MI MIFTAHUL HUDA JATIROTO KAYEN PATI JAWA TENGAH

penilaian kepala sekolah Komponen 6 : Supervisi Pembelajaran

 PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

 

KOMPONEN 6         : SUPERVISI PEMBELAJARAN

NO

KRITERIA

INDIKATOR

BUKTI FISIK

1

Menyusun program supervisi akademik dalam rangka  peningkatan profesionalisme guru.

 

Mampu menyusun  program tahunan supervise akademik dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru yang meliputi:

1. fokus pada perbaikan proses dan hasil belajar.

2. jadwal pelaksanaan dan istrumen supervisi akademik

3. dikomunikasikan pada bulan pertama di awal tahun.

4. Pendelegasian dan pembagian tugas supervisor kepada  guru senior

 

 

 

1.1  Program supervisi akademik

1.2  Jadwal dan instrumen supervisi akademik

1.3  Informasi Jadwal supervisi terpampang menyatu dengan jadwal pelajaran

1.4  SK pendelegasian tugas sebagai supervisor

2

Melaksanakan supervise akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi  yang tepat

1.      Mampu membagi tugas pelaksanaan supervise akademik kepada wakil dan guru senior yang memnuhi syarat (contoh: membuat team pelaksana supervise akademik,menugaskan wakil dan guru senior yang sesuai mata pelajaran yang pangkatnya lebih tinggi)

2.      Mampu menerapkan prosedur pendekatan dan teknik supervise yang tepat (contoh: ada pra observasi,ada observasi dan post observasi)

3.      Mampu mengembangkan instrument supervise yang relevan dengan tuntutan perubahan dan sesuai dengan perkembangan kurikulum dari pemerintah (contoh:ada muatan nilai-nilai karakter)

4.      Mampu mengevaluasi pelaksanaan supervise akademik

 

1.      SK Pendelegasian supervise kepada guru senior

 

 

 

 

 

 

2.      Hasil supervise akademik

 

 

 

 

 

3.      Dokumen instrument supervise

 

 

 

 

 

4.      Evaluasi hasil supervisi akademik

3

Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan professional isme guru

1.      Mampu memanfaatkan supervise akademik dalam rangka evaluasi program sekolah di bidang akademik (contoh:evaluasi pengembangan silabus yang terintregasi dengan nilai karakter,alokasi dana,penambahan alat peraga dan multi media)

2.      Mampu menindaklanjuti hasil penilaian supervise akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru (contoh: efektifitas metode pembelajaran,relevansi media pembelajaran,efektifitas teknik penilaian)

3.      Mampu menindaklanjuti hasil penilaian supervise akademik dengan mengefektifkan dan lebih mengaktifkan MGMP Sekolah,mengirim guru dalam pelatihan-pelatihan

4.      Mampu menindaklanjuti hasil penilaian supervise akademik dengan menyelenggarakan worksop dan menundang nara sumber yang kompeten sesuai dengan hasil evaluasi supervise akademik

 

1.      Rencana Tindak Lanjut hasil supervise akademik

 

 

 

 

 

 

 

2.      Dokumen hasil rencana tindak lanjut

 

 

 

 

 

 

 

3.      Dokumen  hasil pelaksanaan MGMP/Pelatihan guru

 

 

4.      Dokumen pelaksanaan Worksop dengan  nara sumber yang kompeten