KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
(KTSP)
[LOGO MADRASAH]
NAMA MADRASAH : ............................................
NSM : ............................................
NPSN : ............................................
STATUS AKREDITASI : ...........................................
ALAMAT : ...........................................
KOP MADRASAH
KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH .......................................
NOMOR: ……………………….
TENTANG
PENETAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
MADRASAH .......................................
TAHUN PELAJARAN .........................
KEPALA MADRASAH ........................................
Menimbang : a. bahwa Undang-undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan
pendidikan dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan
(SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional
Pendidikan (BSNP).
b. bahwa Madrasah.................... merupakan salah
satu satuan pendidikan madrasah di bawah binaan Kementerian Agama;
c. Berdasarkan petimbangan sebagaimana dimaksud
pada butir a dan b di atas, perlu menetapkan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan Madrasah............. Tahun Pelajaran ...................;
Mengingat : 1. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional;
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor
19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
3. Peraturan Menteri Agama
No. 2 tahun 2008, tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan
Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
4. Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi;
5. Peraturan Menteri Pedidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar
Kompetensi Lulusan;
6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2006 tentang
pelaksanaan Peraturan Mendiknas No 22 dan 23 tahun 2006;
7. Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian;
8. Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor:
DJ.II.1/PP.00/ED/681/2005 tanggal 1 Agustus 2006 tentang pelaksanaan Standar
Isi;
Memperhatikan : Masukan dan pertimbangan
Komite Madrasah, Pendidik, Tenaga Kependidikan dan seluruh pemangku kepentingan
madrasah pada Workshop Penyusunan KTSP Madrasah....................
Tahun Pelajaran .......................
tanggal .....................;
MEMUTUSKAN
MENETAPKAN : KEPUTUSAN
KEPALA MADRASAH ....................... TENTANG
PENETAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MADRASAH ............................ TAHUN PELAJARAN ................
PERTAMA : Memberlakukan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan Madrasah................ sebagai pedoman pelaksanaan dan
penyelenggaraan pendidikan dan kegiatan belajar mengajar di Madrasah...............
pada tahun pelajaran ..................;
KEDUA : Semua warga madrasah harus melaksanakan KTSP
ini dengan penuh tanggung jawab;
KETIGA : Dokumen KTSP ini akan direvisi setiap awal tahun pelajaran dengan melibatkan seluruh
pemangku kepentingan madrasah;
KEEMPAT : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.
Ditetapkan di : ...............................
Pada Tanggal :
………………………
Kepala Madrasah,
……………………………………
NIP. ……………………………..
Tembusan:
1.
Ketua
Yayasan ................................ (bagi
Madrasah Swasta);
2.
Kepala
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi.....................;
3.
Kepala
Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota......................;
4.
Pengawas
Madrasah.........................
5.
Ketua
Komite Madrasah..........................;
6.
Seluruh
Pendidik dan Tenaga Kependidikan MTs Sabilurrahman
PENGESAHAN
Jenis Dokumen
|
:
|
Dokumen
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Madrasah...................... Tahun
Pelajaran .......................
|
Nama Madrasah
|
:
|
.............................................................................................
|
NSM
|
:
|
……………………………………………………………………
|
NPSN
|
:
|
.............................................................................................
|
Peringkat Akreditasi
|
:
|
……………………………………………………………………
|
Alamat
|
:
|
Jalan ………………………………………………………………….
|
|
:
|
RT… / RW …. Desa ……………………………………………
|
|
:
|
Kecamatan ………………………………………………………
|
|
:
|
Kabupaten/Kota …………………………………………………
|
|
:
|
Provinsi ………………………………………………………….
|
Mengetahui
Ketua Komite Madrasah,
...................................................
Tanggal : ……………………….
|
Kepala Madrasah
………………………………………
NIP. …………………………………
Tanggal: ……………………………
|
Mengetahui
a.n. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.....................
Kepala Seksi Pendidikan Madrasah,
……………………………………….
NIP. …………………………………..
Tanggal: ……………………………
|
|
KATA PENGANTAR
Syukur
alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan
karunia-Nya, sehingga penyusunan Kurikulum Madrasah.....................ini dapat
terselesaikan dengan baik. Tim penyusun
KTSP ini terdiri atas guru, konselor, dan Kepala Madrasah.................. yang
bertindak sebagai ketua merangkap anggota. Dalam rangka meminta masukan dan pertimbangan dalam
penyusunan KTSP ini, kami telah melibatkan
Komite Madrasah, dan nara sumber, serta pihak lain yang terkait.
