PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH
KOMPONEN 4 : MANAJEMEN SUMBER DAYA
NO |
KRITERIA |
INDIKATOR |
BUKTI
FISIK |
1 |
Mengelola
dan mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal |
1. Mampu
membuat program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga
kependidikan secara optimal (contoh: latar belakang pengelolaan dan
pendayagunaan, apa tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya, ciri-ciri
programnya menjawab 5W+1H).
2. Mampu
melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga
kependidikan secara optimal).
3. Mampu
membuat evaluasi pelaksanaan program pengelolaan dan pendayagunaan
pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.
4. Mampu
membuat program tindak lanjut
pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara
optimal. |
1.
Program tahunan tentang pengelolaan dan
pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
2. Sk pembagian tugas
tenaga pendidik dan kependidikan.
3.
Dokumen hasil supervise terhadap tenaga pendidik dan
tenaga kependidikan.
4.
Program tindak lanjut dari hasil supervise tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan. · Kuesioner |
2 |
Mengelola
dan mendayagunakan sarana dan prasarana sekolah/madrasah secara optimal demi
kepentingan pembelajaran. |
1. Mampu
membuat program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana
sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran (contoh: latar belakang
pengelolaan dan pendayagunaan, apa tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya,
ciri-ciri programnya menjawab 5W+1H).
2. Mampu
melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan
pembelajaran.
3. Mampu
membuat evaluasi pelaksanaan program pengelolaan dan pendayagunaan
sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.
4. Mampu
membuat program tindak lanjut
pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran. |
1.
Program sarana dan prasarana yang
berwawasan lingkungan menjamin
keamanan, keselamatan dan kesehatan.
2.
Dokumen hasil Pelaksanakan program
sarana dan prasarana berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan
dan kesehatan.
3.
Evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin
keamanan, keselamatan dan kesehatan.
4.
Program tindak lanjut dari hasil
evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin
keamanan, keselamatan dan kesehatan. · Kuesioner |
3 |
Mengelola
keuangan sekolah/madrasah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan
akuntabilitas. |
1. Mampu
membuat program perencanaan pengelolaan
keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel
(contoh: program mengacu pada RKAS,
ada skala prioritas, ada media untuk
publikasi, ada mekanisme yang jelas
dalam penggunaan).
2. Mampu
melaksanakan program perencanaan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip
efisien, transparan, dan akuntabel.
3. Mampu
membuat pelaporan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien,
transparan, dan akuntabel.
4. Mampu
membuat evaluasi pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip
efisien, transparan, dan akuntabel. |
1.
program
perencanaan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien,
transparan, dan akuntabel.
2.
Dokumen hasil pelaksanaan program pengelolaan keuangan sekolah sesuai
prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
3.
Dokumen pelaporan pengelolaan keuangan
sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
4.
Dokumen hasil evaluasi pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip
efisien, transparan, dan akuntabel.
·
Kuesioner |
4 |
Mengelola
lingkungan sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan |
1. Mampu
membuat program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan
kesehatan (contoh program: ada latar belakang, tujuan, ada jadwal,
ada lokasi, ada penanggung jawab, ada prosedur kerja, ada pembiayaannya).
2. Mampu
melaksanakan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan,
keselamatan dan kesehatan.
3. Mampu
membuat evaluasi pelaksanaan program
berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
4. Mampu
membuat program tindak lanjut dari
hasil evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin
keamanan, keselamatan dan kesehatan. |
1. Program
sekolah yang berwawasan lingkungan
menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
2. Dokumen
hasil Pelaksanakan program sekolah yang berwawasan lingkungan menjamin keamanan, keselamatan dan
kesehatan.
3. Hasil
Evaluasi pelaksanaan program
berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
4. Program
rencana tindak lanjut hasil
evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin
keamanan, keselamatan dan kesehatan. ·
Kuesioner |
5 |
Mengelola
ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan
sekolah/madrasah |
1. Mampu
membuat program kerja ketatausahaan sekolah dalam
mendukung pencapaian tujuan sekolah (contoh program: ada latar belakang, ada
tujuan, ada jadwal, ada penataan tempat untuk pengarsipan, ada pembagian
tugas, ada prosedur kerja, ada pembiayaannya). 2. Mampu
melaksanakan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian
tujuan sekolah.
