PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH
KOMPONEN 6         : SUPERVISI PEMBELAJARAN
| 
    NO  | 
   
    KRITERIA  | 
   
    INDIKATOR  | 
   
    BUKTI
   FISIK  | 
  
| 
   1  | 
  
   Menyusun
  program supervisi akademik dalam rangka 
  peningkatan profesionalisme guru.  | 
  
   
 Mampu menyusun  program tahunan supervise akademik dalam
  rangka meningkatkan profesionalisme guru yang meliputi: 1. fokus pada perbaikan proses dan hasil belajar. 2. jadwal pelaksanaan dan istrumen supervisi akademik 3. dikomunikasikan pada bulan pertama di awal tahun. 4. Pendelegasian dan pembagian tugas supervisor kepada  guru senior 
 
  | 
  
   
 1.1  Program supervisi
  akademik 1.2  Jadwal dan instrumen
  supervisi akademik 1.3  Informasi Jadwal
  supervisi terpampang menyatu dengan jadwal pelajaran 1.4  SK pendelegasian
  tugas sebagai supervisor  | 
 
| 
   2  | 
  
   Melaksanakan supervise akademik terhadap guru dengan
  menggunakan pendekatan dan teknik supervisi 
  yang tepat   | 
  
   1.      Mampu
  membagi tugas pelaksanaan supervise akademik kepada wakil dan guru senior
  yang memnuhi syarat (contoh: membuat team pelaksana supervise akademik,menugaskan
  wakil dan guru senior yang sesuai mata pelajaran yang pangkatnya lebih
  tinggi) 2.      Mampu
  menerapkan prosedur pendekatan dan teknik supervise yang tepat (contoh: ada
  pra observasi,ada observasi dan post observasi) 3.      Mampu
  mengembangkan instrument supervise yang relevan dengan tuntutan perubahan dan
  sesuai dengan perkembangan kurikulum dari pemerintah (contoh:ada muatan
  nilai-nilai karakter) 4.      Mampu
  mengevaluasi pelaksanaan supervise akademik 
  | 
  
   1.      SK Pendelegasian
  supervise kepada guru senior 
 
 
 
 
 
 2.      Hasil supervise
  akademik 
 
 
 
 
 3.      Dokumen instrument
  supervise  
 
 
 
 
 4.      Evaluasi hasil
  supervisi akademik  | 
 
| 
   3  | 
  
   Menilai
  dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan
  professional isme guru  | 
  
   1.      Mampu
  memanfaatkan supervise akademik dalam rangka evaluasi program sekolah di
  bidang akademik (contoh:evaluasi pengembangan silabus yang terintregasi
  dengan nilai karakter,alokasi dana,penambahan alat peraga dan multi media) 2.      Mampu
  menindaklanjuti hasil penilaian supervise akademik dalam rangka peningkatan
  profesionalisme guru (contoh: efektifitas metode pembelajaran,relevansi media
  pembelajaran,efektifitas teknik penilaian) 3.      Mampu
  menindaklanjuti hasil penilaian supervise akademik dengan mengefektifkan dan
  lebih mengaktifkan MGMP Sekolah,mengirim guru dalam pelatihan-pelatihan 4.      Mampu
  menindaklanjuti hasil penilaian supervise akademik dengan menyelenggarakan
  worksop dan menundang nara sumber yang kompeten sesuai dengan hasil evaluasi
  supervise akademik 
  | 
  
   1.      Rencana Tindak
  Lanjut hasil supervise akademik 
 
 
 
 
 
 
 2.      Dokumen hasil
  rencana tindak lanjut 
 
 
 
 
 
 
 3.      Dokumen  hasil pelaksanaan MGMP/Pelatihan guru 
 
 4.      Dokumen pelaksanaan
  Worksop dengan  nara sumber yang
  kompeten 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  |