Penyusunan dokumen KTSP ini dilakukan dengan merujuk pada
Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang Standar isi, Permendiknas nomor 23
tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Permendiknas nomor 24
tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22
tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan dasar dan Menengah dan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar
Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Panduan
penyusunan KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah yang dikeluarkan oleh
BSNP tahun 2006, serta surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor:
DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi, dan Permenag No. 2
tahun 2008 tentang SKL dan Standar Isi mata pelajaran Pendidikan Agama islam
dan Bahasa Arab di Madrasah.
Atas
selesainya penyusunan KTSP
Madrasah...................... Tahun
Pelajaran .................. ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan KTSP ini,
terutama tim penyusun dan pengembang kurikulum Madrasah......................, Kepala Kantor
Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi .................. beserta
jajarannya atas arahan
dan petunjukknya sehingga penyusunan KTSP ini dapat terselesaikan dengan baik.
Kami
berharap KTSP Madrasah......................... ini dapat dijadikan pedoman dan rujukan kepada seluruh
pemangku kepentingan madrasah terutama Kepala Madrasah, pendidik dan tenagah
kependidikan dalam penyelenggaraan pendidikan di Madrasah kami. Dengan
kurikulum ini, kami berharap mutu penyelenggaraan pendidikan di Madrasah................... dapat semakin meningkat dan mendapat kepercayaan dari
masyarakat dan pemerintah.
..........................,...............................
Kepala Madrasah,
.................................................
NIP.
DAFTAR ISI
COVER
................................................................................................................... i
KEPUTUSAN PENETAPAN
.................................................................................. ii
PENGESAHAN
...................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR
............................................................................................... iv
DAFTAR ISI
............................................................................................................ v
BAB 1 : PENDAHULUAN
............................................................................... 1
1.1.
Latar Belakang....................................................................
1.2 Landasan Hukum
...................................................................... 2
1.3 Sejarah Singkat ......................................................................... 2
1.4 Visi
.............................................................................................
1.5 Misi ............................................................................................
1.6 Tujuan
........................................................................................
BAB 2 : STANDAR KOMPETENSI
2.1 Standar Kompetensi Lulusan
MTs
2.2 Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
(SKL-MP)
2.4 Standar
Kompetensi (SK) Dan Kompetensi Dasar
(KD) Mata Pelajaran
2.5 Standar Kompetensi Muatan Lokal
2.6 Pengembangan Diri
BAB 3 : STRUKTUR KURIKULUM DAN PENGATURAN BEBAN BELAJAR
3.1 Struktur kurikulum
3.2 Pengaturan Beban Belajar
BAB 4 : KRITERIA-KRITERIA
4.1 Kriteria Ketuntasan Minimal
4.2 Kriteria Kenaikan Kelas
4.4 Kriteria Mutasi
4.5 Kriteria kelulusan Ujian Nasional dan Ujian Madrasah
BAB
5 : REVISI DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
5.1 Revisi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
5.2 Pengembangan Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan
BAB 6 : KALENDER PENDIDIKAN
6.1 Permulaan Tahun Pelajaran
6.2 Waktu Belajar
6.3 Libur Sekolah
6.4 Jadwal Kegiatan dalam Kalender Pendidikan
Lampiran-lampiran :
1.
SK Tim Penyusun
KTSP;
2.
SK Pembagian
Tugas Guru dalam Kegiatan Pembelajaran, Bimbingan, dan Ekstrakurikuler;
3.
Profil madrasah;
4.
Data lain yang
relevan;
5.
Silabus;
6.
RPP;
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia
Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan
dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada Standar
Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan
yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Madrasah
................... sebagai satuan pendidikan dasar di bawah binaan
Kementerian Agama perlu
menyusun KTSP Madrasah Tsanawiyah (MTs) ........................... yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.
Acuan yang digunakan dalam
penyusunan KTSP ini meliputi: standar
isi, standar kompetensi lulusan dan panduan penyusunan KTSP dari Badan Standar
Nasional Pendidikan. Penyusunan KTSP Madrasah ..................... dimaksudkan
untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.
