MI MIFTAHUL HUDA JATIROTO KAYEN PATI JAWA TENGAH

Penilaian Kepala Sekolah Komponen 3 : Pengembangan Sekolah

 PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

TAHUN 2018

 

KOMPONEN 3         : PENGEMBANGAN SEKOLAH.

NO

KRITERIA

INDIKATOR

BUKTI FISIK

1

Menyusun rencana pengembangan sekolah/madrasah jangka panjang, menengah,dan pendek dalam rangka mencapai visi,misi,dan tujuan sekolah/madrasah.

1.  Mampu melibatkan semua unsur di sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)/ Rencana Kerja Sekolah(RKS), dalam rangka mencapai visi,misi dan tujuan sekolah (contoh: membentuk Tim Pengembang Sekolah (TPS)).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sebagai bahan penyusunan rencana pengembangan sekolah.

3.  Mampu mengidentifikasi peluang dan tantangan sebagai bahan untuk mendiagnosis jenis kebutuhan yang diperlukan dalam perbaikan mutu sekolah.  

4.  Mampu memimpin penyusunan rencana pengembangan sekolah dan membekali semua unsur di sekolah dalam pembuatan rencana pengembangan sekolah (contoh: pelatihan TPS dan pembuatan EDS).

1.1.SK.Kepala Sekolah tentang Tim Pengembang Sekolah

1.2.Program kerja TPS

1.3.Rencana Pengembangan sekolah(Jangka Panjang dan menengah)

1.4.Rencana Kerja Sekolah (RKS)/Jangka pendek

1.5.Rencana Anggaran Kerja Sekolah (RKAS)

1.6.Surat Undangan Rapat

1.7.Notulen Rapat  RKS RKAS

2.1. Strategic Planning dan  Analisis SWOT

 

 

3.1 Program Analisis SWOT

 

 

 

 

4.1.Undangan rapat

4.2.Daftar hadir

4.3.Notulen rapat penyusunan EDS

4.4.Program EDS

 

2

Mengembangkan struktur organisasi sekolah/madrasah yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan.

1.  Mampu menyusun struktur organisasi yang efektif dan efisien  sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah.

2.  Mampu menyusun deskripsi  tugas setiap komponen dalam struktur organisasi.

3.  Mampu membuat pendelegasian tugas untuk memonitor pelaksanaan tugas setiap komponen dalam struktur organisasi.   

4.  Mampu mengevaluasi struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah.

1.1.Struktur organisasi sekolah

 

 

2.1. Job Description dari struktur organisasi

 

 

3.1. SK Kepala sekolah tentang penugasan guru dan TU

 

4.1.Hasil evaluasi kinerja dari setiap SK Penugasan

3

Melaksanakan pengembangan sekolah/madrasah sesuai dengan rencana jangka panjang, menengah,dan jangka pendek sekolah menuju tercapainya visi,misi,dan tujuan sekolah.

1.  Mampu menyususn  Program  Rencana Kerja Sekolah (RKS/RPS) yang terdiri dari Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah.

2.  Mampu melaksanaan program Rencana Kerja Sekolah (RKS) .

3.  Mampu mengevaluasi program Rencana Kerja Sekolah (RKS) .

4.  Mampu melaksanakan  program tindak lanjut Rencana Kerja Sekolah (RKS).

1.1.Dokumen hasil pelaksanaan kegiatan dari penugasan kepala sekolah

 

 

 

 

 

 

2.1. Dokumen hasil pelaksanaan RKS

 

3.1. Dokumen hasil Monev RKS

 

4.1. Program Tindak Lanjut RKS

4

Mewujudkanpeningkatankinerjasekolahyangsignifikansesuai denganvisi,misi, tujuansekolahdanstandarnasional pendidikan.

1.  Mampu meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajeria (contoh: peningkatan kinerja sekolah secara efektif dan efisien dibidang sarana prasarana, pengelolaan, pendidik dan tenaga kependidikan serta pembiayaan).

2.  Mampu meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik (contoh:  peningkatan kinerja sekolah  secara efektif dan efisien dibidang standar isi, SKL, standar proses, standar penilaian).

3.  Mampu membuat inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajerial.

 

4.  Mampu membuat inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik.

1.1.Dokumen hasil peningkatan prestasi Akademik dan Non Akademik

 

 

 

 

 

 

 

2.1 Dokumen hasil prestasi Guru,Siswa

 

 

 

 

 

 

3.1 Program sekolah yang menunjukan pengembangan inovasi bidang manajerial

 

 

 

4.1  Program sekolah yang menunjukan pengembangan inovasi bidang akademik

4.2  Adanya hasil karya inovatif (media pembelajaran,alat peraga)

5

Melakukanmonitoring,evaluasi,dan pelaporanpelaksanaanprogramkegiatan sekolah/madrasahdengan proseduryang tepat.

1.  Mampu melakukan monitoring pelaksanaan program kegiatan sekolah secara terprogram (contoh: ada program monitoring  yang memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal, penanggung jawab).

2.  Mampu melakukan evaluasi pelaksanaan program kegiatan sekolah secara terprogram (contoh: ada program evaluasi  yang memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal, penanggung jawab).

3.  Mampu membuat pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah.

4.  Mampu membuat  sistem monitoring, evaluasi dan pelaporan dengan prosedur yang tepat (contoh: menggunakan Paket Administrasi Sekolah )

1.1.Program monitoring,evaluasi,pelaporan

 

 

 

 

2.1. Dokumen pelaksanaan evaluasi

 

 

 

 

 

3.1. Dokumen pelaporan pelaksanaan

 

4.1.Dokumen sistem monitoring,evaluasi dan pelaporan

6

Merencanakandanmenindaklanjutihasiilmonitoring, evaluasi,danpelaporan.

1.  Mampu membuat  program tindak lanjut monitoring,evaluasi dan pelaporan (contoh: program tindak lanjut sesuai dengan hasil monitoring, evaluasi, pelaporan). 

2.  Mampu melaksanakan  program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan.

3.  Mampu mengevaluasi pelaksanaan   program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan. 

4.  Mampu membuat sistem  pelaksanaan   program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan (contoh: siklus penerapan paket administrasi sekolah).

1.1. Rencana tindak lanjut

 

 

 

2.1. Dokumen pelaksanaan program tindak lanjut

 

 

3.1. Dokumen evaluasi pelaksanaan tindak lanjut

 

4.1. Dokumen sistem program tindak lanjut monev

7

Melaksanakanpenelitiantindakansekolah dalamrangkameningkatkankinerja sekolah/madrasah.

1.  Mampu membuat program penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah (contoh: program mendatangkan narasumber dalam membimbing workshop pembuatan PTS maupun PTK untuk  kepala sekolah dan guru, mempunyai program berkelanjutan PTS/PTK  melalui MGMP sekolah).

2.  Mampu melaksanakan  penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.

3.  Mampu membuat evaluasi program penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.

4.  Mampu membuat  program tindak lanjut penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.

1.1.Program kerja PTS dan PTK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1. Dokumen hasil PTS /PTK

 

 

3.1. Dokumen evaluasi PTS/PTK

 

 

4.1.Program tindak lanjut PTS/PTK