MATRIK MEMBANGUN MADRASAH BERKARAKTER & UNGGUL
No
|
Indikator Program
|
Aktivitas Program Kegiatan
|
Output /Outcome
|
Keterangan
|
1.
|
Membangun
madrasah berkarakter
|
1. Penyusunan program unggulan karakter
madrasah.
2. Penyusunan visi misi dan tujuan
madrasah berbasis karakter.
3. Penyusunan indikator perilaku dari program unggulan karakter madrasah.
4. Implementasi program unggulan
karakter madrasah (pedoman).
5. Penyusunan perangkat pembelajaran
berbasis karakter (Dokumen II KTSP).
6. Penyusunan pedoman MOPDB berbasis
karakter untuk guru dan peserta
didik.
7. Implementasi pedoman MOPDB
berbasis karakter untuk guru dan peserta didik.
8. Penyusunan modul pembelajaran berbasis
karakter.
|
1. Tersusunnya program unggulan karakter
madrasah.
2. Tersusunnya visi
misi dan tujuan madrasah berbasis karakter.
3. Tersusunnya indikator perilaku dari program unggulan karakter madrasah.
4. Terimplementasinya program unggulan karakter madrasah.
5. Tersusunnya perangkat pembelajaran
berbasis karakter (Dokumen II KTSP).
6. Tersusunnya pedoman MOPDB berbasis
karakter untuk guru dan peserta
didik.
7. Terimplementasinya pedoman
MOPDB
berbasis karakter
untuk guru dan peserta
8. Tersusunnya modul pembelajaran berbasis
karakter.
|
1. Koordinasi dengan tim
pengembang kurikulum tingkat satuan pendidikan (SK Kepala
Madrasah).
2. Terbaca
dan
terpampang di
lingkungan madrasah tentang indikator perilaku karakter madrasah.
3. Melakukan kontrol dan evaluasi pelaksanaan implementasi karakter
di madrasah.
4. Jadikan indikator perilaku karakter sebagai ciri
madrasah masing-masing.
5. Menjadikan
program
unggulan
karakter
menjadi kriteria kenaikan kelas.
|
2.
|
Membangun madrasah unggul
|
1. Penyusunan program unggulan madrasah. a. Program
unggulan PAI dan Bahasa
Arab.
1) Penyusunan program
unggul PAI dan
Bahasa
Arab.
* baik akhlaknya
* Khusuk sholatnya
* Fasih baca tulis Al Qur'an
2) Penyusunan buku saku unggul
PAI (3 aspek).
3) Implementasi unggul
PAI.
|
1. Tersusunnya program
unggulan madrasah.
a. Tersusunnya program unggulan PAI dan
Bahasa
Arab.
1) Tersusunnya program unggul PAI dan
Bahasa
Arab.
* Terwujudnya akhlak
yang baik
* Terwujudnya sholat
yang khusuk
* Terwujudnya baca tulis Al Qur'an
yang fasih
2) Tersusunnya buku
saku unggul PAI (3
aspek).
3) Terimplementasinya unggul PAI.
|
1. Membuat
buku saku PAI dan bahasa arab.
2. Menjadikan kriteria
kenaikan kelas.
|
No
|
Indikator Program
|
Aktivitas Program Kegiatan
b. Program unggulan mapel UN.
1) Penyusunan materi
UN
berbasis
SKLUN (skala prioritas 3 mapel
UN).
2) Penyusunan program implementasi mapel UN dalam pembelajaran
3) Penentuan tingkat pencapaian
hasil
UN.
c. Program unggul
ekstrakurikuler.
1) Penyusunan program unggul kegiatan
ekstrakurikuler berbasis peserta
didik.
2) Penyusunan
pedoman implementasi
unggul kegiatan ekstrakurikuler.
3) Implementasi
program unggul kegiatan ekstrakurikuler.
|
Output /Outcome
b. Tersusunnya program unggulan
mapel
UN.
1)
Tersusunnya materi UN berbasis
SKLUN (skala prioritas 3 mapel
UN).
2) Tersusunnya
program
implementasi mapel UN dalam pembelajaran
3) Tercapainya tingkat pencapaian hasil
UN.
c. Tersusunnya program unggul ekstrakurikuler.
1) Tersusunnya program
unggul kegiatan ekstrakurikuler berbasis peserta didik.
2) Tersusunnya
pedoman implementasi
unggul kegiatan ekstrakurikuler.
3) Terimplementasinya
program unggul
kegiatan ekstrakurikuler.
|
Keterangan
|
3.
|
Pemetaan unggul
kelas
|
1. Penyusunan program unggulan kelas berbasis kompetensi peserta
didik.
2. Implementasi program unggulan kelas berbasis kompetensi peserta
didik.
|
1. Tersusunnya program unggulan kelas berbasis kompetensi peserta
didik.
2. Terimplementasinya program unggulan kelas berbasis kompetensi peserta didik.
|
|
4.
|
Program unggul
pembelajaran berbasis
IT
|
1. Penyusunan program pembelajaran
berbasis IT.
2. Implementasi pembelajaran berbasis
IT.
|
1. Tersusunnya program pembelajaran
berbasis IT.
2. Terimplementasinya pembelajaran berbasis
IT.
|
1. Menyediakan LCD
2. Menyediakan buku ajar berbasis powerpoint.
|