MI MIFTAHUL HUDA JATIROTO KAYEN PATI JAWA TENGAH

Contoh RPP Karakter



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   MI Miftahul Huda Jatiroto
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                  
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               :  2 (Dua)
Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit (1 pertemuan).

Standar Kompetensi**                       
3. Memahami kebebasan berorganisasi

Kompetensi Dasar
3.2  Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.

A.  Indikator
1. Siswa dapat menyebutkan berbagai macam organisasi di masyarakat,
2. Siswa dapat  menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib organisasi-organisasi tersebut. 

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian     ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur      ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

B.   Materi Ajar
Contoh-contoh organisasi di sekolah dan masyarakat, beserta tujuan, anggota, struktur, tata tertib, dan fungsi organisasi tersebut bagi individu dan masyarakat

C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi kelas.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran. , presensi, apersepsi
     Memberikan motivasi dan menjelaskan  tujuan pembelajaran
     Guru bertanya jawab kepada siswa tentang berbagai organisasi yang ada di lingkungan tempat tinggal siswa atau organisasi apa saja yang diketahui oleh siswa (misalnya posyandu, karang taruna, lembaga les piano, atau klub sepak bola). 


§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diajak menyebutkan berbagai organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat dengan berani.
F Guru memberikan ceramah kepada siswa tentang fungsi organisasi-organisasi di sekolah dan masyarakat.
F Guru memberikan ceramah kepada siswa tentang manfaat bergabung dengan sebuah organisasi di sekolah atau masyarakat. .
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif; (integritas)
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar; (jujur/fair)
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; (tanggung jawab)
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; (respect)
F Guru memberi tugas kepada siswa untuk menuliskan 2 organisasi yang pernah, sedang, atau akan diikuti oleh siswa di lingkungan sekolah dan masyarakat, atau organisasi apa pun yang diketahui siswa. Tanggung jawab
F Siswa mengerjakan tugas.
F Guru memberi tugas kepada siswa untuk menuliskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib yang berlaku di kedua organisasi itu.
F Siswa mengerjakan tugas.
F Guru memeriksa pekerjaan siswa.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa ( respect)
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan (caring)
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.   Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
§  Teman.
§  Para pengurus dan anggota organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat.
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, masyarakat, dst.


               F.   Penilaian 
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat.
§ Tugas kelompok.
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian unjuk kerja.
§ Tujuan organisasi Pramuka adalah ...
§  Jelaskan perbedaan organisasi dan perkumpulan!
§  Sebutkan organisasi apa saja yang ada di sekolahmu!
§  Sebutkan organisasi masyarakat yang ada di sekitar rumahmu!


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap/Karakter yang ditentukan dalam indikator
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap/Karakter
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

****Keterangan untuk karakter dapat menggunakan kualitatif (BT: Belum Terlihat    MT: Mulai Terlihat    MB: Mulai Berkembang  MK: Membudaya

&  Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................2013.
Mengetahui                                                                             
  Kepala Madrasah                                               Guru Mapel PKN.



Imam Saku,S.pd.I                                                 Nur Khambali,S.Pd.I