Melalui
KTSP Madrasah...................... ini diharapkan pelaksanaan program-program
pendidikan di Madrasah ................ dapat
berjalan sesuai dengan karakteristik potensi, dan kebutuhan peserta
didik. Untuk itu, penyusunannya perlu melibatkan seluruh warga madrasah (Kepala
Madrasah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Peserta Didik) dan pemangku
kepentingan lain (Komite Madrasah, Orang Tua Peserta Didik, Masyarakat, dan
Lembaga-lembaga lain).
1.2. Landasan Hukum
(1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal
1 ayat (19); Pasal 18 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 32 ayat (1), (2), (3);
Pasal 35 ayat (2); Pasal 36 ayat (1),
(2), (3), (4); Pasal 37 ayat (1), (2), (3); Pasal 38 ayat (1), (2).
(2) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun
2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 1 ayat (5), (13), (14), (15);
Pasal 5 ayat (1), (2); Pasal 6 ayat (6); Pasal 7 ayat (1), (2), (3), (4), (5), (6), (7), (8); Pasal 8 ayat (1), (2), (3); Pasal 10 ayat
(1), (2), (3); Pasal 11 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 13 ayat (1), (2), (3),
(4); Pasal 14 ayat (1), (2), (3); Pasal 16 ayat (1), (2), (3), (4), (5); Pasal
17 ayat (1), (2); Pasal 18 ayat (1), (2), (3); Pasal 20.
(3) Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
(4) Permendiknas No 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi
Lulusan
(5) Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan
Menengah dari BSNP (2006)
(6) Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor :
Dj.II.1/PP.00/Ed/ 681 / 2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi
1.3. Sejarah
Singkat
[Uraian
sejarah singkat dan latar belakang berdirinya Madrasah]
1.4 Visi, Misi, dan Tujuan
1.4.1 Visi
[Uraian Visi Madrasah]
1.4.2 Misi
[Uraian Misi
Madrasah]
1.4.3 Tujuan
[Uraian
Tujan Madrasah]
BAB 2
STANDAR
KOMPETENSI
2.1. Standar Kompetensi Lulusan
Satuan Pendidikan (SKL-SP)
(Mengacu Permendiknas 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Huruf A Standar Kompetensi
Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP)
2.2. Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran (SKL-MP)
(Mengacu pada:
(1) Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi
Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah; dan
(2) Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Huruf C
Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran (SKL-MP)
2.3. STANDAR
KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATAPELAJARAN
(Mengacu pada:
(1) Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi
Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah; dan
(2) Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
2.4. STANDAR KOMPETENSI MUATAN LOKAL
[Uraian Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matapelajaran Muatan Lokal disusun dan
ditetapkan oleh Satuan Pendidikan Madrasah berdasarkan kebutuhan dan potensi
serta karakteristik satuan pendidikan tersebut]
2.5. PENGEMBANGAN DIRI
[Uraian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk
kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan diri, seperti kegiatan
Ekstrakurikuler (Pramuka, PMR, UKS, Rohis, dan sebagainya) dan
kegiatan-kegiatan kesiswaan lainnya]
BAB 3
STRUKTUR
KURIKULUM DAN PENGATURAN BEBAN BELAJAR
3.1. STRUKTUR KURIKULUM
[Mengacu pada Peraturan Menteri
Agama Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi
Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah]
3.2. Pengaturan
Beban Belajar
Pengaturan beban belajar yang diberlakukan di Madrasah.................. adalah sebagai
berikut :
Kelas
|
Alokasi Waktu (1 jam pelajaran)
|
Jumlah
jam pelajaran per hari
|
Jumlah
jam pelajaran per minggu
|
Minggu
efektif dalam setahun
|
Jumlah
jam pelajaran dan setahun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB 4
KRITERIA-KRITERIA
4.1 KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Kriteria
Ketuntasan Minimum (KKM) adalah tingkat pencapaian standar kompetensi dan
kompetensi dasar mata pelajaran oleh peserta didik per mata pelajaran.
Penentuan kriteria ketuntasan minimal belajar ini ditetapkan dengan
memperhatikan: (1) Tingkat kompleksitas (kesulitan dan
kerumitan) setiap indikator pencapaian kompetensi dasar yang harus
dicapai oleh peserta didik; (2) Tingkat kemampuan (intake) rata-rata
peserta didik di madrasah; dan (3) ketersediaan sumber daya pendukung dalam
penyelenggaraan pembelajaran.
