PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH
KOMPONEN 1                     : KEPRIBADIAN DAN SOSIAL
| 
    NO  | 
   
    KRITERIA  | 
   
    INDIKATOR  | 
   
    BUKTI
   FISIK  | 
  
| 
   1  | 
  
   Berakhlak
  mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan
  akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah  | 
  
   1. 
  Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama  yang dianutnya. 
 
 
 
 
 
 
 2. 
  Sikap dan perilaku keteladanan bagi warga
  sekolah. 
 
 
 3. 
  Empati terhadap masalah yang dihadapi warga
  sekolah. 
 
 
 4.  Kemampuan  mengembangkan budaya  senyum, salam, sapa, sopan, santun. 
 5.      Pengakuan
  dari warga sekolah terhadap keteladanannya  | 
  
   1.1.Jadwal sholat
  berjama’ah 1.2.Program kegiatan
  hari besar islam/keagamaan 1.3.Laporan pelaksanaan
  kegiatan 1.4.Photo kegiatan/
  Video 
 2.1  Tatib sekolah 2.2   Agenda kegiatan Kepala Sekolah 2.3  Daftar hadir 2.4  Laporan kerja  
 
 3.1   Catatan kegiatan
  social (kunjungan ke warga sekolah) 
 
 4.1  Adanya slogan 5 S 
 
 5.1    Adanya dukungan dari
  warga sekolah  
  | 
 
| 
   2  | 
  
   Melaksanakan
  tupoksi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen,
  dan integritas.  | 
  
   1. 
  Mampu menerapkan kejujuran dalam melaksanakan
  tugas pokok dan fungsinya. 
 2. 
  Mampu menerapkan 
  ketulusan dalam melaksanakan tugas 
  pokok dan fungsinya. 
 3. 
  Mampu menerapkan 
  komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas  pokok dan fungsinya. 4.  Mampu
  menerapkan integritas yang tinggi dalam melaksanakan  tugas pokok dan fungsinya.  | 
  
   1.1    Laporan kegiatan
  rutin 
 
 2.1   Daftar hadir Kepala sekolah 
 
 3.1  Program kerja kepala
  sekolah 3.2  Laporan hasil
  kegiatan 3.3  Dokumen prestasi  
 4.1  Buku catatan kasus
  dan solusinya Kuesioner  | 
 
| 
   3  | 
  
   Bersikap
  terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala
  sekolah/madrasah.  | 
  
   1. 
  Terbuka menerima pendapat, kritik dan saran dari
  pihak lain. 
 
 2. 
  melibatkan seluruh pemangku kepentingan  dalam penyusunan program sekolah 
 
 
 
 
 
 
 3. 
  terbuka dalam pengelolaan keuangan sekolah. 
 
 
 
 
 
 4.  terbuka
  dalam membangun  sistem informasi manajemen sekolah  | 
  
   1.1  Kotak saran 1.2  Media elektronik 1.3  Notula rapat 
 
 2.1  Undangan rapat
  penyusunan Program Sekolah 2.2  Daftar hadir dan
  Notulen rapat 2.3   Adanya rencana program sekolah jangka pendek
  , jangka  menengah dan jangka panjang 
 3.1  Adanya dokumen
  sosialisasi keuangan ke warga sekolah 3.2  Adanya program
  sekolah yang terpampang di media informasi 
 4.1  Adanya jaringan
  internet/email/website 
 
 Kuesioner  | 
 
| 
   4  | 
  
   Mengendalikan
  diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah/madrasah.  | 
  
   1. 
  Mampu mengendalikan emosi: a) sabar, b) tenang, c) bijaksana d) berjiwa besar 
 
 2.  Mampu
  menghadapi masalah    
 
 
 
 
 
 3.  Mampu
  memecahkan masalah. 
 
 
 
 4. 
  Mampu mengelola tantangan baru   | 
  
   1.1  
  Notulen rapat yang menunjukan adanya kamunikasi dengan warga sekolah 
 2.1 
  Notulen rapat yang menunjukan kesiapan menghadapi masalah 
 
 3.1    Notulen rapat yang
  menunjukan memecahkan masalah 
 4.1     Notulen rapat yang
  menunjukan siap menghadapi tantangan baru 
 
 Kuesioner  | 
 
| 
   5  | 
  
   Berpartisipasidalamkegiatansosialkemasyarakatan.  | 
  
   1. 
  Berperan aktif dalam pelaksanaan program
  pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan (contoh: donor darah, bencana alam
  dan lainnya). 
 2.  Berperan
  aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah (contoh: gotong
  royong, kerja bakti kebersihan lingkungan). 
 
 3.  Berperan
  aktif  dalam kegiatan sosial
  kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal (contoh: pengurus RT, RW dan
  lainnya). 
 
 4.  Berperan
  aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berkaitan pelestarian lingkungan
  hidup.  | 
  
   1.1    Program kegiatan
  social 1.2    Dokumen laporan
  kegiatan social kemasyarakatan 
 2.1 Program kegiatan
  sosial 2.2   Dokumen laporan kegiatan sosial
  kemasyarakatan di lingkungan sekolah 3.1   Surat keterangan sebagai pengurus
  RT/RW/DKM dll. 
 
 4.1    Adanya apotek
  hidup/green house 
 Kuesioner  | 
 
| 
   6  | 
  
   Tanggap
  dan peduli terhadap kepentingan orang
  atau kelompok
  lain.  | 
  
   1.     
  Mampu bersifat simpatik/tenggang rasa terhadap
  orang lain. 
 
 
 
 
 2.      Mampu
  bersifat empati/sambung rasa terhadap orang lain. 
 
 
 
 
 
 
 
 3.      Peduli
  terhadap kepentingan orang atau kelompok lain 
 
 
 
 
 
 
 
 4.      Mampu
  bersifat objektif dalam mengatasi konflik internal sekolah.  | 
  
   1.1  Memiliki aturan
  sekolah tentang tenggang rasa terhadap orang lain 1.2  Adanya dokumen
  kegiatan yang berkaitan dengan simpati 
 2.1  Memiliki aturan sekolah tentang empati
  terhadap orang lain 2.2  Adanya dokumen kegiatan yang berkaitan
  dengan empati 
 3.1             
  Memiliki aturan sekolah tentang kepedulian terhadap
  orang lain 3.2               
  Laporan kegiatan tentang kepedulian terhadap orang
  lain 
 4.1               
  Adanya berita acara penyelesaian konflik 4.2               
  Laporan penanganan konflik internal sekolah 
 Kuesioner 
  | 
 
| 
   7  | 
  
   Mengembangkan dan mengelola
  hubungan sekolah/madrasah
  dengan pihak lain
  di luar sekolah
  dalam
  rangka mendapatkan
  dukungan ide, sumber
  belajar,dan pembiayaan
  sekolah/madrasah.  | 
  
   1. 
  Mampu merencanakan kerjasama dengan lembaga
  pemerintah, swasta dan masyarakat. 
 2.  Mampu
  melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga
  pemerintah, swasta,Dunia Usaha Dunia
  Industri (DUDI),  dan masyarakat 3.  Mampu
  memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan
  masyarakat. 4. 
  Mampu memanfaatkan dukungan masyarakat untuk
  meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan
  profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif.  | 
  
   1.1
  Memiliki program kerja sama dengan Lembaga lain 
 2.1
  Adanya MOU dengan lembaga lain 
 
 
 3.1
  Memiliki dokumen kegiata 
 
 4.1  Memiliki dokumen
  dukungan dari komite sekolah 
 
 Kuesioner  |