PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH
TAHUN
2018
KOMPONEN 3 : PENGEMBANGAN SEKOLAH.
NO |
KRITERIA |
INDIKATOR |
BUKTI
FISIK |
1 |
Menyusun
rencana pengembangan sekolah/madrasah jangka panjang,
menengah,dan pendek dalam
rangka mencapai
visi,misi,dan tujuan
sekolah/madrasah. |
1.
Mampu melibatkan semua unsur di sekolah dalam
menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)/ Rencana Kerja Sekolah(RKS),
dalam rangka mencapai visi,misi dan tujuan sekolah (contoh: membentuk Tim
Pengembang Sekolah (TPS)).
2. Mampu
mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sebagai bahan penyusunan rencana
pengembangan sekolah. 3. Mampu
mengidentifikasi peluang dan tantangan sebagai bahan untuk mendiagnosis jenis
kebutuhan yang diperlukan dalam perbaikan mutu sekolah. 4. Mampu
memimpin penyusunan rencana pengembangan sekolah dan membekali semua unsur di
sekolah dalam pembuatan rencana pengembangan sekolah (contoh: pelatihan TPS
dan pembuatan EDS). |
1.1.SK.Kepala Sekolah
tentang Tim Pengembang Sekolah 1.2.Program kerja TPS 1.3.Rencana Pengembangan
sekolah(Jangka Panjang dan menengah) 1.4.Rencana Kerja
Sekolah (RKS)/Jangka pendek 1.5.Rencana Anggaran
Kerja Sekolah (RKAS) 1.6.Surat Undangan Rapat 1.7.Notulen Rapat RKS RKAS 2.1.
Strategic Planning dan Analisis SWOT
3.1
Program Analisis SWOT
4.1.Undangan rapat 4.2.Daftar hadir 4.3.Notulen rapat
penyusunan EDS 4.4.Program EDS
|
2 |
Mengembangkan struktur
organisasi sekolah/madrasah yang
efektif dan efisien
sesuai dengan
kebutuhan. |
1.
Mampu menyusun struktur organisasi yang efektif
dan efisien sesuai dengan kebutuhan
pengembangan sekolah. 2. Mampu
menyusun deskripsi tugas setiap
komponen dalam struktur organisasi. 3. Mampu
membuat pendelegasian tugas untuk memonitor pelaksanaan tugas setiap komponen
dalam struktur organisasi. 4. Mampu
mengevaluasi struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan pengembangan
sekolah. |
1.1.Struktur organisasi
sekolah
2.1. Job Description dari
struktur organisasi
3.1. SK Kepala sekolah tentang
penugasan guru dan TU
4.1.Hasil evaluasi kinerja dari
setiap SK Penugasan |
3 |
Melaksanakan
pengembangan sekolah/madrasah
sesuai
dengan
rencana jangka panjang, menengah,dan
jangka pendek
sekolah menuju tercapainya visi,misi,dan
tujuan sekolah. |
1. Mampu
menyususn Program Rencana Kerja Sekolah (RKS/RPS) yang
terdiri dari Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan
(RKT), Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) dalam rangka mencapai visi,
misi dan tujuan sekolah. 2. Mampu
melaksanaan program Rencana Kerja Sekolah (RKS) . 3. Mampu
mengevaluasi program Rencana Kerja Sekolah (RKS) . 4. Mampu
melaksanakan program tindak lanjut
Rencana Kerja Sekolah (RKS). |
1.1.Dokumen hasil
pelaksanaan kegiatan dari penugasan kepala sekolah
2.1. Dokumen hasil pelaksanaan
RKS
3.1. Dokumen hasil Monev RKS
4.1. Program Tindak Lanjut RKS |
4 |
Mewujudkanpeningkatankinerjasekolahyangsignifikansesuai denganvisi,misi, tujuansekolahdanstandarnasional pendidikan. |
1.