Kriteria Ketuntasan
Minimal per mata pelajaran yang
diberlakukan di Madrasah..........................
adalah
sebagai berikut:
(Contoh)
No
|
Mata Pelajaran/Kelas
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Pendidikan
Agama Islam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Al-Qur'an-Hadis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Akidah-Akhlak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Fikih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Sejarah Kebudayaan Islam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Bahasa
Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Bahasa
Arab
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Bahasa
Inggris
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Matematika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Seni
Budaya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Keterampilan/TIK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MUATAN
LOKAL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KELOMPOK
PENGEMBANGAN DIRI
|
|
BK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pramuka
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PMR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UKS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2 KRITERIA KENAIKAN KELAS
Contoh:
Peserta didik Madrasah.................
dinyatakan naik kelas apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :
1. menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada
dua semester di kelas yang diikuti.
2. nilai mata pelajaran pada Semester Genap di bawah kriteria ketuntasan minimal tidak lebih dari 3 mata pelajaran.
3. nilai kepribadian BAIK.
4. nilai kegiatan pengembangan
diri minimal B.
5. lulus/tuntas mata pelajaran BTA
bagi kelas VII dibuktikan dengan sertifikat lulus yang ditandatangani oleh guru
mata pelajaran dan Kepala Madrasah.
6. lulus/tuntas mata pelajaran
keterampilan keagamaan bagi kelas VIII dibuktikan dengan sertifikat lulus yang
ditandatangani oleh guru mata pelajaran dan Kepala Madrasah.
(Madrasah dapat
menambahkan/mengurangi kriteria di atas sesuai dengan kesepakatan pemangku
kepentingan di Madrasah sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan
perundang-undangan yang berlaku).
4.3 KRITERIA KELULUSAN
Berdasarkan PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan
hasil rapat Komite Madrasah...................., maka
peserta didik dinyatakan lulus dari Satuan Pendidikan Madrasah......................... apabila
telah memenuhi persyaratan sebagai berikut :
a. telah menyelesaikan seluruh
program pembelajaran;
b. memperoleh nilai baik pada
penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran, kelompok mata pelajaram agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan
kepribadian, estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan
kesehatan;
c. lulus ujian sekolah/madrasah
untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
d. lulus ujian nasional;
e. mempunyai skor TOEIC minimal..................;
f. bebas Narkoba.
g. Dan sebagainya.....
(Madrasah dapat
menambahkan/mengurangi kriteria di atas sesuai dengan kesepakatan pemangku
kepentingan di Madrasah sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan
perundang-undangan yang berlaku).
4.4 KRITERIA
MUTASI
Ketentuan/ persyaratan pindah/mutasi peserta didik yang berlaku di
Madrasah...................... adalah sebagai berikut:
a.
Memenuhi
persyaratan yang ditentukan;
b.
Surat permohonan
orang tua yang bersangkutan;
c.
Memiliki Laporan
Hasil belajar ( Rapor ) dengan nilai lengkap dari Madrasah asal;
d.
Memilki Ijazah
madrasah Menengah Pertama/sederajat;
e.
Memiliki surat
tanda lulus dengan nilai yang tidak lebih rendah dari nilai minimal ( PPD pada
tahunnya );
f.
Memiliki surat
pindah dari madrasah asal;
g.
Menyesuaikan
bentuk laporan hasil belajar pesrta didik (LHB) dari madrasah asal sesuai
dengan bentuk raport yang digunakan di madrasah tujuan;
h.
Mengikuti seleksi
masuk dengan tes sesuai program yang diminati dan hasilnya diumumkan secara terbuka
(Madrasah dapat
menambahkan/mengurangi kriteria di atas sesuai dengan kesepakatan pemangku
kepentingan di Madrasah sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan
perundang-undangan yang berlaku).
4.5 KRITERIA PENJURUSAN (Khusu bagi MA & MAK)
BAB 5
KALENDER
PENDIDIKAN
Kalender
pendidikan Madrasah....................... mengacu kalender pendidikan yang
dikeluarkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dengan beberapa
perubahan yang disesuaikan dengan kegiatan khusus di Madrasah................................
5.1.
Permulaan Tahun Pelajaran
Permulaan tahun pembelajaran dimulai pada hari ....................... minggu
ke................. bulan ............., atau apabila hari tersebut merupakan
hari libur, maka permulaan tahun pelajaran dimulai pada hari berikutnya yang
bukan hari libur. Hari-hari
pertama masuk sekolah dengan pengaturan sebagai berikut:
·
kelas X
melaksanakan Masa Orientasi Sekolah (MOS);
·
kelas XI
pembentukan perangkat kelas;
·
kelas XII
pembentukan perangkat kelas.
