MI MIFTAHUL HUDA JATIROTO KAYEN PATI JAWA TENGAH

Metrik membangun madrasah berkarakter

MATRIK MEMBANGUN MADRASAH BERKARAKTER & UNGGUL

No
Indikator Program
Aktivitas Program Kegiatan
Output /Outcome
Keterangan
1.
Membangun madrasah berkarakter
1. Penyusunan   program   unggulan   karakter madrasah.
2. Penyusunan visi misi dan tujuan madrasah berbasis karakter.
3. Penyusunan                                  indikator                                  perilaku                                  dari program unggulan karakter madrasah.
4. Implementasi  program  unggulan  karakter madrasah (pedoman).
5. Penyusunan                                  perangkat                                  pembelajaran berbasis karakter (Dokumen II KTSP).
6. Penyusunan   pedoman   MOPD berbasis karakter untuk guru dan peserta didik.
7. Implementasi  pedoman  MOPDB  berbasis karakter untuk guru dan peserta didik.
8. Penyusunan modul pembelajaran berbasis karakter.
1. Tersusunnya   program   unggulan   karakter madrasah.
2. Tersusunnya visi misi dan tujuan madrasah berbasis karakter.
3. Tersusunnya                                   indikator                                   perilaku                                dari program unggulan karakter madrasah.
4. Terimplementasinya                                                 program                                                 unggulan karakter madrasah.
5. Tersusunnya                                   perangkat                                   pembelajaran berbasis karakter (Dokumen II KTSP).
6. Tersusunnya   pedoman   MOPD berbasis karakter untuk guru dan peserta didik.
7. Terimplementasinya                                                       pedoman                                                       MOPDB
berbasis karakter untuk guru dan peserta
8. Tersusunnya modul pembelajaran berbasis karakter.
1. Koordinasi   dengan   tim   pengembang   kurikulum tingkat satuan pendidikan (SK Kepala Madrasah).
2. Terbaca  dan  terpampang  di lingkungan  madrasah tentang indikator perilaku karakter madrasah.
3. Melakukan       kontrol       dan      evaluasi                             pelaksanaan implementasi karakter di madrasah.
4. Jadikan   indikator   perilaku   karakter   sebagai   ciri madrasah masing-masing.
5. Menjadikan  program  unggulan  karakter  menjadi kriteria kenaikan kelas.
2.
Membangun                                 madrasah unggul
1. Penyusunan program unggulan madrasah. a. Program unggulan PAI dan Bahasa Arab.
1) Penyusunan program unggul PAI dan
Bahasa Arab.
* baik akhlaknya
* Khusuk sholatnya
* Fasih baca tulis Al Qur'an


2) Penyusunan buku saku unggul PAI (3 aspek).
3) Implementasi unggul PAI.
1. Tersusunnya program unggulan madrasah.


a. Tersusunnya program unggulan PAI dan
Bahasa Arab.
1) Tersusunnya program unggul PAI dan
Bahasa Arab.
* Terwujudnya akhlak yang baik
* Terwujudnya sholat yang khusuk
* Terwujudnya baca tulis Al Qur'an yang fasih
2) Tersusunnya buku saku unggul PAI (3 aspek).
3) Terimplementasinya unggul PAI.
1.  Membuat buku saku PAI dan bahasa arab.


2.  Menjadikan kriteria kenaikan kelas.



No
Indikator Program
Aktivitas Program Kegiatan


b. Program unggulan mapel UN.


1)   Penyusunan                                        materi                                  U berbasis
SKLUN (skala prioritas 3 mapel UN).
2)  Penyusunan  program  implementasi mapel                      UN                      dalam                      pembelajaran
3)  Penentuan  tingkat  pencapaian  hasil
UN.
c. Program unggul ekstrakurikuler.


1) Penyusunan program unggul kegiatan ekstrakurikuler berbasis peserta didik.
2)  Penyusunan  pedoman  implementasi unggul kegiatan ekstrakurikuler.
3)        Implementasi            program            unggul kegiatan ekstrakurikuler.
Output /Outcome


b. Tersusunnya  program  unggulan  mapel
UN.
1)   Tersusunnya   materi   U berbasis
SKLUN (skala prioritas 3 mapel UN).
2)  Tersusunnya  program  implementasi mapel                 UN                      dalam    pembelajaran
3) Tercapainya tingkat pencapaian hasil
UN.
c. Tersusunnya               program                                         unggul ekstrakurikuler.
1) Tersusunnya program unggul kegiatan ekstrakurikuler berbasis peserta didik.
2) Tersusunnya  pedoman  implementasi unggul kegiatan ekstrakurikuler.
3) Terimplementasinya  program unggul kegiatan ekstrakurikuler.
Keterangan



3.
Pemetaan unggul kelas
1. Penyusunan       program                                unggulan                                kelas berbasis kompetensi peserta didik.
2. Implementasi       program                                   unggulan                                kelas berbasis kompetensi peserta didik.
1. Tersusunnya        program                                 unggulan      kelas berbasis kompetensi peserta didik.
2. Terimplementasinya        program                                                  unggulan kelas berbasis kompetensi peserta didik.

4.
Program unggul pembelajaran berbasis IT
1. Penyusunan                                    program                                    pembelajaran berbasis IT.
2. Implementasi pembelajaran berbasis IT.
1. Tersusunnya           program                                     pembelajaran berbasis IT.
2. Terimplementasinya pembelajaran berbasis
IT.
1.  Menyediakan LCD


2.  Menyediakan buku ajar berbasis powerpoint.