3. Mampu
membuat evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam
mendukung pencapaian tujuan sekolah.
4. Mampu
membuat program tindak lanjut dari hasil
evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam
mendukung pencapaian tujuan sekolah. |
1.
Program kerja sekolah tentang
ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
2.
Dokumen hasil pelaksanaan program kerja
ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
3.
Evaluasi hasil pelaksanaan program kerja
ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
4.
program rencana tindak lanjut hasil
evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam
mendukung pencapaian tujuan sekolah. ·
Kuesioner |
6 |
Mengelola
sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan
pengambilan keputusan. |
1. Mampu
membuat program sistem informasi sekolah dalam
mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan (contoh program : ada
latar belakang, ada tujuan, ada jadwal, ada prosedur kerja, ada pembagian
tugas, ada pembiayaan).
2. Mampu
melaksanakan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program
dan pengambilan keputusan.
3. Mampu
membuat evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung
penyusunan program dan pengambilan keputusan.
4. Mampu
membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program sistem
informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan
keputusan. |
1.
Program sekolah tentang sistem informasi
sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
2.
Dokumen hasil Pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung
penyusunan program dan pengambilan keputusan.
3.
Evaluasi hasil pelaksanaan program sistem informasi
sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
4.
program rencana tindak lanjut dari hasil
evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung
penyusunan program dan pengambilan keputusan. ·
Kuesioner |
7 |
Mengelola
layanan-layanan khusus sekolah/madrasah yang mendukung kegiatan pembelajaran
dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah. |
1. Mampu
membuat program layanan-layanan khusus sekolah
yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
(contoh program: ada latar belakang, tujuan, jenis layanan misal koperasi
sekolah, kantin kejujuaran, kotak saran, ada prosedur operasional, ada
penanggung jawab, ada pembiayaan).
2. Mampu
melaksanakan program layanan layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan
pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
3. Mampu
membuat evaluasi program layanan layanan khusus sekolah yang
mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
4. Mampu
membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi program layanan-layanan khusus sekolah yang
mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah. |
1. Program
sekolah tentang layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan
pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
2. Dokumen
hasil Pelaksanaan program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung
kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
3. Evaluasi
hasil program layanan -layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan
pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
4. Program
rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi
program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan
pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
|
8 |
Memanfaatkaan
teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen
sekolah/madrasah |
1. Mampu
mengoptimalkan pemanfaatan teknologi secara efektif dalam kegiatan
pembelajaran dan manajemen sekolah (contoh: ada inovasi alat peraga
pembelajaran, multimedia pembelajaran, memanfaatkan teknologi informasi dalam
manajemen sekolah).
2. Mampu
memfasilitasi guru memanfaatkan
teknologi secara efektif dalam
kegiatan pembelajaran (contoh: pemanfaatan barang bekas menjadi alat peraga
pembelajaran, memfasilitasi penggunaan OHP, LCD dan multimedia).
3. Mampu
memfasilitasi tenaga administrasi
sekolah memanfaatkan teknologi secara efektif dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah (contoh: pemanfaatan
komputer dan internet dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah). 4. Mampu
memfasilitasi guru dan tenaga
administrasi sekolah dalam
kreatifitas, inovasi sehingga pembelajaran dan manajemen sekolah semakin
efektif sesuai dengan tuntutan perubahan. |
1. Observasi
visualisasi pemanfaatan teknologi secara efektif dalam pembelajaran dan
manajemen sekolah.
2. Dokumen
pemanfaatan teknologi secara
efektif dalam kegiatan
pembelajaran.
3. Pemanfaatan
teknologi oleh Tenaga administrasi sekolah
memanfaatkan teknologi secara efektif.
4. Dokumen penggunaan
teknologi oleh PTK..
·
Kuesioner |