5.2. Waktu Belajar
Waktu
belajar menggunakan sistem semester yang membagi 1 tahun pelajaran menjadi
semester 1 (satu) dan semester 2 (dua). Kegiatan pembelajaran dilaksanakan
selama 6 (enam) hari, yaitu:
1. Senin – Jum’at
Jam ke
|
Waktu
|
Keterangan
|
|
06.30 –
06.45
|
Berdo’a
dan mengaji di kelas
|
1
|
06.45 -
07.30
|
|
2
|
07.30 –
08.15
|
|
3
|
08.15 –
09.00
|
|
4
|
09.00 – 09.45
|
|
|
09.45 –
10.00
|
Istirahat
|
5
|
10.00 –
10.45
|
|
6
|
10.45 –
11.30
|
|
|
11.30 - 12.30
|
Jama’ah
Sholat Dhuhur + Istirahat
|
7
|
12.30 –
13.15
|
|
8
|
13.15 –
14.00
|
|
9
|
14.00 –
14.45
|
|
|
14.45 –
15.00
|
Jama’ah
Sholat Ashar
|
2. Sabtu
Jam ke
|
Waktu
|
Keterangan
|
|
06.30 –
06.45
|
Mengaji
di kelas / sholat dhuha
|
1
|
06.45 -
07.30
|
|
2
|
07.30 –
08.15
|
|
3
|
08.15 –
09.00
|
|
4
|
09.00 – 09.45
|
|
|
09.45 –
10.00
|
Istirahat
|
5
|
10.00 –
10.45
|
|
6
|
10.45 –
11.30
|
|
|
|
Jama’ah
Sholat Dhuhur + Istirahat
|
|
|
|
Sesuai dengan
keadaan dan kebutuhan madrasah, waktu pembelajaran efektif belajar ditetapkan sebanyak ............... minggu
untuk setiap tahun pelajaran, dengan rincian hari efektif Tahun Pelajaran ................ untuk
Semester I adalah ............ hari dan Semester II adalah ............ hari.
5.3 Libur Sekolah
Hari libur sekolah adalah hari yang
ditetapkan oleh sekolah, pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota untuk
tidak diadakan proses pembelajaran di sekolah. Dengan memperhatikan keputusan Menteri
Pendidikan Nasional dan/atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari
raya keagamaan dan Peraturan Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota dalam hal
penentuan hari libur umum/nasional atau penetapan hari serentak untuk setiap
jenjang dan jenis pendidikan, maka Madrasah.................
mengambil
kebijakan hari libur sebagai berikut ini.
a. Hari Libur Akademik
No
|
Libur
|
Tanggal
– Bulan – Tahun
|
1
|
Awal Puasa
|
................................
|
2
|
Semester 1
|
..................................
|
3
|
Semester 2
|
...................................
|
b. Hari libur yang
ditentukan oleh Peraturan Pemerintah Pusat antara lain:
No
|
Libur
|
Tanggal – Bulan – Tahun
|
1
|
Isra ‘Miraj
Nabi Muhammad
|
|
2
|
Hari
Kemerdekaan R I
|
|
3
|
Idul
Fitri dan Cuti Bersama
|
|
4
|
Idul Adha
|
|
5
|
Hari Raya
Natal
|
|
6
|
Tahun Baru
Masehi
|
|
7
|
Tahun Baru
Hijriah 1428
|
|
8
|
Tahun Baru
Imlek
|
|
9
|
Maulid Nabi
Muhammad SAW
|
|
10
|
Hari Raya
Nyepi
|
|
11
|
Wafat Isa Al
masih
|
|
12
|
Hari Raya
Waisak
|
|
13
|
Kenaikan Isa
Al Masih
|
|
B. Jadwal Kegiatan dalam Kalender Pendidikan (Contoh)
Rencana
Kegiatan Madrasah Tahun Pelajaran ...............adalah sebagaimana
tertera pada kalender berikut ini.
