RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP II )
2012 / 2013
1.
IDENTITAS
Nama Madrasah : MI
Miftahul Huda
Alamat :
Jatiroto – Kayen - Pati
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas / Semester :
IV ( Empat ) / I ( Satu )
Standar Kompetensi : 1.Memahami hubungan antara struktur organ
tubuh manusia dengan fungsinya serta
pemeliharaannya
Kompetensi Dasar : 1. 1 Mendiskripsikan hubungan antara struktur
kerangka tubuh manusia dan fungsinya
Indikator :
1. 1.2 Menyebutkan macam macam sendi secara cermat
mandiri dan percaya diri
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
2. TUJUAN
PEMBELAJARAN
*
Murid dapat menyebutkan macam macam sendi letak serta kegunaannya dengan
benar cermat mandiri dan percaya diri
3. MATERI PEMBELAJARAN
* Rangka manusia fungsi dan pemeliharaannya
4. METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya
jawab, Cooperatif learning (kerja kelompok) dan Problim Solving (diskusi)
Nilai karakter yang diharapkan : Mandiri,Rasa ingin
tahu,Kreatif,Kerja keras,Tanggung jawab,Gemar membaca,percaya diri,
5.KEGIATAN
PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
Apersepsi
·
Murid menjawab salam
dilanjutkan berdoa belajar bersama
sebagai pengembangan karakter religius
·
Guru mengabsen kehadiran murid
·
Murid secara mandiri menyiapkan alat tulis dan buku teks IPA
·
Murid
menjawab pertanyaan guru tentang devinisi rangka secara
mandiri,percaya diri dan logis
·
Murid menjawab pertanyaan guru tentang macam macam rangka secara kritis dan logis
·
Murid menjawab pertanyaan guru
tentang bagaimana rangka manusia bisa
digerakkan secara kritis,kreatif inovatif
·
Murid
menjawab pertanyaan guru tentang bagaimana pintu dan jendela bisa di buka secara logis
·
Murid
menjawab pertanyaan guru tentang bagaimana bila tubuh kita semua terdiri dari tulang
yang lurus tidak ada sambungannya dengan percaya diri
dan rasa ingin tahu
·
Guru menjelaskan tujuan materi pembelajaran tsb
·
Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran tsb
·
Guru membagi murid menjadi 4 kelompok
·
Guru menunjukan langkah-langkah
pembelajaran saat ini dan memotivasi pentingnya belajar materi pembelajaran tsb.
b. Kegiatan Inti ( 45 menit )
1) Eksplorasi
: [ 10 menit ]
·
Dengan bimbingan guru serta rasa ingin
tahu,kreatif dan cinta ilmu murid mencari
informasi di dalam buku teks IPA dan Tanya jawab antar murid atau
dengan guru tentang materi
pembelajaran tsb.
2). Elaborasi [30 menit ]
·
Dengan cermat,teliti serta mandiri Murid membaca dalam hati isi materi hasil temuannya
dan menulis dalam bukunya masing-masing.
·
Dengan penuh tanggung jawab dan rasa ingin tahu Tiap kelompok mendiskusikan isi materi pembelajaran dan menulis didalam bukunya.
·
Dengan kritis serta menghargai keragaman Masing-masing murid diskusi sesuai kelompok , Guru menfasilitasi,
mengamati dan menilai kegiatan diskusi tiap kelompok.
·
Dengan penuh percaya diri Masing-masing
kelompok melaporkan secara lesan dan tertulis hasil diskusinya kepada guru dan
teman-temanya serta menempelkan di papan pajangan.
·
Masing-masing kelompok
menanggapi laporan kelompok lain secara kritis dan kreatif inovatif
3) Konfirmasi
: {5 menit }
§
Guru mengevaluasi kegiatan ekspolarasi dan evaluasi.
§
Guru memberi umpan balik positif dan penguatan dengan
memberikan penghargaan tepuk tangan bersama-sama.
§
Guru meluruskan hasil temuan murid dan menjelaskan serta
menyimpulkan isi materi macam macam sendi sesuai buku teks IPA dan sumber lain
yang relevan
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
§
Bersama guru secara cermat dan mandiri murid
merangkum isi materi pembelajaran tsb.
§
Secara percaya diri bersama siswa membaca
rangkuman materi pembelajaran tsb.
§
Dengan percaya diri,teliti dan bertanggung jawab Murid menjawab pertanyaan
Postes
§
Bersama murid guru melakukan
penilaian dan analisis hasil pembelajaran.
§
Guru membuat program pelaksanaan tindaklanjut
§
Guru memberi tugas kelompok kepada murid
untuk membuat tabel macam macam sendi
dan fungsinya
Guru
menyampaikan materi pembelajaran
pertemuan yang akan datang yaitu cara
menjaga kesehatan rangka
§
Guru mengajak berdoa bersama
kepada murid mudah-mudahan ilmu yang telah dipelajari bermanfa’at sebagai pengembangan
karakter religius
6,.ALAT DAN SUMBER
BELAJAR
a) Alat : - Instrumen apersepsi.
