MI MIFTAHUL HUDA JATIROTO KAYEN PATI JAWA TENGAH

BAB III, SEBAGIAN

BAB  III

KERANGKA DASAR, STRUKTUR,  DAN  MUATAN KURIKULUM
 
A.  Kerangka Dasar Kurikulum

1.      Kelompok Mata Pelajaran
      Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor : DJ. 11.1/PP.00/Ed.681/2006 Tentang Pelaksanaan Standar Isi. Surat Edaran Kanwil Depag Propinsi Jawa Tengah Nomor : KW.11.4/1/PP.00/4460/2006 Peraturan Pemerintah nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal  6   ayat ( 1 ) menyatakan bahwa kurikulum jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri dari :
a.       kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
b.      kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
c.       kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
d.      kelompok mata pelajaran estetika
e.       kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan
f.       kelompok mata pelajaran Muatan Lokal

2.   Cakupan Setiap Kelompok Mata Pelajaran
No
Kelompok
Mata Pelajaran
C a k u p a n
1




Agama dan
Akhlak Mulia
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama islam, yang pelaksanaanya terangkum dalam Mata Pelajaran, yang terbagi menjadi : Aqidah Akhlaq, Al-Quran Hadits, Fiqih dan SKI.
2
Kewarganegaraan
dan Kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak azasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
3
Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada Sekolah Dasar dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif, dan mandiri
4







Estetika

Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.


5

Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan

Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan pada Sekolah Dasar dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportifitas dan kesadaran hidup sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV / AIDS, demam berdarah, mentaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.


B. Struktur Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

I

II

III

IV-VI

A. Mata Pelajaran

 

 

 

 

1. Pendidikan AgamaIslam

 

 

 

 

a. Al Qur’an Hadits

Pendekatan Tematik

2

b. Aqidah Akhlaq

2

c. Fiqih

2

d. SKI

2

2. Pendidikan Kewarganegaraan

2

3. Bahasa Indonesia

5

4. Bahasa Arab

3

5. Matematika

6

6. Ilmu Pengetahuan  Alam

6

7. Ilmu Pengetahuan Sosial

3

8. Seni Budaya dan Ketrampilan

2

9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

4

B. *) Muatan Lokal

 

1. Bahasa Jawa

2

2. Bahasa Inggris

2

3. BTA

1

4.    KeNUan

2

5.  Pengembangan Diri

2

2

2

2

Jumlah

35

35

39

45

Keterangan      :           Kelas 1, 2 dan 3 menggunakan pendekatan tematik, sedangkan Kelas 4,5 dan 6 menggunakan pendekatan Mapel