MI MIFTAHUL HUDA JATIROTO KAYEN PATI JAWA TENGAH

Penilaian Kepala Sekolah komponen 1 : Kepribadian dan sosial

 PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

 

KOMPONEN 1                     : KEPRIBADIAN DAN SOSIAL

NO

KRITERIA

INDIKATOR

BUKTI FISIK

1

Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah

1.  Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama  yang dianutnya.

 

 

 

 

 

 

 

2.  Sikap dan perilaku keteladanan bagi warga sekolah.

 

 

 

3.  Empati terhadap masalah yang dihadapi warga sekolah.

 

 

 

4.  Kemampuan  mengembangkan budaya  senyum, salam, sapa, sopan, santun.

 

5.      Pengakuan dari warga sekolah terhadap keteladanannya

1.1.Jadwal sholat berjama’ah

1.2.Program kegiatan hari besar islam/keagamaan

1.3.Laporan pelaksanaan kegiatan

1.4.Photo kegiatan/ Video

 

2.1  Tatib sekolah

2.2   Agenda kegiatan Kepala Sekolah

2.3  Daftar hadir

2.4  Laporan kerja

 

 

3.1   Catatan kegiatan social (kunjungan ke warga sekolah)

 

 

4.1  Adanya slogan 5 S

 

 

5.1    Adanya dukungan dari warga sekolah

 

2

Melaksanakan tupoksi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas.

1.  Mampu menerapkan kejujuran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

 

2.  Mampu menerapkan  ketulusan dalam melaksanakan tugas  pokok dan fungsinya.

 

3.  Mampu menerapkan  komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas  pokok dan fungsinya.

4.  Mampu menerapkan integritas yang tinggi dalam melaksanakan  tugas pokok dan fungsinya.

1.1    Laporan kegiatan rutin

 

 

2.1   Daftar hadir Kepala sekolah

 

 

3.1  Program kerja kepala sekolah

3.2  Laporan hasil kegiatan

3.3  Dokumen prestasi

 

4.1  Buku catatan kasus dan solusinya

Kuesioner

3

Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah.

1.  Terbuka menerima pendapat, kritik dan saran dari pihak lain.

 

 

2.  melibatkan seluruh pemangku kepentingan  dalam penyusunan program sekolah

 

 

 

 

 

 

 

3.  terbuka dalam pengelolaan keuangan sekolah.

 

 

 

 

 

 

4.  terbuka dalam membangun  sistem informasi manajemen sekolah

1.1  Kotak saran

1.2  Media elektronik

1.3  Notula rapat

 

 

2.1  Undangan rapat penyusunan Program Sekolah

2.2  Daftar hadir dan Notulen rapat

2.3   Adanya rencana program sekolah jangka pendek , jangka  menengah dan jangka panjang

 

3.1  Adanya dokumen sosialisasi keuangan ke warga sekolah

3.2  Adanya program sekolah yang terpampang di media informasi

 

4.1  Adanya jaringan internet/email/website

 

 

Kuesioner

4

Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah/madrasah.

1.  Mampu mengendalikan emosi:

a) sabar,

b) tenang,

c) bijaksana

d) berjiwa besar

 

 

2.  Mampu menghadapi masalah  

 

 

 

 

 

 

3.  Mampu memecahkan masalah.

 

 

 

 

4.  Mampu mengelola tantangan baru

1.1   Notulen rapat yang menunjukan adanya kamunikasi dengan warga sekolah

 

2.1  Notulen rapat yang menunjukan kesiapan menghadapi masalah

 

 

3.1    Notulen rapat yang menunjukan memecahkan masalah

 

4.1     Notulen rapat yang menunjukan siap menghadapi tantangan baru

 

 

Kuesioner

5

Berpartisipasidalamkegiatansosialkemasyarakatan.

1.  Berperan aktif dalam pelaksanaan program pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan (contoh: donor darah, bencana alam dan lainnya).

 

2.  Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah (contoh: gotong royong, kerja bakti kebersihan lingkungan).

 

 

3.  Berperan aktif  dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal (contoh: pengurus RT, RW dan lainnya).

 

 

4.  Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berkaitan pelestarian lingkungan hidup.

1.1    Program kegiatan social

1.2    Dokumen laporan kegiatan social kemasyarakatan

 

2.1 Program kegiatan sosial

2.2   Dokumen laporan kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah

3.1   Surat keterangan sebagai pengurus RT/RW/DKM dll.

 

 

4.1    Adanya apotek hidup/green house

 

Kuesioner

6

Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain.

1.      Mampu bersifat simpatik/tenggang rasa terhadap orang lain.

 

 

 

 

 

2.      Mampu bersifat empati/sambung rasa terhadap orang lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

3.      Peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain

 

 

 

 

 

 

 

 

4.      Mampu bersifat objektif dalam mengatasi konflik internal sekolah.

1.1  Memiliki aturan sekolah tentang tenggang rasa terhadap orang lain

1.2  Adanya dokumen kegiatan yang berkaitan dengan simpati

 

2.1  Memiliki aturan sekolah tentang empati terhadap orang lain

2.2  Adanya dokumen kegiatan yang berkaitan dengan empati

 

3.1              Memiliki aturan sekolah tentang kepedulian terhadap orang lain

3.2                Laporan kegiatan tentang kepedulian terhadap orang lain

 

4.1                Adanya berita acara penyelesaian konflik

4.2                Laporan penanganan konflik internal sekolah

 

Kuesioner

 

7

Mengembangkan dan mengelola hubungan sekolah/madrasah dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar,dan pembiayaan sekolah/madrasah.

1.  Mampu merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.

 

2.  Mampu melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga pemerintah,

swasta,Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI),  dan masyarakat

3.  Mampu memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan masyarakat.

4.  Mampu memanfaatkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif.

1.1 Memiliki program kerja sama dengan Lembaga lain

 

2.1 Adanya MOU dengan lembaga lain

 

 

 

3.1 Memiliki dokumen kegiata

 

 

4.1  Memiliki dokumen dukungan dari komite sekolah

 

 

Kuesioner