MI MIFTAHUL HUDA JATIROTO KAYEN PATI JAWA TENGAH

RPP IPA Terbaru berkarakter

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP II )
2012 / 2013
1. IDENTITAS
    Nama Madrasah                  : MI Miftahul Huda
    Alamat                                : Jatiroto – Kayen - Pati
    Mata Pelajaran                    : IPA
    Kelas / Semester                  : IV ( Empat ) / I ( Satu )
    Standar Kompetensi                       : 1.Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia    dengan fungsinya serta pemeliharaannya
    Kompetensi Dasar               : 1. 1 Mendiskripsikan hubungan antara struktur kerangka   tubuh manusia dan fungsinya
    Indikator                             : 1. 1.2 Menyebutkan macam macam sendi secara cermat mandiri dan percaya diri
    Alokasi Waktu                    : 2 x 35  menit ( 1 pertemuan )

2. TUJUAN PEMBELAJARAN
*   Murid dapat menyebutkan macam macam sendi letak serta kegunaannya dengan benar cermat mandiri dan percaya diri


3. MATERI PEMBELAJARAN
   *  Rangka manusia fungsi dan pemeliharaannya

4. METODE PEMBELAJARAN
    Ceramah, Tanya jawab, Cooperatif learning (kerja kelompok) dan Problim Solving (diskusi)
Nilai karakter yang diharapkan : Mandiri,Rasa ingin tahu,Kreatif,Kerja keras,Tanggung jawab,Gemar membaca,percaya diri,

5.KEGIATAN PEMBELAJARAN
   a. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
       Apersepsi
·         Murid menjawab salam dilanjutkan berdoa belajar bersama sebagai pengembangan karakter religius
·         Guru mengabsen kehadiran murid
·         Murid secara mandiri menyiapkan alat tulis dan buku teks IPA
·         Murid menjawab pertanyaan guru tentang devinisi rangka secara mandiri,percaya diri dan logis
·         Murid menjawab pertanyaan guru tentang macam macam rangka secara kritis dan logis
·         Murid menjawab pertanyaan guru tentang bagaimana rangka manusia bisa digerakkan secara kritis,kreatif inovatif
·         Murid menjawab pertanyaan guru tentang bagaimana pintu dan jendela bisa di buka secara logis
·         Murid menjawab pertanyaan guru tentang bagaimana bila tubuh kita semua terdiri dari tulang yang lurus tidak ada sambungannya dengan percaya diri dan rasa ingin tahu
·         Guru menjelaskan tujuan materi pembelajaran tsb
·         Guru  menyampaikan cakupan materi pembelajaran  tsb
·         Guru  membagi murid menjadi 4 kelompok
·         Guru menunjukan langkah-langkah pembelajaran saat ini dan memotivasi pentingnya belajar materi pembelajaran tsb.

   b. Kegiatan Inti  ( 45  menit )
       1) Eksplorasi : [ 10 menit ]
·           Dengan bimbingan guru serta rasa ingin tahu,kreatif dan cinta ilmu murid mencari informasi di dalam buku teks IPA dan Tanya jawab antar murid  atau  dengan guru tentang  materi pembelajaran tsb.                         
      2). Elaborasi  [30 menit ]
·           Dengan cermat,teliti serta mandiri Murid  membaca dalam hati isi materi hasil temuannya dan menulis dalam bukunya masing-masing.
·           Dengan penuh tanggung jawab dan rasa ingin tahu Tiap kelompok mendiskusikan isi materi pembelajaran  dan menulis didalam bukunya.
·           Dengan kritis serta menghargai keragaman Masing-masing murid diskusi sesuai kelompok , Guru menfasilitasi, mengamati dan menilai kegiatan diskusi tiap kelompok.
·           Dengan penuh percaya diri Masing-masing kelompok melaporkan  secara lesan  dan tertulis hasil diskusinya kepada guru dan teman-temanya serta menempelkan di papan pajangan.
·           Masing-masing kelompok menanggapi laporan kelompok lain secara kritis dan kreatif inovatif

       3) Konfirmasi : {5  menit }
§  Guru mengevaluasi kegiatan ekspolarasi dan evaluasi.
§  Guru memberi umpan balik positif dan penguatan dengan memberikan penghargaan tepuk tangan bersama-sama.
§  Guru meluruskan hasil temuan murid dan menjelaskan serta menyimpulkan isi materi macam macam sendi sesuai buku teks IPA dan sumber lain yang relevan

   c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
§  Bersama guru secara cermat dan mandiri murid merangkum isi materi pembelajaran tsb.
§  Secara percaya diri bersama siswa membaca rangkuman materi pembelajaran tsb.
§  Dengan percaya diri,teliti dan bertanggung jawab Murid menjawab pertanyaan  Postes
§  Bersama murid guru melakukan penilaian dan analisis hasil pembelajaran.
§  Guru membuat program  pelaksanaan tindaklanjut
§  Guru memberi tugas kelompok kepada murid untuk membuat tabel macam macam sendi dan fungsinya
Guru menyampaikan  materi pembelajaran pertemuan yang akan datang  yaitu  cara menjaga kesehatan rangka
§  Guru mengajak berdoa bersama kepada murid mudah-mudahan ilmu yang telah dipelajari bermanfa’at sebagai pengembangan karakter religius

