PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH
TAHUN
2018
KOMPONEN 3         : PENGEMBANGAN SEKOLAH.
| 
    NO  | 
   
    KRITERIA  | 
   
    INDIKATOR  | 
   
    BUKTI
   FISIK  | 
  
| 
   1  | 
  
   Menyusun
  rencana pengembangan sekolah/madrasah jangka panjang,
  menengah,dan pendek dalam
  rangka mencapai
  visi,misi,dan tujuan
  sekolah/madrasah.  | 
  
   1. 
  Mampu melibatkan semua unsur di sekolah dalam
  menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)/ Rencana Kerja Sekolah(RKS),
  dalam rangka mencapai visi,misi dan tujuan sekolah (contoh: membentuk Tim
  Pengembang Sekolah (TPS)).  
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 2.      Mampu
  mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sebagai bahan penyusunan rencana
  pengembangan sekolah. 3.  Mampu
  mengidentifikasi peluang dan tantangan sebagai bahan untuk mendiagnosis jenis
  kebutuhan yang diperlukan dalam perbaikan mutu sekolah.    4.  Mampu
  memimpin penyusunan rencana pengembangan sekolah dan membekali semua unsur di
  sekolah dalam pembuatan rencana pengembangan sekolah (contoh: pelatihan TPS
  dan pembuatan EDS).  | 
  
   1.1.SK.Kepala Sekolah
  tentang Tim Pengembang Sekolah 1.2.Program kerja TPS 1.3.Rencana Pengembangan
  sekolah(Jangka Panjang dan menengah) 1.4.Rencana Kerja
  Sekolah (RKS)/Jangka pendek 1.5.Rencana Anggaran
  Kerja Sekolah (RKAS) 1.6.Surat Undangan Rapat 1.7.Notulen Rapat  RKS RKAS 2.1.
  Strategic Planning dan  Analisis SWOT 
 
 3.1
  Program Analisis SWOT 
 
 
 
 4.1.Undangan rapat 4.2.Daftar hadir  4.3.Notulen rapat
  penyusunan EDS 4.4.Program EDS 
  | 
 
| 
   2  | 
  
   Mengembangkan struktur
  organisasi sekolah/madrasah yang
  efektif dan efisien
  sesuai dengan
  kebutuhan.  | 
  
   1. 
  Mampu menyusun struktur organisasi yang efektif
  dan efisien  sesuai dengan kebutuhan
  pengembangan sekolah. 2.  Mampu
  menyusun deskripsi  tugas setiap
  komponen dalam struktur organisasi. 3.  Mampu
  membuat pendelegasian tugas untuk memonitor pelaksanaan tugas setiap komponen
  dalam struktur organisasi.     4.  Mampu
  mengevaluasi struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan pengembangan
  sekolah.  | 
  
   1.1.Struktur organisasi
  sekolah 
 
 2.1. Job Description dari
  struktur organisasi 
 
 3.1. SK Kepala sekolah tentang
  penugasan guru dan TU 
 4.1.Hasil evaluasi kinerja dari
  setiap SK Penugasan  | 
 
| 
   3  | 
  
   Melaksanakan
  pengembangan sekolah/madrasah
  sesuai
  dengan
  rencana jangka panjang, menengah,dan
  jangka pendek
  sekolah menuju tercapainya visi,misi,dan
  tujuan sekolah.  | 
  
   1.  Mampu
  menyususn  Program  Rencana Kerja Sekolah (RKS/RPS) yang
  terdiri dari Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan
  (RKT), Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) dalam rangka mencapai visi,
  misi dan tujuan sekolah. 2.  Mampu
  melaksanaan program Rencana Kerja Sekolah (RKS) . 3.  Mampu
  mengevaluasi program Rencana Kerja Sekolah (RKS) . 4.  Mampu
  melaksanakan  program tindak lanjut
  Rencana Kerja Sekolah (RKS).  | 
  
   1.1.Dokumen hasil
  pelaksanaan kegiatan dari penugasan kepala sekolah 
 
 
 
 
 
 2.1. Dokumen hasil pelaksanaan
  RKS 
 3.1. Dokumen hasil Monev RKS 
 4.1. Program Tindak Lanjut RKS  | 
 
| 
   4  | 
  
   Mewujudkanpeningkatankinerjasekolahyangsignifikansesuai denganvisi,misi, tujuansekolahdanstandarnasional pendidikan.  | 
  
