PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH
KOMPONEN 1 : KEPRIBADIAN DAN SOSIAL
NO |
KRITERIA |
INDIKATOR |
BUKTI
FISIK |
1 |
Berakhlak
mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan
akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah |
1.
Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.
2.
Sikap dan perilaku keteladanan bagi warga
sekolah.
3.
Empati terhadap masalah yang dihadapi warga
sekolah.
4. Kemampuan mengembangkan budaya senyum, salam, sapa, sopan, santun.
5. Pengakuan
dari warga sekolah terhadap keteladanannya |
1.1.Jadwal sholat
berjama’ah 1.2.Program kegiatan
hari besar islam/keagamaan 1.3.Laporan pelaksanaan
kegiatan 1.4.Photo kegiatan/
Video
2.1 Tatib sekolah 2.2 Agenda kegiatan Kepala Sekolah 2.3 Daftar hadir 2.4 Laporan kerja
3.1 Catatan kegiatan
social (kunjungan ke warga sekolah)
4.1 Adanya slogan 5 S
5.1 Adanya dukungan dari
warga sekolah
|
2 |
Melaksanakan
tupoksi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen,
dan integritas. |
1.
Mampu menerapkan kejujuran dalam melaksanakan
tugas pokok dan fungsinya.
2.
Mampu menerapkan
ketulusan dalam melaksanakan tugas
pokok dan fungsinya.
3.
Mampu menerapkan
komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. 4. Mampu
menerapkan integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. |
1.1 Laporan kegiatan
rutin
2.1 Daftar hadir Kepala sekolah
3.1 Program kerja kepala
sekolah 3.2 Laporan hasil
kegiatan 3.3 Dokumen prestasi
4.1 Buku catatan kasus
dan solusinya Kuesioner |
3 |
Bersikap
terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala
sekolah/madrasah. |
1.
Terbuka menerima pendapat, kritik dan saran dari
pihak lain.
2.
melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam penyusunan program sekolah
3.
terbuka dalam pengelolaan keuangan sekolah.
4. terbuka
dalam membangun sistem informasi manajemen sekolah |
1.1 Kotak saran 1.2 Media elektronik 1.3 Notula rapat
2.1 Undangan rapat
penyusunan Program Sekolah 2.2 Daftar hadir dan
Notulen rapat 2.3 Adanya rencana program sekolah jangka pendek
, jangka menengah dan jangka panjang
3.1 Adanya dokumen
sosialisasi keuangan ke warga sekolah 3.2 Adanya program
sekolah yang terpampang di media informasi
4.1 Adanya jaringan
internet/email/website
Kuesioner |
4 |
Mengendalikan
diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah/madrasah. |
1.
Mampu mengendalikan emosi: a) sabar, b) tenang, c) bijaksana d) berjiwa besar
2. Mampu
menghadapi masalah
3. Mampu
memecahkan masalah.
4.
Mampu mengelola tantangan baru |
1.1
Notulen rapat yang menunjukan adanya kamunikasi dengan warga sekolah
2.1
Notulen rapat yang menunjukan kesiapan menghadapi masalah
3.1 Notulen rapat yang
menunjukan memecahkan masalah
4.1 Notulen rapat yang
menunjukan siap menghadapi tantangan baru
Kuesioner |
5 |
Berpartisipasidalamkegiatansosialkemasyarakatan. |
1.
Berperan aktif dalam pelaksanaan program
pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan (contoh: donor darah, bencana alam
dan lainnya).
2. Berperan
aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah (contoh: gotong
royong, kerja bakti kebersihan lingkungan).
3. Berperan
aktif dalam kegiatan sosial
kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal (contoh: pengurus RT, RW dan
lainnya).
4. Berperan
aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berkaitan pelestarian lingkungan
hidup. |
1.1 Program kegiatan
social 1.2 Dokumen laporan
kegiatan social kemasyarakatan
2.1 Program kegiatan
sosial 2.2 Dokumen laporan kegiatan sosial
kemasyarakatan di lingkungan sekolah 3.1 Surat keterangan sebagai pengurus
RT/RW/DKM dll.
4.1 Adanya apotek
hidup/green house
Kuesioner |
6 |
Tanggap
dan peduli terhadap kepentingan orang
atau kelompok
lain. |
1.
Mampu bersifat simpatik/tenggang rasa terhadap
orang lain.
2. Mampu
bersifat empati/sambung rasa terhadap orang lain.
3. Peduli
terhadap kepentingan orang atau kelompok lain
4. Mampu
bersifat objektif dalam mengatasi konflik internal sekolah. |
1.1 Memiliki aturan
sekolah tentang tenggang rasa terhadap orang lain 1.2 Adanya dokumen
kegiatan yang berkaitan dengan simpati
2.1 Memiliki aturan sekolah tentang empati
terhadap orang lain 2.2 Adanya dokumen kegiatan yang berkaitan
dengan empati
3.1
Memiliki aturan sekolah tentang kepedulian terhadap
orang lain 3.2
Laporan kegiatan tentang kepedulian terhadap orang
lain
4.1
Adanya berita acara penyelesaian konflik 4.2
Laporan penanganan konflik internal sekolah
Kuesioner
|
7 |
Mengembangkan dan mengelola
hubungan sekolah/madrasah
dengan pihak lain
di luar sekolah
dalam
rangka mendapatkan
dukungan ide, sumber
belajar,dan pembiayaan
sekolah/madrasah. |
1.
Mampu merencanakan kerjasama dengan lembaga
pemerintah, swasta dan masyarakat.
2. Mampu
melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga
pemerintah, swasta,Dunia Usaha Dunia
Industri (DUDI), dan masyarakat 3. Mampu
memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan
masyarakat. 4.
Mampu memanfaatkan dukungan masyarakat untuk
meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan
profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif. |
1.1
Memiliki program kerja sama dengan Lembaga lain
2.1
Adanya MOU dengan lembaga lain
3.1
Memiliki dokumen kegiata
4.1 Memiliki dokumen
dukungan dari komite sekolah
Kuesioner |