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
4.
Meletakan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam
pendidikan jasmani, olah
raga,dan kesehatan.
5.
Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung
jawab, kerja sama, percaya diri dan demokratis.
6.
Mengembangkan ketrampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.
7.
Memahami konsep aktivitas jasmani dan olah raga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk
mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran,
terampil, serta memiliki sikap yang
positif.
|
10
|
Muatan Lokal
a. Bahasa Jawa
|
1.
Mengembangkan apresiasi terhadap bahasa dan budaya Jawa Tengah.
2.
Mengenalkan identitas Jawa Tengah dan
menanamkan kecintaan pada bahasa dan budaya Jawa Tengah
|
|
b. Baca Tulis Al Qur’an
|
1.
Mengenalkan ketrampilan membaca dan menulis
Al Qur’an sejak dini.
2. Menumbuhkan kecintaan dan kegemaran membaca
Al Qur’an.
|
|
c. Bahasa Inggris
|
1. Membina ketrampilan berbahasa dan
berkomunikasi secara lisan dan
tulis
2.
Mempersiapkan siswa menghadapi perkembangan
iptek dalam menyongsong
era globalisasi
|
|
d. KeNUan
|
1.
Menumbuhkembangkan ajaran Ahlussunnah wal
Jama’ah bagi siswa yang menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari
2.
Meneruskan perjuangan para Ulama’ dan
menjaga siswa agar tidak terpengaruh oleh ajaran-ajaran sesat di kemudian
hari.
|
11
|
Pengembangan Diri
|
|
|
a. Sholat
Dluhur berjama’ah
|
Mengenalkan
pelaksanaan ibadah sholat dan menanamkan kecintaan untuk menjaga sholat
fardlu.
|
|
b. Hafalan
juz’amma dan do’a sehari-hari
|
Menanamkan rasa cinta terhadap Al Qur’an dan
membiasakan siswa agar senantiasa membaca Al Qur’an serta menerapkan hafalan
juz’amma dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
c. Kepramukaan
|
Melatih siswa agar terampil dan mandiri,
menanamkan sikap agar peduli terhadap orang lain, melatih agar mampu
bekerjasama dengan orang lai, menanamkan sikap disiplin, menumbuhkan rasa
percaya diri
|
|
d. Seni baca Al
Qur’an
|
Menumbuhkan apresiasi ( penghargaan) siswa
terhadap seni budaya islami, memupuk bakat dan minat siswa di bidang seni
baca Al Qur’an, menumbuhkan rasa
percaya diri.
|
|
e. Usaha Kesehatan Sekolah
(UKS )
|
Memupuk kebiasaan hidup sehat dan
mempertinggi derajat kesehatan peserta didik.
|
|
f. Layanan bimbingan
dan konseling
|
Memberikan layanan konseling kepada peserta
didik di lingkungan madrasah.
|
|
g. Silaturrohim hari
raya idul fitri
|
Memupuk rasa persaudaraan antara guru dengan
murid.
|
D. Visi, Misi dan Tujuan Madrasah
1. Visi Madrasah
TERWUJUDNYA MADRASAH YANG UNGGUL DALAM BERILMU, BERIMAN DAN BERAMAL
2. Indikator Visi Madrasah
a. Terbentuknya peserta didik yang taat beragama ,santun dan
ungggul prestasi dalam akademik non akademik sebagai bekal melanjutkan
pendidikan yang lebih tinggi serta bertanggungh jawab
b. Terbentuknya peserta didik yang bertaqwa , berilmu dan berakhlak mulia .
3. Misi Madrasah
a. Melaksanakan Pendidikan Islam sebagai bagian yang
integral dari keseluruhan Proses Pendidikan dengan mengintegrasikan aspek aspek
pengajaran, pengamalan dan pengalaman.
b. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam
pencapaian prestasi akademik/ non akademik.
c. Menerapkan nilai nilai dan norma norma akhlak mulia dalam
seluruh kegiatan pembelajaran dengan pendekatan uswatun hasanah dan akhlakul
karimah.
d. Terwujudnya
peserta didik yang mampu menghafal Juz Ammma dengan baik dan benar
e. Meningkatkan kualitas layanan pendidikan kepada
masyarakat .
f.
Menyelenggarakan tata kelola Madrasah yang
efektif, efisien, transparan dan akuntabel.
