MI MIFTAHUL HUDA JATIROTO KAYEN PATI JAWA TENGAH


LEMBAR KERJA
PENELAAHAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Identitas RPP yang ditelaah: …………………………………

Berilah   tanda cek ( V) pada kolom skor (1, 2, 3 ) sesuai dengan kriteria yang tertera pada kolom tersebut!  Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP sesuai penilaian Anda!

No.
Komponen
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Hasil Penelaahan dan Skor
Catatan


1
2
3
A
Identitas Mata Pelajaran
Tidak Ada 
Kurang Lengkap 
Sudah
 Lengkap

1.
Satuan pendidikan,kelas, semester, tema, sub tema jumlah pertemuan.




B.
Perumusan  Indikator
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
 Kesesuaian dengan SKL,KI dan KD.




2.
Kesesuaian penggunaan kata kerja opera­sional dengan kompetensi yang diukur.




3.
Kesesuaian dengan aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.




C.
Perumusan Tujuan Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian  dengan  proses dan ha­sil belajar yang diharapkan dicapai.




2.
Kesesuaian dengan kompetensi dasar.




D.
Pemilihan Materi Ajar
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik.




3.
Kesesuaian  dengan alokasi waktu.




E.
Pemilihan Sumber Belajar
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan KI dan KD.




2.
 Kesesuaian   dengan  materi pembelajaran dan pendekatan scientific.




3.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik.




F.
Pemilihan Media Belajar
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran.




2.
 Kesesuaian   dengan materi pembelajaran dan pendekatan scientific.




3.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik.




G.
Model Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran.




2.
Kesesuaian dengan pendekatan Scientific.




H.
Skenario  Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Menampilkan kegiatan   pendahuluan, inti, dan penutup dengan jelas.




2.
Kesesuaian kegiatan  dengan  pendekatan scientific.




3.
Kesesuaian penyajian dengan   sistematika materi.




4.
Kesesuaian alokasi waktu  dengan cakupan materi.




I.
Penilaian
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan  teknik  dan bentuk penilaian autentik.




2.
Kesesuaian  dengan  dengan indikator pencapaian kompetensi.




3.
Kesesuaian kunci jawaban  dengan soal.




4.
Kesesuaian pedoman penskoran  dengan soal.




Jumlah




Rounded Rectangle: Komentar terhadap RPP secara umum.
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... 
 



Text Box: R-3.1/3.2 


RUBRIK
PENILAIAN TELAAH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Rubrik penilaian RPP digunakan fasilitator untuk menilai RPP peserta yang digunakan peerteaching. Selanjutnya nilai RPP dimasukkan ke dalam nilai portofolio peserta.
Langkah-langkah penilaian RPP sebagai berikut.
1.       Cermati format penilaian RPP dan RPP yang akan dinilai!
2.       Berikan nilai  setiap komponen RPP dengan cara membubuhkan tanda cek (√) pada kolom  pilihan skor  (1 ), (2) dan (3)  sesuai dengan penilaian Anda terhadap RPP tersebut!
3.       Berikan catatan khusus atau saran perbaikan  setiap komponen RPP jika diperlukan!
4.       Setelah selesai penilaian, jumlahkan skor seluruh komponen!
5.       Tentukan nilai RPP menggunakan rumus sbb:



PERINGKAT
NILAI
Amat Baik ( A)
 90 < A ≤ 100
Baik  (B)
75 < B < 90
Cukup (C)
 60 <  C  <  75
Kurang (K)
< 60