SMT
|
BULAN
|
TANGGAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
SEMESTER 1
|
Juli 2010
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LHB
|
LU
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
LU
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
LU
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
Agustus
|
LU
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
LU
|
25
|
LPP
|
LPP
|
LPP
|
EF1
|
EF2
|
LU
|
EF3
|
LHB
|
EF4
|
EF5
|
EF6
|
PR
|
LU
|
EF8
|
EF9
|
EF10
|
EF11
|
EF12
|
PR
|
LU
|
EF14
|
EF15
|
September
|
EF16
|
EF17
|
EF18
|
EF19
|
LU
|
LHR
|
LHR
|
LHR
|
CB
|
LHB
|
LHB
|
LU
|
CB
|
LHR
|
LHR
|
LHR
|
LHR
|
LHR
|
LU
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
LU
|
32
|
33
|
34
|
35
|
|
Oktober
|
36
|
37
|
LU
|
38
|
39
|
40
|
41
|
42
|
43
|
LU
|
44
|
45
|
46
|
47
|
48
|
RB
|
LU
|
50
|
51
|
52
|
53
|
54
|
55
|
LU
|
56
|
57
|
58
|
59
|
60
|
61
|
LU
|
Nopember
|
62
|
63
|
64
|
65
|
66
|
67
|
LU
|
68
|
69
|
70
|
71
|
72
|
73
|
LU
|
74
|
75
|
LHB
|
76
|
77
|
78
|
LU
|
79
|
80
|
81
|
82
|
83
|
84
|
LU
|
85
|
86
|
|
Desember
|
87
|
88
|
113
|
114
|
LU
|
108
|
LHB
|
108
|
109
|
110
|
111
|
LU
|
108
|
109
|
110
|
99
|
100
|
101
|
LU
|
102
|
103
|
104
|
R1
|
CB
|
LHB
|
LU
|
LS1
|
LS1
|
LS1
|
LS1
|
LS1
|
|
SEMESTER 2
|
Januari 2011
|
LHB
|
LU
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
LU
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
LU
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
LU
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
LU
|
25
|
Pebruari
|
26
|
27
|
LHB
|
28
|
29
|
LU
|
30
|
31
|
32
|
33
|
34
|
35
|
LU
|
36
|
LHB
|
37
|
38
|
39
|
40
|
LU
|
41
|
42
|
43
|
44
|
45
|
46
|
LU
|
47
|
|
|
|
Maret
|
48
|
49
|
50
|
51
|
LHB
|
LU
|
108
|
109
|
110
|
111
|
112
|
113
|
LU
|
58
|
59
|
60
|
61
|
62
|
63
|
LU
|
62
|
63
|
64
|
65
|
66
|
RB
|
LU
|
70
|
71
|
72
|
73
|
April
|
74
|
75
|
LU
|
|
|
|
|
|
|
LU
|
82
|
83
|
84
|
85
|
86
|
87
|
LU
|
88
|
89
|
90
|
91
|
LHB
|
92
|
LU
|
93
|
94
|
95
|
96
|
97
|
98
|
|
Mei
|
LU
|
99
|
100
|
101
|
102
|
103
|
104
|
LU
|
105
|
106
|
107
|
108
|
109
|
110
|
LU
|
111
|
LHB
|
112
|
113
|
114
|
115
|
LU
|
116
|
117
|
118
|
119
|
120
|
121
|
LU
|
122
|
111
|
Juni
|
111
|
LHB
|
111
|
112
|
LU
|
108
|
109
|
113
|
114
|
115
|
116
|
LU
|
133
|
134
|
135
|
136
|
137
|
R2
|
LU
|
LS2
|
LS2
|
LS2
|
LS2
|
LS2
|
LS2
|
LU
|
LS2
|
LS2
|
LHB
|
LS2
|
|
Juli
|
LS2
|
LS2
|
LU
|
LS2
|
LS2
|
LS2
|
LS2
|
LS2
|
LS2
|
LU
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Hari Efektif Sekolah :
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester I
|
|
|
|
|
|
|
|
:
|
105 Hari
|
|
|
|
LHB
|
:
|
Libur Hari Besar
|
|
|
LPP
|
:
|
Libur Permulaan Puasa
|
|
|
|
|
|
|
Semester II
|
|
|
|
|
|
|
|
:
|
138 Hari
|
|
|
|
LU
|
:
|
Libur Umum
|
|
|
|
LHR
|
:
|
Libur Sekitar Hari Raya
|
|
|
|
|
|
|
Hari Belajar Efektif Fakultatif
|
|
|
|
|
|
|
:
|
19 Hari
|
|
|
|
LS1
|
:
|
Libur Semester I
|
|
|
EF
|
:
|
Hari Belajar Efektif Fakultatif
|
|
|
|
|
|
|
|
:
|
Ujian blok
|
|
|
|
|
:
|
Ujian Madrasah
|
|
|
LS2
|
:
|
Libur Semester II
|
|
|
RB
|
:
|
Raport Berkala
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
:
|
Ujian Nasional
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
CB
|
:
|
Cuti Bersama
|
|
|
|
R
|
:
|
Raport
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LIBUR HARI BESAR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Malang, 12 Juli
2010
|
|
|
|
|
|
10 Juli 2010
|
|
:
|
Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW
|
|
|
1 Januari 2011
|
|
|
:
|
Tahun Baru Masehi
|
|
|
|
|
|
|
Kepala MAN 3 Malang
|
|
|
|
|
|
17 Agustus 2010
|
|
:
|
Proklamasi kemerdekaan RI
|
|
|
|
03 Pebruari 2011
|
|
|
:
|
Tahun baru Imlek 2560
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
09-13 Sept 2010.
