PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH
KOMPONEN 4         : MANAJEMEN SUMBER DAYA
| 
    NO  | 
   
    KRITERIA  | 
   
    INDIKATOR  | 
   
    BUKTI
   FISIK  | 
  
| 
   1  | 
  
   Mengelola
  dan mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal  | 
  
   1.  Mampu
  membuat program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga
  kependidikan secara optimal (contoh: latar belakang pengelolaan dan
  pendayagunaan, apa tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya, ciri-ciri
  programnya menjawab  5W+1H).   
 2.  Mampu
  melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga
  kependidikan secara optimal).  
 3.  Mampu
  membuat  evaluasi pelaksanaan  program pengelolaan dan pendayagunaan
  pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal. 
 4.  Mampu
  membuat program tindak lanjut 
  pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara
  optimal.  | 
  
   
 1.   
  Program tahunan tentang pengelolaan dan
  pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.    
 
 
 
 
 
 2.  Sk pembagian tugas
  tenaga pendidik dan kependidikan.  
 
 
 3.   
  Dokumen hasil supervise terhadap tenaga pendidik dan
  tenaga kependidikan.      
 
 4.   
  Program tindak lanjut dari hasil supervise tenaga
  pendidik dan tenaga kependidikan. ·    Kuesioner  | 
 
| 
   2  | 
  
   Mengelola
  dan mendayagunakan sarana dan prasarana sekolah/madrasah secara optimal demi
  kepentingan pembelajaran.  | 
  
   1. Mampu
  membuat program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana
  sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran (contoh: latar belakang
  pengelolaan dan pendayagunaan, apa tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya,
  ciri-ciri programnya menjawab  5W+1H).  
 2. Mampu
  melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana  sekolah secara optimal untuk kepentingan
  pembelajaran.  
 
 
 
 3. Mampu
  membuat  evaluasi pelaksanaan  program pengelolaan dan pendayagunaan
  sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.  
 
 
 4. Mampu
  membuat program tindak lanjut 
  pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara  optimal untuk kepentingan pembelajaran.  | 
  
   
 1.   
  Program sarana dan prasarana yang
  berwawasan lingkungan   menjamin
  keamanan, keselamatan dan kesehatan. 
 
 
 
 2.   
  Dokumen hasil Pelaksanakan program
  sarana dan prasarana berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan
  dan kesehatan.  
 3.   
  Evaluasi pelaksanaan  program berwawasan lingkungan yang menjamin
  keamanan, keselamatan dan kesehatan.  
 
 4.   
  Program tindak lanjut dari hasil
  evaluasi  pelaksanaan  program berwawasan lingkungan yang menjamin
  keamanan, keselamatan dan kesehatan. ·    Kuesioner  | 
 
| 
   3  | 
  
   Mengelola
  keuangan sekolah/madrasah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan
  akuntabilitas.  | 
  
   1.  Mampu
  membuat program  perencanaan pengelolaan
  keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel
  (contoh: program  mengacu pada RKAS,
  ada skala prioritas,  ada media untuk
  publikasi, ada mekanisme  yang jelas
  dalam penggunaan). 
 2.  Mampu
  melaksanakan program perencanaan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip
  efisien, transparan, dan akuntabel. 
 
 
 
 3.  Mampu
  membuat pelaporan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien,
  transparan, dan akuntabel.  
 4.  Mampu
  membuat  evaluasi  pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip
  efisien, transparan, dan akuntabel.  | 
  
   
 1.   
  program 
  perencanaan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien,
  transparan, dan akuntabel. 
 
 
 2.   
  Dokumen hasil pelaksanaan  program pengelolaan keuangan sekolah sesuai
  prinsip efisien, transparan, dan akuntabel. 
   
 
 3. 
  Dokumen pelaporan pengelolaan keuangan
  sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.  
 4. 
  Dokumen hasil evaluasi  pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip
  efisien, transparan, dan akuntabel. 
 ·        
  Kuesioner  | 
 
| 
   4  | 
  
   Mengelola
  lingkungan sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan  | 
  
   1.  Mampu
  membuat program  berwawasan lingkungan  yang menjamin keamanan, keselamatan dan
  kesehatan (contoh program: ada latar belakang, tujuan, ada jadwal,
  ada lokasi, ada penanggung jawab, ada prosedur kerja, ada pembiayaannya). 
 2.  Mampu
  melaksanakan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan,
  keselamatan dan kesehatan. 
 
 
 3.  Mampu
  membuat evaluasi pelaksanaan  program
  berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.  
 4.  Mampu
  membuat  program tindak lanjut dari
  hasil evaluasi  pelaksanaan  program berwawasan lingkungan yang menjamin
  keamanan, keselamatan dan kesehatan.  | 
  
   
 1.  Program
  sekolah yang berwawasan lingkungan  
  menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan. 
 
 
 2.  Dokumen
  hasil Pelaksanakan program sekolah yang berwawasan lingkungan  menjamin keamanan, keselamatan dan
  kesehatan.    
 3.  Hasil
  Evaluasi pelaksanaan  program
  berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.                                    
 4.  Program
  rencana tindak lanjut  hasil
  evaluasi  pelaksanaan  program berwawasan lingkungan yang menjamin
  keamanan, keselamatan dan kesehatan. ·        
  Kuesioner  | 
 
| 
   5  | 
  
   Mengelola
  ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan
  sekolah/madrasah  | 
  
   1.  Mampu
  membuat program kerja  ketatausahaan sekolah dalam
  mendukung pencapaian tujuan sekolah (contoh program: ada latar belakang, ada
  tujuan, ada jadwal, ada penataan tempat untuk pengarsipan, ada pembagian
  tugas, ada prosedur kerja, ada pembiayaannya). 2.  Mampu
  melaksanakan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian
  tujuan sekolah. 
 