- Lampiran LKS
- Lembar rangkuman isi materi
- instrumen perangkat postes
- Lembar observasi diskusi siswa
- Buku analisis hasil pembelajaran
dan buku remedial
b) Sumber : - Buku teks IPA kelas IV untuk
SD dan MI karangan Budi Wahyono,Setyo
Nurachmandani
- Buku teks Sains MI Kelas IVA
karangan Tim penulis Sains MI
- LKS An nur
- LKS Fokus
- Buku lain yang relevan
7. PENILAIAN
Tehnik penilaian
: Lesan, Performent(perorangan), Tertulis, dan Tugas kelompok
RANGKUMAN MATERI PEMBELAJARAN
Hubungan antar tulang manusia disebut sendi.
Macam macam sendi manusia :
1. Sendi engsel adalah sendi yg
hanya dapat digerakkan ke satu arah.contoh : pada siku,lutut,antar ruas jari
tangan,ruas jari kaki
2. Sendi peluru adalah sendi yg
memungkinkan gerakan kesemua arah. Contoh : pada ruas tulang leher,sendi pada
panggul,
3. Sendi pelana adalah sendi yg
dapt digerakkan ke dua arah,yaitu samping dan depan,contoh : sendi antara
tulang telapak tangan dan pangkal ibu jari,
4. Sendi geser adalah persendian
tempat ujung tulang yg satu menggeser ujung tulang yg lain.sendi geser hanya
memungkinkan sedikit gerakan. Terdapat pada tulang hasta dan tulang pengumpil.
5. Sendi putar adalah persendian
tempat tulang yan satu berputar mengelilingi tulang lainnya yg bertindak
sebagai poros.misalnya yg terdapat pada hubungan antara tulang leher dengan
tulang tengkorak.
6. Sendi mati adalah sendi yang
terdapat pada tengkorak manusia
PERANGKAT
APERSEPSI
Naskah soal ;
1.
Apakah rangka itu ?
2
Sebutkan macam macam rangka
manusia !
1.
Bagaimana jika tubuh manusia
tidak ada rangkanya ?
2. Bagaimana pintu dan jendela bisa di buka dan di tutup ?
3. Bagaimana jika seluruh tubuh kita terdiri dari tulang yang lurus
dan tak ada sambungannnya ?
Kunci jawaban Apersepsi
1.
Rangka manusia adalah tersusun
oleh tulang tulang yang saling bersambungan.
2. Rangka kepala,rangka bandan,dan rangka anggota
3. Tidak bisa berdiri tegak,tak bisa digerakkan
4. Karena ada sambungannya yang di sebut engsel
5. Tak akan bisa digerakkan.
Lembar Kerja
Siswa
Bacalah buku teks IPA kls IV karangan
Budi Wahyono,Setyo Nurrachmandani (BSE) dengan cermat, dan tulislah hal
penting jika perlu.
Kerjakan tugas dibawah ini bersama teman sekelompok anda! Dengan waktu
maksimal 25 menit.
Masing2 kelompok melaporkan hasil diskusi secara lesan dan tertulis
kepada guru dan kelompok lain serta menempelkan pada papan pajangan.
dilanjutkan kelompok lain menanggapinya secara lesan.
Demonstrasikan dengan teman kelompokmu dengan salah satu temanmu menjadi
peraga,lakukan hal berikut !
·
Tunjukkan
dimana letak sendi engsel,peluru,pelana,putar,geser
·
Bagaimana
sifat dari masing masing sendi tersebut !
Tugas tersetruktur
Kerjakan bersama teman kelompokmu !
Buatlah tabel
macam macam sendi dan fungsinya !
Post Tes
1. Sambungan antar tulang disebut
..........
2. Tulang manusia dapat digerakkan karena
ada .......
3. Sendi yang terdapat pada lutut adalah
sendi .........
4. Sendi yang menghubungkan antara rangka
bahu dan tulang lengan atas adalah ..........
5. Sendi yang menghubungkan tulang lengan
atas dengan tulang hasta adalah ........
6. Sendi engsel adalah ...........
7. Sendi geser adalah ..........
8. Pada rangka kepala juga terdapat sendi,yaitu
sendi .........
9. Ada sendi yang tak dapat di gerakkan
yaitu sendi ........
10.
Sendi yanng dapat di gerakkan dua arah disebut sendi ..........
Kunci jawaban soal post test
1. sendi
2. sendinya
3. engsel
4. sendi peluru
5. sendi engsel
6. sendi yang dapat digerakkan satu
arah
7. sendi yang dapat geraknya terbatas
/ sedikit gerakan
8. sendi mati
9. sendi mati
10.engsel
Jatiroto,12
Juni 2012
Mengetahui
Kepala MI
Miftahul Huda Guru Mapel IPA
Imam Saeku
S.Pd.I Luluk Alfiatin S.Pd