Mampu meningkatkan kinerja sekolah secara
signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan
bidang manajeria (contoh: peningkatan kinerja sekolah secara efektif dan
efisien dibidang sarana prasarana, pengelolaan, pendidik dan tenaga
kependidikan serta pembiayaan). 2. Mampu
meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi,
tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik (contoh: peningkatan kinerja sekolah secara efektif dan efisien dibidang standar
isi, SKL, standar proses, standar penilaian). 3.
Mampu membuat inovasi dalam rangka meningkatkan
kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah
yang berkaitan dengan bidang manajerial.
4.
Mampu membuat inovasi dalam rangka meningkatkan
kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah
yang berkaitan dengan bidang akademik. |
1.1.Dokumen hasil
peningkatan prestasi Akademik dan Non Akademik
2.1
Dokumen hasil prestasi Guru,Siswa
3.1
Program sekolah yang menunjukan pengembangan inovasi bidang manajerial
4.1 Program sekolah yang
menunjukan pengembangan inovasi bidang akademik 4.2 Adanya hasil karya
inovatif (media pembelajaran,alat peraga) |
5 |
Melakukanmonitoring,evaluasi,dan pelaporanpelaksanaanprogramkegiatan sekolah/madrasahdengan
proseduryang tepat. |
1.
Mampu melakukan monitoring pelaksanaan program
kegiatan sekolah secara terprogram (contoh: ada program monitoring yang memuat latar belakang, tujuan,
prosedur, jadwal, penanggung jawab). 2. Mampu
melakukan evaluasi pelaksanaan program kegiatan sekolah secara terprogram
(contoh: ada program evaluasi yang
memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal, penanggung jawab). 3. Mampu
membuat pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah. 4. Mampu
membuat sistem monitoring, evaluasi
dan pelaporan dengan prosedur yang tepat (contoh: menggunakan Paket
Administrasi Sekolah ) |
1.1.Program
monitoring,evaluasi,pelaporan
2.1. Dokumen pelaksanaan
evaluasi
3.1. Dokumen pelaporan
pelaksanaan
4.1.Dokumen sistem
monitoring,evaluasi dan pelaporan |
6 |
Merencanakandanmenindaklanjutihasiilmonitoring,
evaluasi,danpelaporan. |
1.
Mampu membuat
program tindak lanjut monitoring,evaluasi dan pelaporan (contoh:
program tindak lanjut sesuai dengan hasil monitoring, evaluasi,
pelaporan). 2. Mampu
melaksanakan program tindak lanjut
monitoring, evaluasi dan pelaporan. 3. Mampu
mengevaluasi pelaksanaan program
tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan. 4. Mampu
membuat sistem pelaksanaan program tindak lanjut monitoring, evaluasi
dan pelaporan (contoh: siklus penerapan paket administrasi sekolah). |
1.1. Rencana tindak
lanjut
2.1. Dokumen pelaksanaan
program tindak lanjut
3.1. Dokumen evaluasi
pelaksanaan tindak lanjut
4.1. Dokumen sistem program
tindak lanjut monev |
7 |
Melaksanakanpenelitiantindakansekolah dalamrangkameningkatkankinerja
sekolah/madrasah. |
1.
Mampu membuat program penelitian tindakan
sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah (contoh: program
mendatangkan narasumber dalam membimbing workshop pembuatan PTS maupun PTK
untuk kepala sekolah dan guru,
mempunyai program berkelanjutan PTS/PTK
melalui MGMP sekolah). 2. Mampu
melaksanakan penelitian tindakan
sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah. 3. Mampu
membuat evaluasi program penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka
meningkatkan kinerja sekolah. 4. Mampu
membuat program tindak lanjut
penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah. |
1.1.Program kerja PTS
dan PTK
2.1. Dokumen hasil PTS /PTK
3.1. Dokumen evaluasi PTS/PTK
4.1.Program tindak
lanjut PTS/PTK |