 
 
 
 3.  Mampu
  membuat evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam
  mendukung pencapaian tujuan sekolah. 
 
 
 
 4.  Mampu
  membuat program tindak lanjut dari hasil 
  evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam
  mendukung pencapaian tujuan sekolah.  | 
  
   
 1. 
  Program kerja sekolah tentang
  ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah. 
 
 
 2.   
  Dokumen hasil pelaksanaan program kerja
  ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.  
 3.     
   Evaluasi hasil pelaksanaan program kerja
  ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.                                        
 4.   
  program rencana tindak lanjut  hasil 
  evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam
  mendukung pencapaian tujuan sekolah. ·        
  Kuesioner  | 
 
| 
   6  | 
  
   Mengelola
  sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan
  pengambilan keputusan.  | 
  
   1.    Mampu
  membuat program  sistem informasi sekolah dalam
  mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan (contoh program : ada
  latar belakang, ada tujuan, ada jadwal, ada prosedur kerja, ada pembagian
  tugas, ada pembiayaan). 
 
 2.    Mampu
  melaksanakan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program
  dan pengambilan keputusan.  
 
 
 
 
 3.    Mampu
  membuat evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung
  penyusunan program dan pengambilan keputusan. 
 
 
 
 4.    Mampu
  membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program sistem
  informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan
  keputusan.  | 
  
   
 1.   
  Program sekolah tentang sistem informasi
  sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan. 
 
 
 2.   
  Dokumen hasil Pelaksanaan program  sistem informasi sekolah dalam mendukung
  penyusunan program dan pengambilan keputusan.    
 
 3.   
  Evaluasi hasil  pelaksanaan program sistem informasi
  sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.                                                                                           
   
 4. 
  program rencana tindak lanjut dari hasil
  evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung
  penyusunan program dan pengambilan keputusan. ·        
  Kuesioner  | 
 
| 
   7  | 
  
   Mengelola
  layanan-layanan khusus sekolah/madrasah yang mendukung kegiatan pembelajaran
  dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah.   | 
  
   1.  Mampu
  membuat  program layanan-layanan khusus sekolah
  yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
  (contoh program: ada latar belakang, tujuan, jenis layanan misal koperasi
  sekolah, kantin kejujuaran, kotak saran, ada prosedur operasional, ada
  penanggung jawab, ada pembiayaan). 
 
 
 2.  Mampu
  melaksanakan program layanan layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan
  pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.  
 
 
 
 
 3.  Mampu
  membuat  evaluasi  program layanan layanan khusus sekolah yang
  mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah. 
 
 4.  Mampu
  membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi  program layanan-layanan khusus sekolah yang
  mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.  | 
  
   
 1.  Program
  sekolah tentang layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan
  pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah 
 
 
 
 
 
 2.    Dokumen
  hasil Pelaksanaan program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung
  kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.                                                                     
   
 
 
 3.    Evaluasi
  hasil program layanan -layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan
  pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah                                                                                       
   
 4.    Program
  rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi 
  program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan
  pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah. 
  | 
 
| 
   8  | 
  
   Memanfaatkaan
  teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen
  sekolah/madrasah  | 
  
   1.  Mampu
  mengoptimalkan pemanfaatan teknologi secara efektif dalam kegiatan
  pembelajaran dan manajemen sekolah (contoh: ada inovasi alat peraga
  pembelajaran, multimedia pembelajaran, memanfaatkan teknologi informasi dalam
  manajemen sekolah). 
 
 2.  Mampu
  memfasilitasi guru memanfaatkan 
  teknologi secara efektif  dalam
  kegiatan pembelajaran (contoh: pemanfaatan barang bekas menjadi alat peraga
  pembelajaran, memfasilitasi penggunaan OHP, LCD dan multimedia). 
 3.  Mampu
  memfasilitasi  tenaga administrasi
  sekolah memanfaatkan teknologi secara efektif    dalam menyelesaikan pekerjaan  administrasi sekolah (contoh: pemanfaatan
  komputer dan internet dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah). 4.  Mampu
  memfasilitasi guru dan   tenaga
  administrasi sekolah  dalam
  kreatifitas, inovasi sehingga pembelajaran dan manajemen sekolah semakin
  efektif sesuai dengan tuntutan perubahan.  | 
  
   
 1.      Observasi
  visualisasi pemanfaatan teknologi secara efektif dalam pembelajaran dan
  manajemen sekolah.   
 
 
 
 
 2.      Dokumen
  pemanfaatan   teknologi secara
  efektif  dalam kegiatan
  pembelajaran.                                                             
   
 
 
 
 3.    Pemanfaatan
  teknologi oleh Tenaga administrasi sekolah  
  memanfaatkan teknologi secara efektif.  
 
 4.    Dokumen penggunaan
  teknologi oleh PTK..  
 ·        
  Kuesioner  |