|
|
:
|
Hari Raya Idhul Fitri 1431 H
|
|
|
|
15 Pebruari 2011
|
|
|
:
|
Maulid Nabi Muhammad SAW
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17 Nop 2010
|
|
:
|
Hari raya Indul Adha 1431 H
|
|
|
|
05 Maret 2011
|
|
|
:
|
Hari Raya Nyepi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
07 Des 2010
|
|
:
|
Tahun Baru Hijriyah 1432 H
|
|
|
|
22 April 2011
|
:
|
Wafat Isa Al Masih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25 Des 2010
|
|
:
|
Hari Raya Natal
|
|
|
|
|
17 Mei 2011
|
|
|
|
:
|
Hari Raya Waisak
|
|
|
|
|
|
|
Drs. H. Imam Sujarwo, M.Pd
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
02 Juni 2011
|
|
|
|
:
|
Kenaikan Isa Al Masih
|
|
|
|
|
|
NIP. 196305021987031005
|
|
|
|
KEPUTUSAN
KEPALA
MADRASAH .....................................
NOMOR:
……………………….
TENTANG
PEMBENTUKAN
TIM PENYUSUN DAN PENGEMBANG KTSP
MADRASAH .........................................
TAHUN
PELAJARAN .......................
KEPALA
MADRASAH .......................................
Menimbang : a. bahwa Undang-undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan
pendidikan dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan
(SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional
Pendidikan (BSNP).
b. bahwa Madrasah..................... merupakan salah
satu satuan pendidikan madrasah di bawah binaan Kementerian Agama;
c. bahwa nama-nama sebagaimana tercantum dalam
Lampiran Keputusan ini dipandang cakap dan mampu serta representatif mewakili
seluruh stakeholder madrasah;
d. berdasarkan petimbangan sebagaimana dimaksud
pada butir a dan b di atas, perlu menetapkan Keputusan Kepala Madrasah
........................... tentang Pembentukan Tim Penyusun dan Pengembang KTSP Madrasah....................
Tahun Pelajaran .............................;
Mengingat : 1. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional;
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor
19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
3. Peraturan Menteri Agama No. 2 tahun 2008, tentang Standar
Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di
Madrasah.
4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006
tentang Standar Isi;
5. Peraturan Menteri Pedidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006
tentang Standar Kompetensi Lulusan;
6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2006
tentang pelaksanaan Peraturan Mendiknas No 22 dan 23 tahun 2006;
7. Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2005
tanggal 1 Agustus 2006 tentang pelaksanaan standar isi;
Memperhatikan : Masukan dan pertimbangan
dari Komite Madrasah.......................;
MEMUTUSKAN
MENETAPKAN : KEPUTUSAN
KEPALA MADRASAH ......................... TENTANG PEMBENTUKAN TIM PENYUSUN
DAN PENGEMBANG KTSP MADRASAH ...............................TAHUN PELAJARAN ......................
PERTAMA : Mengangkat nama-nama sebagaimana
tercantum dalam Lampiran Keputusan ini sebagai Tim Penyusun
dan Pengembang KTSP Madrasah................. Tahun
Pelajaran ........................;
KEDUA : Tim Penyusun dan Pengembang
KTSP sebagaimana dimaksud dalam diktum pertama mempunyai tugas:
1.
Menyiapkan bahan
penyusunan/pengembangan KTSP;
2.
Mendiskusikan dan
memfinalisasi rancangan dokumen pengembangan KTSP melalui kegiatan workshop
yang diikuti oleh seluruh tim dan pemangku kepentingan madrasah;
3.
