BAB III
KERANGKA DASAR, STRUKTUR, DAN MUATAN KURIKULUM
A. Kerangka Dasar Kurikulum
1.
Kelompok Mata Pelajaran
Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor
: DJ. 11.1/PP.00/Ed.681/2006 Tentang Pelaksanaan Standar Isi. Surat Edaran
Kanwil Depag Propinsi Jawa Tengah Nomor : KW.11.4/1/PP.00/4460/2006 Peraturan
Pemerintah nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 6
ayat ( 1 ) menyatakan bahwa kurikulum jenis pendidikan umum, kejuruan,
dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri dari :
a. kelompok mata pelajaran agama dan
akhlak mulia
b. kelompok mata pelajaran
kewarganegaraan dan kepribadian
c. kelompok mata pelajaran ilmu
pengetahuan dan teknologi
d. kelompok mata pelajaran estetika
e. kelompok mata pelajaran jasmani,
olah raga, dan kesehatan
f. kelompok mata pelajaran Muatan Lokal
2.
Cakupan Setiap Kelompok Mata Pelajaran
No
|
Kelompok
Mata Pelajaran
|
C a k u p a n
|
|
1
|
Agama danAkhlak Mulia |
Kelompok
mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta
didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral
sebagai perwujudan dari pendidikan agama islam, yang pelaksanaanya terangkum
dalam Mata Pelajaran, yang terbagi menjadi : Aqidah Akhlaq, Al-Quran Hadits,
Fiqih dan SKI.
|
|
2
|
Kewarganegaraan
dan
Kepribadian
|
Kelompok
mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan
kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas
dirinya sebagai manusia.
Kesadaran
dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara,
penghargaan terhadap hak-hak azasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian
lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial,
ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti
korupsi, kolusi, dan nepotisme.
|
|
3
|
Ilmu Pengetahuan
dan
Teknologi
|
Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada Sekolah Dasar dimaksudkan
untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi,
serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis,
kreatif, dan mandiri
|
|
4
|
Estetika |
Kelompok
mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas,
kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni.
Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup
apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu
menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan
sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
|
|
5
|
Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
|
Kelompok
mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan pada Sekolah Dasar
dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportifitas dan
kesadaran hidup sehat.
Budaya
hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat
individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan
dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV / AIDS, demam berdarah,
mentaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.
|
B. Struktur Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah
Komponen |
Kelas dan Alokasi Waktu |
|||
I |
II |
III |
IV-VI |
|
A. Mata Pelajaran |
|
|
|
|
1. Pendidikan AgamaIslam |
|
|
|
|
a. Al Qur’an Hadits |
Pendekatan Tematik |
2 |
||
b. Aqidah Akhlaq |
2 |
|||
c. Fiqih |
2 |
|||
d. SKI |
2 |
|||
2. Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
|||
3. Bahasa Indonesia |
5 |
|||
4. Bahasa Arab |
3 |
|||
5. Matematika |
6 |
|||
6. Ilmu Pengetahuan Alam |
6 |
|||
7. Ilmu Pengetahuan Sosial |
3 |
|||
8. Seni Budaya dan Ketrampilan |
2 |
|||
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
4 |
|||
B. *) Muatan Lokal |
|
|||
1. Bahasa Jawa |
2 |
|||
2. Bahasa Inggris |
2 |
|||
3. BTA |
1 |
|||
4. KeNUan |
2 |
|||
5. Pengembangan Diri |
2 |
2 |
2 |
2 |
Jumlah |
35 |
35 |
39 |
45 |