PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH
KOMPONEN 6 : SUPERVISI PEMBELAJARAN
NO |
KRITERIA |
INDIKATOR |
BUKTI
FISIK |
1 |
Menyusun
program supervisi akademik dalam rangka
peningkatan profesionalisme guru. |
Mampu menyusun program tahunan supervise akademik dalam
rangka meningkatkan profesionalisme guru yang meliputi: 1. fokus pada perbaikan proses dan hasil belajar. 2. jadwal pelaksanaan dan istrumen supervisi akademik 3. dikomunikasikan pada bulan pertama di awal tahun. 4. Pendelegasian dan pembagian tugas supervisor kepada guru senior
|
1.1 Program supervisi
akademik 1.2 Jadwal dan instrumen
supervisi akademik 1.3 Informasi Jadwal
supervisi terpampang menyatu dengan jadwal pelajaran 1.4 SK pendelegasian
tugas sebagai supervisor |
2 |
Melaksanakan supervise akademik terhadap guru dengan
menggunakan pendekatan dan teknik supervisi
yang tepat |
1. Mampu
membagi tugas pelaksanaan supervise akademik kepada wakil dan guru senior
yang memnuhi syarat (contoh: membuat team pelaksana supervise akademik,menugaskan
wakil dan guru senior yang sesuai mata pelajaran yang pangkatnya lebih
tinggi) 2. Mampu
menerapkan prosedur pendekatan dan teknik supervise yang tepat (contoh: ada
pra observasi,ada observasi dan post observasi) 3. Mampu
mengembangkan instrument supervise yang relevan dengan tuntutan perubahan dan
sesuai dengan perkembangan kurikulum dari pemerintah (contoh:ada muatan
nilai-nilai karakter) 4. Mampu
mengevaluasi pelaksanaan supervise akademik
|
1. SK Pendelegasian
supervise kepada guru senior
2. Hasil supervise
akademik
3. Dokumen instrument
supervise
4. Evaluasi hasil
supervisi akademik |
3 |
Menilai
dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan
professional isme guru |
1. Mampu
memanfaatkan supervise akademik dalam rangka evaluasi program sekolah di
bidang akademik (contoh:evaluasi pengembangan silabus yang terintregasi
dengan nilai karakter,alokasi dana,penambahan alat peraga dan multi media) 2. Mampu
menindaklanjuti hasil penilaian supervise akademik dalam rangka peningkatan
profesionalisme guru (contoh: efektifitas metode pembelajaran,relevansi media
pembelajaran,efektifitas teknik penilaian) 3. Mampu
menindaklanjuti hasil penilaian supervise akademik dengan mengefektifkan dan
lebih mengaktifkan MGMP Sekolah,mengirim guru dalam pelatihan-pelatihan 4. Mampu
menindaklanjuti hasil penilaian supervise akademik dengan menyelenggarakan
worksop dan menundang nara sumber yang kompeten sesuai dengan hasil evaluasi
supervise akademik
|
1. Rencana Tindak
Lanjut hasil supervise akademik
2. Dokumen hasil
rencana tindak lanjut
3. Dokumen hasil pelaksanaan MGMP/Pelatihan guru
4. Dokumen pelaksanaan
Worksop dengan nara sumber yang
kompeten
|