6,.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
   a) Alat       : - Instrumen apersepsi.
                       - Lampiran LKS                                          
                       - Lembar rangkuman isi materi
                       - instrumen perangkat postes
                       - Lembar observasi diskusi siswa
                       - Buku analisis hasil pembelajaran dan buku remedial
   b) Sumber : - Buku teks IPA kelas IV untuk SD dan MI karangan Budi Wahyono,Setyo   Nurachmandani
                       - Buku teks Sains MI  Kelas IVA karangan Tim penulis Sains MI
                       - LKS An nur
                       - LKS Fokus
                       - Buku lain yang relevan    
7. PENILAIAN
    Tehnik penilaian : Lesan, Performent(perorangan), Tertulis, dan Tugas kelompok
RANGKUMAN MATERI PEMBELAJARAN
Hubungan antar tulang manusia disebut sendi.
Macam macam sendi manusia :
1.      Sendi engsel adalah sendi yg hanya dapat digerakkan ke satu arah.contoh : pada siku,lutut,antar ruas jari tangan,ruas jari kaki
2.    Sendi peluru adalah sendi yg memungkinkan gerakan kesemua arah. Contoh : pada ruas tulang leher,sendi pada panggul,
3.     Sendi pelana adalah sendi yg dapt digerakkan ke dua arah,yaitu samping dan depan,contoh : sendi antara tulang telapak tangan dan pangkal ibu jari,
4.    Sendi geser adalah persendian tempat ujung tulang yg satu menggeser ujung tulang yg lain.sendi geser hanya memungkinkan sedikit gerakan. Terdapat pada tulang hasta dan tulang pengumpil.
5.     Sendi putar adalah persendian tempat tulang yan satu berputar mengelilingi tulang lainnya yg bertindak sebagai poros.misalnya yg terdapat pada hubungan antara tulang leher dengan tulang tengkorak.
6.     Sendi mati adalah sendi yang terdapat pada tengkorak manusia

PERANGKAT APERSEPSI
Naskah soal ;
1.        Apakah rangka itu ?
2        Sebutkan macam macam rangka manusia !
1.        Bagaimana jika tubuh manusia tidak ada rangkanya ?
2.      Bagaimana pintu dan jendela bisa di buka dan di tutup ?
3.      Bagaimana jika seluruh tubuh kita terdiri dari tulang yang lurus dan tak ada sambungannnya ?
Kunci jawaban Apersepsi
1.        Rangka manusia adalah tersusun oleh tulang tulang yang saling bersambungan.
2.      Rangka kepala,rangka bandan,dan rangka anggota
3.      Tidak bisa berdiri tegak,tak bisa digerakkan
4.      Karena ada sambungannya yang di sebut engsel
5.      Tak akan bisa digerakkan.
Lembar Kerja Siswa
Bacalah buku teks IPA kls IV karangan Budi Wahyono,Setyo Nurrachmandani (BSE) dengan cermat, dan tulislah hal penting jika perlu.
Kerjakan tugas dibawah ini bersama teman sekelompok anda! Dengan waktu maksimal 25 menit.
Masing2 kelompok melaporkan hasil diskusi secara lesan dan tertulis kepada guru dan kelompok lain serta menempelkan pada papan pajangan. dilanjutkan kelompok lain menanggapinya secara lesan.
Description: C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\CAGCAT10\j0251301.wmfDemonstrasikan dengan teman kelompokmu dengan salah satu temanmu menjadi peraga,lakukan hal berikut !
·         Tunjukkan dimana letak sendi engsel,peluru,pelana,putar,geser
·         Bagaimana sifat dari masing masing sendi tersebut !

Tugas  tersetruktur
 Kerjakan bersama teman kelompokmu !
Buatlah tabel macam macam sendi dan fungsinya !




Post Tes
1.     Sambungan antar tulang disebut ..........
2.     Tulang manusia dapat digerakkan karena ada .......
3.     Sendi yang terdapat pada lutut adalah sendi .........
4.     Sendi yang menghubungkan antara rangka bahu dan tulang lengan atas adalah ..........
5.     Sendi yang menghubungkan tulang lengan atas dengan tulang hasta adalah ........
6.     Sendi engsel adalah ...........
7.     Sendi geser adalah ..........
8.      Pada rangka kepala juga terdapat sendi,yaitu sendi .........
9.     Ada sendi yang tak dapat di gerakkan yaitu sendi ........
10.            Sendi yanng dapat di gerakkan dua arah disebut sendi ..........

Kunci jawaban soal post test
1. sendi
2. sendinya
3. engsel
4. sendi peluru
5. sendi engsel
6. sendi yang dapat digerakkan satu arah
7. sendi yang dapat geraknya terbatas / sedikit gerakan
8. sendi mati
9. sendi mati
10.engsel








Jatiroto,12 Juni  2012
Mengetahui
Kepala MI Miftahul Huda                                                          Guru Mapel IPA


Imam Saeku S.Pd.I                                                                    Luluk Alfiatin S.Pd