   1. 
  Mampu meningkatkan kinerja sekolah secara
  signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan
  bidang manajeria (contoh: peningkatan kinerja sekolah secara efektif dan
  efisien dibidang sarana prasarana, pengelolaan, pendidik dan tenaga
  kependidikan serta pembiayaan). 2.  Mampu
  meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi,
  tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik (contoh:  peningkatan kinerja sekolah  secara efektif dan efisien dibidang standar
  isi, SKL, standar proses, standar penilaian).  3. 
  Mampu membuat inovasi dalam rangka meningkatkan
  kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah
  yang berkaitan dengan bidang manajerial.  
 4. 
  Mampu membuat inovasi dalam rangka meningkatkan
  kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah
  yang berkaitan dengan bidang akademik.  | 
  
   1.1.Dokumen hasil
  peningkatan prestasi Akademik dan Non Akademik 
 
 
 
 
 
 
 2.1
  Dokumen hasil prestasi Guru,Siswa 
 
 
 
 
 
 3.1
  Program sekolah yang menunjukan pengembangan inovasi bidang manajerial  
 
 
 4.1  Program sekolah yang
  menunjukan pengembangan inovasi bidang akademik 4.2  Adanya hasil karya
  inovatif (media pembelajaran,alat peraga)  | 
 
| 
   5  | 
  
   Melakukanmonitoring,evaluasi,dan pelaporanpelaksanaanprogramkegiatan sekolah/madrasahdengan
  proseduryang tepat.  | 
  
   1. 
  Mampu melakukan monitoring pelaksanaan program
  kegiatan sekolah secara terprogram (contoh: ada program monitoring  yang memuat latar belakang, tujuan,
  prosedur, jadwal, penanggung jawab).  2.  Mampu
  melakukan evaluasi pelaksanaan program kegiatan sekolah secara terprogram
  (contoh: ada program evaluasi  yang
  memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal, penanggung jawab). 3.  Mampu
  membuat pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah. 4.  Mampu
  membuat  sistem monitoring, evaluasi
  dan pelaporan dengan prosedur yang tepat (contoh: menggunakan Paket
  Administrasi Sekolah )  | 
  
   1.1.Program
  monitoring,evaluasi,pelaporan 
 
 
 
 2.1. Dokumen pelaksanaan
  evaluasi 
 
 
 
 
 3.1. Dokumen pelaporan
  pelaksanaan 
 4.1.Dokumen sistem
  monitoring,evaluasi dan pelaporan  | 
 
| 
   6  | 
  
   Merencanakandanmenindaklanjutihasiilmonitoring,
  evaluasi,danpelaporan.  | 
  
   1. 
  Mampu membuat 
  program tindak lanjut monitoring,evaluasi dan pelaporan (contoh:
  program tindak lanjut sesuai dengan hasil monitoring, evaluasi,
  pelaporan).   2.  Mampu
  melaksanakan  program tindak lanjut
  monitoring, evaluasi dan pelaporan. 3.  Mampu
  mengevaluasi pelaksanaan   program
  tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan.   4.  Mampu
  membuat sistem  pelaksanaan   program tindak lanjut monitoring, evaluasi
  dan pelaporan (contoh: siklus penerapan paket administrasi sekolah).  | 
  
   1.1. Rencana tindak
  lanjut 
 
 
 2.1. Dokumen pelaksanaan
  program tindak lanjut 
 
 3.1. Dokumen evaluasi
  pelaksanaan tindak lanjut 
 4.1. Dokumen sistem program
  tindak lanjut monev  | 
 
| 
   7  | 
  
   Melaksanakanpenelitiantindakansekolah dalamrangkameningkatkankinerja
  sekolah/madrasah.  | 
  
   1. 
  Mampu membuat program penelitian tindakan
  sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah (contoh: program
  mendatangkan narasumber dalam membimbing workshop pembuatan PTS maupun PTK
  untuk  kepala sekolah dan guru,
  mempunyai program berkelanjutan PTS/PTK 
  melalui MGMP sekolah). 2.  Mampu
  melaksanakan  penelitian tindakan
  sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah. 3.  Mampu
  membuat evaluasi program penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka
  meningkatkan kinerja sekolah. 4.  Mampu
  membuat  program tindak lanjut
  penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.  | 
  
   1.1.Program kerja PTS
  dan PTK 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 2.1. Dokumen hasil PTS /PTK 
 
 3.1. Dokumen evaluasi PTS/PTK 
 
 4.1.Program tindak
  lanjut PTS/PTK  |