MI MIFTAHUL HUDA JATIROTO KAYEN PATI JAWA TENGAH

Penilaian Kepala Sekolah Komponen 4 : Managemen Sumber Daya

 PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH


 

KOMPONEN 4         : MANAJEMEN SUMBER DAYA

NO

KRITERIA

INDIKATOR

BUKTI FISIK

1

Mengelola dan mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal

1.  Mampu membuat program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal (contoh: latar belakang pengelolaan dan pendayagunaan, apa tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya, ciri-ciri programnya menjawab  5W+1H). 

 

2.  Mampu melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal).

 

3.  Mampu membuat  evaluasi pelaksanaan  program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.

 

4.  Mampu membuat program tindak lanjut  pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.

 

1.    Program tahunan tentang pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.  

 

 

 

 

 

 

2.  Sk pembagian tugas tenaga pendidik dan kependidikan.

 

 

 

3.    Dokumen hasil supervise terhadap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.    

 

 

4.    Program tindak lanjut dari hasil supervise tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

·    Kuesioner

2

Mengelola dan mendayagunakan sarana dan prasarana sekolah/madrasah secara optimal demi kepentingan pembelajaran.

1. Mampu membuat program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran (contoh: latar belakang pengelolaan dan pendayagunaan, apa tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya, ciri-ciri programnya menjawab  5W+1H).

 

2. Mampu melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana  sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.

 

 

 

 

3. Mampu membuat  evaluasi pelaksanaan  program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.

 

 

 

4. Mampu membuat program tindak lanjut  pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara  optimal untuk kepentingan pembelajaran.

 

1.    Program sarana dan prasarana yang berwawasan lingkungan   menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.

 

 

 

 

2.    Dokumen hasil Pelaksanakan program sarana dan prasarana berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.

 

3.    Evaluasi pelaksanaan  program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.

 

 

4.    Program tindak lanjut dari hasil evaluasi  pelaksanaan  program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.

·    Kuesioner

3

Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntabilitas.

1.  Mampu membuat program  perencanaan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel (contoh: program  mengacu pada RKAS, ada skala prioritas,  ada media untuk publikasi, ada mekanisme  yang jelas dalam penggunaan).

 

2.  Mampu melaksanakan program perencanaan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.

 

 

 

 

3.  Mampu membuat pelaporan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.

 

4.  Mampu membuat  evaluasi  pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.

 

1.    program  perencanaan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.

 

 

 

2.    Dokumen hasil pelaksanaan  program pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel. 

 

 

3.  Dokumen pelaporan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.

 

4.  Dokumen hasil evaluasi  pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.

 

·         Kuesioner

4

Mengelola lingkungan sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan

1.  Mampu membuat program  berwawasan lingkungan  yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan (contoh program: ada latar belakang, tujuan, ada jadwal, ada lokasi, ada penanggung jawab, ada prosedur kerja, ada pembiayaannya).

 

2.  Mampu melaksanakan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.

 

 

 

3.  Mampu membuat evaluasi pelaksanaan  program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.

 

4.  Mampu membuat  program tindak lanjut dari hasil evaluasi  pelaksanaan  program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.

 

1.  Program sekolah yang berwawasan lingkungan   menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.

 

 

 

2.  Dokumen hasil Pelaksanakan program sekolah yang berwawasan lingkungan  menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.  

 

3.  Hasil Evaluasi pelaksanaan  program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.                                  

 

4.  Program rencana tindak lanjut  hasil evaluasi  pelaksanaan  program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.

·         Kuesioner

5

Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah

1.  Mampu membuat program kerja  ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah (contoh program: ada latar belakang, ada tujuan, ada jadwal, ada penataan tempat untuk pengarsipan, ada pembagian tugas, ada prosedur kerja, ada pembiayaannya).

2.  Mampu melaksanakan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.

 

 

 

 

 

3.  Mampu membuat evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.

 

 

 

 

4.  Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil  evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.

 

1.  Program kerja sekolah tentang ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.

 

 

 

2.    Dokumen hasil pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.

 

3.       Evaluasi hasil pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.                                      

 

4.    program rencana tindak lanjut  hasil  evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.

·         Kuesioner

6

Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.

1.    Mampu membuat program  sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan (contoh program : ada latar belakang, ada tujuan, ada jadwal, ada prosedur kerja, ada pembagian tugas, ada pembiayaan).

 

 

2.    Mampu melaksanakan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.

 

 

 

 

 

3.    Mampu membuat evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.

 

 

 

 

4.    Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.

 

1.    Program sekolah tentang sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.

 

 

 

2.    Dokumen hasil Pelaksanaan program  sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.  

 

 

3.    Evaluasi hasil  pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.                                                                                           

 

4.  program rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.

·         Kuesioner

7

Mengelola layanan-layanan khusus sekolah/madrasah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah.

1.  Mampu membuat  program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah (contoh program: ada latar belakang, tujuan, jenis layanan misal koperasi sekolah, kantin kejujuaran, kotak saran, ada prosedur operasional, ada penanggung jawab, ada pembiayaan).

 

 

 

2.  Mampu melaksanakan program layanan layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.

 

 

 

 

 

3.  Mampu membuat  evaluasi  program layanan layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.

 

 

4.  Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi  program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.

 

1.  Program sekolah tentang layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah

 

 

 

 

 

 

2.    Dokumen hasil Pelaksanaan program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.                                                                     

 

 

 

3.    Evaluasi hasil program layanan -layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah                                                                                       

 

4.    Program rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi  program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.

 

8

Memanfaatkaan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah

1.  Mampu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah (contoh: ada inovasi alat peraga pembelajaran, multimedia pembelajaran, memanfaatkan teknologi informasi dalam manajemen sekolah).

 

 

2.  Mampu memfasilitasi guru memanfaatkan  teknologi secara efektif  dalam kegiatan pembelajaran (contoh: pemanfaatan barang bekas menjadi alat peraga pembelajaran, memfasilitasi penggunaan OHP, LCD dan multimedia).

 

3.  Mampu memfasilitasi  tenaga administrasi sekolah memanfaatkan teknologi secara efektif    dalam menyelesaikan pekerjaan  administrasi sekolah (contoh: pemanfaatan komputer dan internet dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah).

4.  Mampu memfasilitasi guru dan   tenaga administrasi sekolah  dalam kreatifitas, inovasi sehingga pembelajaran dan manajemen sekolah semakin efektif sesuai dengan tuntutan perubahan.

 

1.      Observasi visualisasi pemanfaatan teknologi secara efektif dalam pembelajaran dan manajemen sekolah. 

 

 

 

 

 

2.      Dokumen pemanfaatan   teknologi secara efektif  dalam kegiatan pembelajaran.                                                             

 

 

 

 

3.    Pemanfaatan teknologi oleh Tenaga administrasi sekolah   memanfaatkan teknologi secara efektif.

 

 

4.    Dokumen penggunaan teknologi oleh PTK..

 

·         Kuesioner