E. Tujuan Pendidikan Madrasah
Secara
umum tujuan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Jatiroto Kecamatan
Kayen Kabupaten Pati adalah meletakkan
dasar kecerdasan, pengetahuan, keimanan, kepribadian, akhlak mulia, serta
ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Bertolak
dari tujuan umum pendiddikan dasar tersebut, Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda
Jatiroto Kabupaten Pati mempunyai tujuan sebagai berikut :
a. Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan pembelajaran aktif (PAKEM, CTL).
b. Mengembangkan potensi akademik, minat dan bakat siswa
melalui layanan bimbingan dan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler.
c. Membiasakan perilaku Islami dilingkungan Madrasah.
d. Meningkatkan prestasi akademik siswa secara bertahap
untuk mencapai nilai rata-rata minimal 7,0
(tujuh koma nol ).
e. Meningkatkan prestasi non akademik siswa di bidang
keagamaan, seni dan olah raga lewat kejuaraan dan kompetisi.
Tabel
I
Sasaran
Program Madrasah
Sasaran Program 1
Tahun 2012/2013
(Progam Jangka Pendek)
|
Sasaran Program 4
Tahun 2014/2016
(Progam Jangka Menengah)
|
Sasaran Program 6
Tahun 2012/2020
(Progam Jangka Panjang)
|
Kehadiran
peserta didik, guru dan karyawan lebih dari 95%
|
Peningkatan
SDM guru untuk mengurangi missmatch.
|
Peningkatan
SDM guru untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
|
Target
pencapaian rata-rata nilai ujian 60
|
Target
pencapaian rata-rata nilai Ujian Akhir
63
|
Target
pencapaian rata-rata nilai Ujian Akhir
65
|
80%
lulusan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
|
1% lulusan dapat diterima
di MTS dan SMP Favorit
|
2% lulusan dapat diterima
di MTS dan SMP Favorit
|
100%
peserta didik dapat membaca Alqur’an
|
100%
peserta didik dapat membaca dan memahami
makna Alqur’an dengan baik dan benar
|
100%
peserta didik dapat membaca dan
memahami makna Alqur’an dengan baik dan benar dan menggunakannya sebagai
landasan hidup dalam berperilaku
|
Memiliki
ekstra kurikuler unggulan (Olahraga, pramuka, dan seni musik
|
Mengikuti
lomba volley dan atletik tingkat kabupaten
|
Berprestasi
dalam lomba volley dan atletik tingkat kabupaten
|
1%
peserta didik dapat aktif berbahasa inggris dan Arab
|
2%
peserta didik dapat aktif berbahasa inggris dan Arab
|
3%
peserta didik dapat aktif berbahasa inggris dan Arab
|
90%
peserta didik dapat mengoperasikan program Ms.Word dan Ms.Excel.
|
100%
peserta didik dapat mengoperasikan program Ms.Word dan Ms.Excel
|
100%
peserta didik dapat mengoperasikan program Ms.Word dan Ms.Excel, corel draw
dan power point.
|
Sasaran program tersebut
selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan
oleh seluruh warga madrasah sebagai berikut :
Dilaksanakan
oleh seluruh warga madrasah sebagai berikut;
1.
Mengadakan
pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secara berkelanjutan.
2.
Mengadakan
jam tambahan pada pelajaran tertentu;
3.
Melakukan
kerjasama dengan pihak swasta dan perorangan yang ada di wilayah Kabupaten Pati
dan sekitarnya untuk membantu pembiayaan bagi peserta didik yang mempunyai
semangat dan motivasi yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan MTS dan SMP;
4.
Mengadakan
tadarusan menjelang pelajaran dimulai, peringatan hari besar Islam dan
membentuk kelompok-kelompok pengajian peserta didik;
5.
Menjalin
komunikasi yang baik dengan Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja dan
Transmigrasi, dan lembaga lain sesuai dengan kebutuhan
6.
Pengadaan
laboratorium bahasa dan mengembangkan laboratorium komputer;
7.
Membentuk
kelompok gemar Bahasa Inggris dan Bahasa Arab;
8.
Membentuk
kelompok belajar
9.
Pengadaan
buku penunjang;
10. Pengembangan ekonomi masyarakat
(community development)
11. Mengintensifkan komunikasi dan
kerjasama dengan orang tua;
12. Pelaporan kepada orang tua
secara berkala;
13. Pengembangan keterampilan
sesuai bakat dan minat;