RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(
R P P )
Nama Sekolah : MI Miftahul Huda Jatiroto
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V
(Lima)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi**
3. Memahami kebebasan berorganisasi
Kompetensi Dasar
3.2
Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
A. Indikator
1. Siswa
dapat menyebutkan berbagai macam organisasi di masyarakat,
2. Siswa
dapat menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib
organisasi-organisasi tersebut.
v Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun (
diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
Contoh-contoh organisasi di
sekolah dan masyarakat, beserta tujuan, anggota, struktur, tata tertib, dan fungsi organisasi tersebut bagi individu dan masyarakat.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§
Pendekatan Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§
Diskusi kelas.
§
Tanya jawab.
§
Ceramah.
§
Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§
Kegiatan
Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran. , presensi, apersepsi
–
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
–
Guru bertanya jawab kepada siswa tentang berbagai organisasi yang
ada di lingkungan tempat tinggal siswa atau organisasi apa saja yang diketahui
oleh siswa (misalnya posyandu, karang taruna, lembaga les piano, atau klub
sepak bola).
§
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Siswa
diajak menyebutkan berbagai organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan
masyarakat dengan berani.
F Guru
memberikan ceramah kepada siswa tentang fungsi organisasi-organisasi di sekolah
dan masyarakat.
F Guru
memberikan ceramah kepada siswa tentang manfaat bergabung dengan sebuah
organisasi di sekolah atau masyarakat. .
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif; (integritas)
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar; (jujur/fair)
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok; (tanggung jawab)
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; (respect)
F Guru memberi
tugas kepada siswa untuk menuliskan 2 organisasi yang pernah, sedang, atau akan
diikuti oleh siswa di lingkungan sekolah dan masyarakat, atau organisasi apa
pun yang diketahui siswa. Tanggung jawab
F Siswa
mengerjakan tugas.
F Guru memberi
tugas kepada siswa untuk menuliskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib
yang berlaku di kedua organisasi itu.
F Siswa
mengerjakan tugas.
F Guru memeriksa
pekerjaan siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa ( respect)
F Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (caring)
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru
bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk
mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru
membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan
Narasumber umum.)
§
Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
§
Teman.
§
Para pengurus dan anggota organisasi yang ada di sekolah dan
masyarakat.
§
Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, masyarakat, dst.
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan tujuan, anggota,
struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat.
|
§ Tugas kelompok.
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian unjuk kerja.
|
§ Tujuan organisasi Pramuka
adalah ...
§
Jelaskan perbedaan organisasi dan
perkumpulan!
§
Sebutkan organisasi apa saja yang ada
di sekolahmu!
§
Sebutkan organisasi masyarakat yang
ada di sekitar rumahmu!
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap/Karakter yang ditentukan dalam
indikator
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap/Karakter
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
****Keterangan untuk karakter dapat menggunakan kualitatif (BT:
Belum Terlihat MT: Mulai
Terlihat MB: Mulai Berkembang MK: Membudaya
& Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
v Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
............,
......................2013.
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel PKN.
Imam
Saku,S.pd.I Nur
Khambali,S.Pd.I