LEMBAR
KERJA
PENELAAHAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Identitas
RPP yang ditelaah: …………………………………
Berilah
tanda cek ( V) pada kolom skor (1, 2, 3 ) sesuai dengan kriteria yang
tertera pada kolom tersebut! Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP
sesuai penilaian Anda!
No.
|
Komponen
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
|
Hasil Penelaahan dan Skor
|
Catatan
|
||
|
|
1
|
2
|
3
|
|
A
|
Identitas Mata Pelajaran
|
Tidak Ada
|
Kurang Lengkap
|
Sudah
Lengkap
|
|
1.
|
Satuan
pendidikan,kelas, semester, tema, sub
tema jumlah pertemuan.
|
|
|
|
|
B.
|
Perumusan
Indikator
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan SKL,KI dan KD.
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian penggunaan kata kerja
operasional dengan kompetensi yang
diukur.
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian dengan aspek sikap,
pengetahuan, dan keterampilan.
|
|
|
|
|
C.
|
Perumusan Tujuan Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan
proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai.
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan kompetensi
dasar.
|
|
|
|
|
D.
|
Pemilihan Materi Ajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan tujuan
pembelajaran
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan
karakteristik peserta didik.
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian dengan alokasi waktu.
|
|
|
|
|
E.
|
Pemilihan Sumber Belajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan KI dan KD.
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian
dengan materi pembelajaran dan pendekatan scientific.
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian dengan
karakteristik peserta didik.
|
|
|
|
|
F.
|
Pemilihan Media Belajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan tujuan
pembelajaran.
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian
dengan materi pembelajaran dan pendekatan scientific.
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian dengan
karakteristik peserta didik.
|
|
|
|
|
G.
|
Model Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan tujuan
pembelajaran.
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan pendekatan Scientific.
|
|
|
|
|
H.
|
Skenario
Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti,
dan penutup dengan jelas.
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian
kegiatan dengan pendekatan scientific.
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian penyajian dengan sistematika materi.
|
|
|
|
|
4.
|
Kesesuaian
alokasi waktu dengan cakupan materi.
|
|
|
|
|
I.
|
Penilaian
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan teknik
dan bentuk penilaian autentik.
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan
dengan indikator pencapaian kompetensi.
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian kunci jawaban dengan soal.
|
|
|
|
|
4.
|
Kesesuaian pedoman
penskoran dengan soal.
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
RUBRIK
PENILAIAN TELAAH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Rubrik penilaian RPP digunakan fasilitator
untuk menilai RPP peserta yang digunakan peerteaching.
Selanjutnya nilai RPP dimasukkan ke dalam nilai portofolio peserta.
Langkah-langkah penilaian RPP sebagai
berikut.
1.
Cermati
format penilaian RPP dan RPP yang akan dinilai!
2. Berikan
nilai setiap komponen RPP dengan cara
membubuhkan tanda cek (√) pada kolom
pilihan skor (1 ), (2) dan (3) sesuai dengan penilaian Anda terhadap RPP
tersebut!
3. Berikan
catatan khusus atau saran perbaikan
setiap komponen RPP jika diperlukan!
4. Setelah
selesai penilaian, jumlahkan skor seluruh komponen!
5. Tentukan
nilai RPP menggunakan rumus sbb:
PERINGKAT
|
NILAI
|
Amat Baik ( A)
|
90 < A ≤ 100
|
Baik (B)
|
75 < B < 90
|
Cukup (C)
|
60 < C < 75
|
Kurang (K)
|
< 60
|