PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH
KOMPONEN 5 : KEWIRAUSAHAAN
NO |
KRITERIA |
INDIKATOR |
BUKTI
FISIK |
1 |
Menciptakan
inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah/ madrasah. |
1.
Mampu memfasilitasi kreatifitas dan inovasi yang
bermanfaat bagi pengembangan sekolah (contoh: memfasilitasi guru dalam
pembelajaran PAIKEM, memfasilitasi tenaga administrasi sekolah dalam
memanfaatkan teknologi informasi komunikasi). 2. Mampu
menerapkan kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan
sekolah.
3. Mampu
membudayakan kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan
sekolah.
4. Mampu
mengembangkan budaya kreatif, inovatif yang bermanfaat bagi pengembangan
sekolah. |
1.
Dokumen Hasil kegiatan
(MGMP Sekolah,Work shop,IHT,Lesson study)
2.
Observasi pemanfaatan hasil
inovasi dan kreatifitas
3.
Observasi membudayakan
hasil inovasi dan kreatifitas
4.
Observasi pengembangan
pembudayaan inovasi dan kreatifitas
|
2 |
Memiliki
motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya
sebagai pemimpin pembelajaran. |
1.
Mampu memberikan contoh kedisiplinan dan kinerja guru untuk mewujudkan visi dan misi
sukses sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin
pembelajaran (contoh: contoh mengajar
PAIKEM, ada kemauan yang kuat untuk mengembangkan diri, pelatihan
kepemimpinan, belajar dari kepala sekolah yang sukses). 2. Mampu
aktif dalam forum pertemuan ilmiah
untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin
pembelajaran (contoh: seminar pendidikan, karya tulis ilmiah). 3. Mampu
aktif dalam forum musyawarah/ kelompok
kerja kepala sekolah, MGMP dan organisasi profesi lainnya. 4. Mampu
memberikan keteladanan dan aktif dalam
pengembangan keprofesian berkelanjutan
(contoh: ada karya inovasi pendidikan, publikasi ilmiah, pengembangan
diri).
|
1.
Adiminstrasi pembelajaran
kepala sekolah
2.
Dokumen penugasan dan
sertifikat.
3.
Dokumen penugasan dan
sertifikat MKKS
4.
Dokumen hasil inovasi
pendidikan. |
3 |
Memotivasi
warga sekolah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya
masing-masing. |
1.
Mampu memotivasi
diri dalam melaksanakan tugas
pokok dan fungsinya sebagai kepala sekolah(contoh: antusias dalam melaksanakan tugas sebagai
guru, kepala sekolah). 2. Mampu
memotivasi siswa untuk
sukses. (contoh: menjadi contoh dalam berkata,bersikap dan bertindak
yang memotivasi misal memberi dorongan, memberi pujian, betutur kata
positif). 3. Mampu
memotivasi guru dalam melaksanakan
pembelajaran. (contoh: menjadi contoh dalam berkata, bersikap dan bertindak
yang memotivasi misal memberi dorongan, memberi pujian, betutur kata positif). 4. Mampu
memotivasi tenaga administrasi sekolah
dalam bekerja. (contoh: menjadi contoh dalam bersikap dan bertindak
yang memotivasi misal memberi dorongan,
memberi pujian, betutur kata
positif). |
1. Dokumen administrasi guru dan kepala sekolah
2. Dokumen pemberian reward kepada siswa
3. Dokumen pemberian reward kepada guru
4. Dokumen pemberian reward kepada tenaga administrasi
|
4 |
Pantang
menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang
dihadapi sekolah/madrasah. |
1.
Mampu berperilaku konsisten dan pantang menyerah
dalam menangani setiap permasalahan yang dihadapi sekolah (contoh: menegakkan
kedisiplinan dalam menangani guru dan
karyawan yang tingkat kehadirannya rendah). 2. Mampu
mengatasi dan menemukan solusi terbaik dalam setiap permasalahan yang
dihadapi sekolah (contoh: menangani konflik antar guru, konflik antar siswa). 3. Mampu
mengembangkan budaya konsisten dan
pantang menyerah dalam mengatasi
setiap permasalahan yang dihadapi sekolah.
4. Mampu
mengembangkan budaya silaturahmi, kekeluargaan dan selalu mencari solusi
terbaik dalam menghadapi setiap permasalahan di sekolah. |
1.
Buku catatan pembinaan PTK.
2.
Dokumen penanganan kasus
PTK dan siswa
3.
Dokumen pengembangan
sekolah dalam menghadapi kasus
4.
Dokumen pengembangan
sekolah dalam budaya silaturahmi
|
5 |
Menerapkan
nilai dan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengembangkan sekolah/madrasah. |
1.
Mampu mengembangkan sekolah dengan menerapkan prinsip-prinsip:
Inovatif dan kreatif. 2.
Kemandirian dan rasa percaya diri yang kuat.
3.
Kerja keras dan pantang menyerah. 4. Tanggap
pada perubahan dan berorientasi masa depan berdasar pada visi, misi, dan
tujuan sekolah. |
1.
Program Pengembangan
Sekolah (RPS)
2.
Dokumen penanganan
permasalahan /kasus 3.
Dokumen hasil kegiatan
sekolah 4.
Dokumen hasil kegiatan
pengembangan sekolah |