Melaporkan hasil
kegiatan kepada Kepala Madrasah dan merekomendasikan penetapan KTSP kepada
Kepala Madrasah;
KETIGA : Segala
pembiayaan yang timbul akibat dikeluarkannya Keputusan ini dibebankan pada APBM
Madrasah...............;
KEEMPAT : Keputusan ini berlaku sejak tanggal
ditetapkan.
Ditetapkan
di : ..........................
Pada
Tanggal : …………………
Kepala
Madrasah,
……………………………………
NIP.
……………………………..
Tembusan:
1. Ketua Komite MTs Sabilurrahman;
2. Yang bersangkutan sebagai Tim Pengembang KTSP.
LAMPIRAN
KEPUTUSAN
KEPALA
MADRASAH ............................................
NOMOR:
……………………….
TENTANG
PEMBENTUKAN
TIM PENYUSUN DAN PENGEMBANG KTSP
MADRASAH .........................................
TAHUN
PELAJARAN .......................
No
|
Nama
|
Jabatan dalam Tim
|
Jabatan dalam Dinas
|
|
|
Ketua
|
Kepala Madrasah
|
|
|
Wakil Ketua
|
Komite Madrasah
|
|
|
Sekretaris
|
Kepala TU
|
|
|
Bendahara
|
|
|
|
Anggota
|
Guru
|
|
|
Anggota
|
Guru
|
|
|
Anggota
|
Anggota Komite
|
|
|
Anggota
|
Masyarakat
|
|
|
Anggota
|
Dsb
|
Ditetapkan
di : ..........................
Pada
Tanggal : …………………
Kepala
Madrasah,
……………………………………
NIP.
……………………………..
(CONTOH):
KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH
.......................................
NOMOR: ………………..
TENTANG
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
MADRASAH.......................... TAHUN PELAJARAN .....................
KEPALA MADRASAH..............................
Menimbang : 1. bahwa untuk mengukur dan mengevaluasi
sejauhmana ketuntasan belajar minimal siswa dalam menyerap materi kurikulum
perlu ditetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM);
2. bahwa penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) adalah sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP);
Mengingat : 1. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional;
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor
19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
3. Peraturan Menteri Agama
No. 2 tahun 2008, tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan
Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
4. Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi;
5. Peraturan Menteri Pedidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar
Kompetensi Lulusan;
6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2006 tentang
pelaksanaan Peraturan Mendiknas No 22 dan 23 tahun 2006;
7. Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian;
8. Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor:
DJ.II.1/PP.00/ED/681/2005 tanggal 1 Agustus 2006 tentang pelaksanaan Standar
Isi;
Memperhatikan : Hasil Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Madrasah..................... tanggal .......................;
MEMUTUSKAN
MENETAPKAN : KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MADRASAH................. TAHUN PELAJARAN ..............................
PERTAMA : Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) Madrasah...................... Tahun Pelajaran ...........................
adalah sebagaimana terlampir;
KEDUA : KKM ini adalah menjadi salah satu syarat
kenaikan kelas;
KETIGA : Apabila di
kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam keputusan ini
akan diadakan perubahan/perbaikan sebagaimana mestinya;
KEEMPAT : Keputusan
ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.
Ditetapkan
di : ..........................
Pada
Tanggal : .........................
Kepala Madrasah,
.........................................
NIP.
Tembusan:
Lampiran Keputusan Kepala Madrasah.........
Nomor : ..........................................
Tentang : Penetapan Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) Tahun Pelajaran ....................
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
MADRASAH................. TAHUN
PELAJARAN .....................
No
|
Mata Pelajaran
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
VII
|
VIII
|
IX
|
VII
|
VIII
|
IX
|
VII
|
VIII
|
IX
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
1
|
Alquran Hadits
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aqidah Akhlaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Fiqih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Sejarah Kebudayaan Islam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Bahasa Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Bahasa Inggris
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Bahasa Arab
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Matematika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Seni Budaya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Teknologi Informasi Komunikasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
BTA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Ketrampilan Keagamaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Qiroatul Kutub
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Bahasa Jawa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KELOMPOK PENGEMBANGAN DIRI
|
18
|
Pramuka
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
OSIS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Reading Habit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
UKS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ditetapkan
di : ..........................
Pada
Tanggal : .........................
Kepala Madrasah,
.........................................
NIP.